IES Ligagame

Hago Hadirkan Game Besutan Developer Indonesia, Touchten

Rendy Lim
04/06/2020 17:44 WIB
Hago Hadirkan Game Besutan Developer Indonesia, Touchten
Hiburan di masa karantina nih Sobat Esports

Masa karantina mandiri untuk menghadapi pandemi Corona memang membuat masyarakat bosan. Tidak heran bagi mereka yang sudah cukup lama menetap di rumah akan mulai mencari aktifitas agat tetap terhibur. Melihat banyaknya peminat dari masyarakat berbagai usia akan hiburan melalui daring, Hago bermitra dengan Touchten, developer game di Jakarta untuk mengembangkan permainan klasik agar dapat di akses melalui smartphone. 

Game seperti Kuis Gambar Saku (KGS) ,Teka Teki Saku (TTS), serta Capsa menjadi pilihan karena banyaknya peminat yang tidak hanya di Indonesia tetapi di seluruh Asia Tenggara. Formatnya yang sederhana membuat game ini mudah dimainkan bahkan untuk orang dewasa. Kemudian, berkat penyesuaian dengan tren budaya populer, game ini menjadi relevan bagi pemain dengan usia yang lebih muda. 

"Kami sangat bergembira atas kemitraan ini karena tujuan kami adalah meningkatkan ekonomi kreatif Indonesia sejak meluncurkan Hago dua tahun lalu. Hago telah berhasil bekerja dengan KOMINFO, Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (BAPAREKRAF), Asosiasi Game Indonesia (AGI) dan banyak pengembang gim lokal lainnya pada bulan Desember lalu untuk kompetisi pengembangan game bertajuk "Jawara Game Indonesia," dan kami sangat terkesan dengan adanya 87 pengajuan gim! Sekarang saatnya untuk menyediakan kesempatan bagi talenta lokal di Indonesia agar mereka bisa lebih berkembang bahkan mendunia," ucap Joshua Qiao, Wakil Presiden Vlight Technology Pte. Ltd, perusahaan induk Hago. 

"Kami melihat popularitas permainan trivia dan teka-teki silang di TV nasional dan saya yakin
kita semua cukup akrab dengan permainan ini dalam bentuk konvensionalnya. Kemudian, Capsa
juga sangat menarik dan menjadi favorit masyarakat lokal. Kami percaya bahwa ini adalah bukti
kuat kecintaan masyarakat Indonesia terhadap gim yang tidak hanya menyenangkan tetapi juga
menantang mereka untuk mengembangkan diri. Adapun Touchten adalah perusahaan gim paling
inovatif dan menjanjikan yang kami temukan di Asia Tenggara. Konsep permainan, desain, dan wawasan bisnis mereka sangatlah matang dan memiliki potensi untuk mendunia,” tutur Robi
Gao, Senior BD Director dari Hago.

Peluncuran gim ini juga menjadi momen istimewa bagi Touchten, karena mereka adalah pengembang gim Indonesia pertama yang karyanya ditampilkan dalam aplikasi Hago. Tidak hanya bagi Touchten, kolaborasi ini juga merupakan pengalaman yang sangat menarik bagi kedua belah pihak karena memungkinkan Hago dan Touchten untuk menghadirkan permainan yang relevan dan dibuat secara lokal bagi masyarakat Indonesia. 

“Kami merasa sangat senang dan bangga bahwa kami menjadi pengembang Indonesia pertama
yang permainannya ditampilkan di aplikasi Hago. Meskipun kedua tim sangat berbeda dalam hal
bahasa dan budaya, kami bersatu melalui passion kami terhadap gim.” jelas Roki Soeharyo, CEO
Touchten.

“Mengembangkan gim untuk platform Hago adalah pengalaman yang menggembirakan. Tim
Hago sangat kooperatif dan bersedia membantu kami hampir setiap saat untuk mengintegrasikan,
berdiskusi dan memecahkan masalah bersama. Hago juga menyediakan alat pengujian yang
lengkap dan canggih serta penggunaannya yang mudah. Ketersediaan alat tersebut menghemat
banyak waktu kami dalam hal pengujian iterasi dan mengurangi jumlah pekerjaan dalam hal
mengelola skalabilitas server ketika akan digunakan oleh jutaan pengguna Hago di Indonesia.”

Baik KGS dan TTS sekarang telah tersedia untuk dimainkan pada aplikasi Hago, yang dapat diunduh secara gratis pada Google Play Store atau App Store. Capsa Susun yang baru saja dirilis pada akhir Mei kemarin juga bisa kamu nikmati sekarang. Wah Sobat Esports, game mana nih yang bikin kamu nostalgia?