First Warriors

Masuki Paruh 2019, Turnamen Gim Apa Berhadiah Terbesar?

Rendy Lim
05/07/2019 14:24 WIB
Masuki Paruh 2019, Turnamen Gim Apa Berhadiah Terbesar?
Esports Tournament

Tahun 2019 baru saja menyelesaikan enam bulan pertamanya, namun sejak awal tahun ini kita sudah melihat cukup banyak turnamen esports yang diadakan, baik dengan skala kecil hingga internasional.

Di tahun ini, pendatang baru dalam dunia esports seperti Magic The Gathering Arena sudah mulai kencang menyelenggarakan berbagai turnamen. Selain itu, Rainbow Six Siege sedang berkembang pesat juga dengan mengadakan banyak kompetisi besar. Sayangnya, Blizzard malah menghentikan dukungan kepada Heroes of the Storm dan tak lagi mendakan turnamen resmi apapun, meski sebelumnya sempat menyediakan 6.5 juta USD prize pool sepanjang turnamen tahun lalu.

Berdasarkan data dari esportsearning yang dikumpulkan oleh TEO, saat ini FIFA19 berada di posisi ke-10 dengan total hadiah yang diberikan sebesar 1.65 juta USD, hingga pertengahan tahun 2019 ini. Dua turnamen besar yang menyumbang angka prize pool ini berasal dari eChampions League Finals sebesar 280.000 USD serta FIFA Ultimate Team Champions Cup sebesar 200.000 USD. 

Magic The Gathering Arena yang baru debut di tahun 2019 berhasil menduduki posisi 9 dengan 1.83 juta USD prize pool yang mayoritas tersebar ke dua turnamen besar, yakni Mythic Invitational dan Mythic Championship 2019. Sama halnya dengan Magic, card game Hearthstone berada di posisi 8 dengan total 2.26 juta USD prize pool dengan sebaran terbesar di World Championship sebanyak 1 juta USD. 

Ubisoft berhasil memecahkan rekor prize pool R6 tahun lalu sebesar 1.93 juta USD hanya dengan 6 bulan di tahun 2019 yakni 2.64 juta USD. Rainbow Six Siege‘s de facto world championship tahun ini berhasil mencapai prize pool 2 juta USD berkat penjulan in-game yang meningkat. Sementara itu, posisi enam dipegang oleh PUBG dengan 2.74 juta USD, cukup sedikit jika dibanding total keseluruhan prize pool tahun lalunya yang mencapai 7.58 juta USD. 

Posisi lima didapatkan oleh Blizzard's Overwatch dengan total prize pool 3.35 juta USD yang tersebar dalam tiga turnamen besar; Overwatch Contenders Season  3 2018, Overwatch Contenders Season 1 2019, dan Overwatch League. League of Legends pun telah menyelesaikan setengah turnamen di tahun ini menghasilkan prize pool mencapai 3.9 juta USD lewat Spring Split untuk berbagai region. 

Dota 2 menduduki posisi 3 dengan prize pool mencapai 8.37 juta USD. Angka ini belum termasuk prize pool untuk The Internasional yang saat ini berada di angka 23.31 juta USD, dan masih terus meningkat. Sementara itu, gim Valve lainnya CS:GO berhasil berada di posisi 2 dengan 8.6 juta USD prize pool hingga pertengahan tahun ini. 

Posisi pertama untuk prize pool terbesar pada paruh tahun 2019 dipegang oleh Epic Games dengan Fortnite. Sebesar 14.7 juta USD telah diberikan melalui beberapa turnamen di antaranya kualifikasi Fortnite World Cup 2019 yang berlangsung selama 10 minggu dan mengeluarkan 12.08 juta USD. 

Menariknya 'perang' prize pool terbesar untuk tahun 2019 tampaknya hanya akan diikuti oleh dua gim yakni Dota 2 dan Fortnite. Saat ini, Dota 2 masih berusaha mengalahkan rekor prize pool tahun lalu, sedangkan Fortnite akan mengerahkan hadiah terbesarnya pada main event Fortnite World Cup sebesar 30 juta USD. 

Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, siapa yang akan menjadi turnamen dengan prize pool terbesar tahun ini? Apakah Fortnite bisa mendapatkan gelarnya tahun ini, ataukah Dota 2 yang kembali menggenggamnya?