PT. Adidaya - Taiwan Excellence

Bukan di Jakarta, Formula E akan Balapan Via Esports

Rendy Lim
16/04/2020 20:45 WIB
Bukan di Jakarta, Formula E akan Balapan Via Esports
Wuihhh, seru nih Sobat Esports!

Beberapa waktu belakangan, ramai diberitakan kalau Jakarta bakal menjadi salah satu tuan rumah penyelenggaraan Formula E. Namun, wabah Corona yang merebak membuat ajang ini tak tentu kejelasannya.

Belum lama, pihak Formula E mengumumkan kalau mereka akan beralih dari penyelenggaraan real-time menjadi online. Mengusung tajuk Race at Home Challenge, bekerjasama dengan Motorsport Games dan UNICEF, Formula E akan menghadirkan dua rangkaian balap untuk kejuaraan resmi dan uji coba bagi pembalap simulasi guna memenangkan kesempatan membalap di Formula E sebenarnya.

Rencananya, Sabtu ini (18/4) series Race at Home Challenge akan dimulai dengan balapan pre-season, balapan non-championship lalu berlanjut hingga delapan minggu kedepan. Keuntungan dari acara ini akan disumbangkan untuk mendukung penanggulan COVID-19.

Kompetisi ini diumumkan via press conference online yang dihadiri oleh komentator Formula E Jack Nicholls bersama CEO FE Jamie Reigle dan pembalap Antonio Felix da Costa serta Felipe Massa.

Reigle menjelaskan kalau balapan ini akan berbeda dengan balapan esports lain yang sudah ada seperti MotoGP, F1 dan IndyCar. "Kalau ngga bisa jadi yang pertama, pastikan acaramu berbeda dari yang lain” terangnya.
 

Perbedaan Race at Home Formula E diantaranya format balapan yang mengusung konsep eliminasi battle royale. Pembalap yang finish terakhir di tiap lap akan tereliminasi. Format ini akan terus bertahan sampai tersisa 10 pembalap kemudian mereka akan bertarung dalam satu lap terakhir jadi yang tercepat.

Poin perhitungan balap tetap menggunakan sistem Formula E yang biasanya, ekstra poin untuk pole position dan lap tercepat. Point tambahan akan dikenakan saat balapan final.

Sudah ada 14 pembalap terdaftar di laga pertama, termasuk pembalap Audi Lucas di Grassi dan Daniel Abt, dari BMW Alexander Sims dan Maximilian Guenther, pemimpin poin sementara da Costa, perwakilan Mercedes Formula E Stoffel Vandoorne, Massa dan pembalap Jaguar Mitch Evans.

Balapan Formula E akan disiarkan langsung dari website resmi Formula E, YouTube, Twitch, Facebook dan Twitter.

Wah, jadi ngga penasaran deh balapan Formule E seperti apa yah Sobat Esports!