IES Ligagame

Berkarir di Esports, Ini Pilihan Game dengan Kejuaraan Dunia

Billy Rifki
19/02/2020 11:47 WIB
Berkarir di Esports, Ini Pilihan Game dengan Kejuaraan Dunia
various source

Dunia esports ramai dengan kompetisi. Game yang dipertandingkan pun banyak sekali untuk diikuti sebagai peserta atau cuma ingin menyaksikan saja. Namun, kalau kamu berpikir untuk punya karir di esports, pilihlah game yang berjenjang karir jelas dan punya kejuaraan dunia.

Mengapa demikian? Turnamen esports berskala global adalah puncak karir seorang gamer kompetitif. Layaknya seorang karyawan ingin menjadi bos, status tersebut adalah tujuan akhir. Bila saat ini game yang kamu geluti tak menawarkan kesempatan jadi juara dunia, mungkin kamu sudah salah jalan dan bermain untuk sia-sia.

Lantas, game apa saja sih yang punya kejuaraan dunia?

- DOTA 2 (The International)

Game bergenre MOBA ini punya turnamen kelas dunia dengan hadiah terbesar saat ini. Agustus 2019, Uang kemenangan sebesar $34 juta terkumpul lewat sistem crowd-funding para pemain DOTA 2. Valve selaku pemilik DOTA 2 menawarkan fitur event dinamakan battle pass. Fitur ini memberi item ekslusif yang cuma bisa didapatkan selama The International.

Selain punya kejuaraan dunia, DOTA 2 sudah memiliki sistem turnamen untuk menjaring peserta baik itu profesional maupun amatir dari berbagai region. DOTA 2 Pro Circuit adalah format kualifikasi yang diselenggarakan tiap musim kompetisi, sebuah rangkaian yang terpecah dalam minor dan major di mana pemenang dari turnamen tersebut mendapat poin untuk ikut serta dalam The International.

- FORTNITE (Fortnite World Cup Finals)

Battle royale besutan Epic Games sangat populer di Amerika Serikat dan Eropa. Namun, bukan berarti turnamen ini cuma diikuti oleh gamer di benua itu saja. Pada gelaran Fortnite World Cup 2019, ada juga pemain dari Amerika Selatan, Jepang, Korea dan Cina.

Piala dunia Fortnite tahun lalu punya total hadiah $15 juta untuk solo dan $15 juta untuk kategori duo. Bugha sang pemenang kategori solo, membawa pulang $3 juta diumurnya yang masih 16 tahun.

- MOBILE LEGENDS (M1 World Championship)

Dari jagat mobile, ada titel Mobile Legends yang merintis kejuaraan dunia pertamanya tahun lalu. Untuk pemain MOBA di Asia Tenggara, game satu ini cocok kamu tekuni karena euforianya yang sangat besar, terutama di Indonesia.

Hampir di semua wilayah Asia Tenggara, Moonton punya turnamen skala nasional yang juaranya nanti di adu ke ajang World Championship. Bahkan tahun ini, Mobile Legends mengembangkan ranah kompetisi dengan menggelar MDL untuk tim profesional muda serta MLCC untuk tingkat kampus/pelajar.

- PUBG (PUBG Global Championship - PUBG Mobile World Championship)

Satu lagi genre Battle Royale yang banyak dimainkan oleh gamer di seluruh dunia. Ada dua mode yang bisa kamu pilih, PUBG PC dan PUBG Mobile untuk smartphone. Keduanya punya kejuaraan dunia dan berjenjang mulai dari tingkat nasional, regional, internasional dan dunia.

Untuk PUBG PC, kalian harus melalui kualifikasi regional, mengikuti tiga event major PUBG Global series dan mendapatkan persyaratan yang cukup untuk main di PGC.

Tak berbeda jauh, untuk device mobile, ada dua turnamen penting yang harus diikuti yakni Fall Split dan Spring Split. Keduanya menawarkan hadiah besar dan tiket ke PUBG Mobile World Championship 2020.

- LEAGUE OF LEGENDS (World Championship)

LOL adalah salah satu turnamen dengan jumlah tontonan terbanyak di venue maupun online. Stadium Madison Square Garden dipastikan bertumpahan dengan fans kala penjualan tiket Worlds tahun 2016 dipastikan ludes dalam waktu 2 hari.

Sementara rekor penonton online yang tercatat di tahun lalu mencapai 100 juta viewer dengan peak concurrent view diangka 44 juta penonton.

Sistem turnamen franchise yang diterapkan Riot Games pun terbukti berhasil menghidupkan organisasi yang terlibat didalamnya. Namun, kamu harus memastikan diri punya bakat yang hebat dan memikat tim besar supaya bisa direkrut jadi salah satu pemain disana.

Masih ada beberapa game lain yang memiliki kejuaraan dunia seperti Free Fire, Call of Duty, Overwatch, FIFA eWorld Cup dan EVO (Fighting games). Atau game dengan variasi kompetisi internasional yang masih tinggi peminat seperti Rocket League dan CS:GO. Tinggal kamu pilih saja game apa yang jadi preferensimu dan sistem turnamen yang cocok dengan gaya berjuangmu.

Jangan puas cuma jadi jagoan kampus, kota atau nasional, sobat Esports harus jadi juara dunia yahh!