PT. Adidaya - Taiwan Excellence

Atasi Pengangguran, Walikota London Gelar Kejuaraan Esports

Billy Rifki
09/11/2020 13:31 WIB
Atasi Pengangguran, Walikota London Gelar Kejuaraan Esports
walikota.tribunnews.com

Masalah pengangguran bukan saja jadi problema di tanah air, tapi juga terjadi di Inggris. Dalam era teknologi dan inovasi, pemerintah harus memikirkan cara alternatif untuk meningkatkan ekonomi sekaligus menekan angka populasi usia produktif yang tak bekerja, salah satunya dengan esports.

Sadiq Khan, walikota London menilai esports sebagai cara alat paling efektif untuk mengatasi pengangguran. Ia pun menginisiasi kampanye bersama LDN UTD dengan tujuan menekan jumlah anak usia produktif yang tak memiliki karir. Salah satu agenda yang mereka siapkan adalah menggelar kejuaraan esports, LDN UTD Inter-Borough Esports Championships

Anak-anak muda di Hackney, Kingston, Lambeth, dan Lewisham akan dapat mendaftar ke berbagai lokakarya digital, yang diselenggarakan dalam kemitraan dengan Staffordshire University London. Sekolah ini diketahui sering menawarkan program esports dalam kurikulum mereka.

Digital workshop ini tak cuma terpaku pada pengembangan karir sebagai atlet esports saja, tapi juga bidang-bidang lainnya seperti video editing, manajemen sosial media hingga design grafis. Dilansir dari esportsinsider.com“Pertumbuhan esports selama 12 bulan terakhir sangat pesat. Industri ini menghasilkan jutaan pound untuk ekonomi kami, serta menciptakan lapangan kerja yang sangat dibutuhkan bagi komunitas kami, terutama di sini, di London,” sebut walikota muslim pertama di London tersebut.

Lebih jauh, CEO dari LDN UTD , Oliver Weingarten memberi komentar. “Persepsi yang lebih luas tentang esports sering kali fokus kepada individu atau tim terbaik yang bersaing di turnamen global, tetapi pada kenyataannya ada banyak peran lain yang memainkan bagian penting dalam menciptakan bentuk hiburan hiper-modern ini dan kami berharap ini bisa terang benderang dalam beberapa bulan ke depan"

Peserta akan berkompetisi dengan video game FIFA 21 dan NBA 2K21, mulai dari tanggal 5 hingga 19 Desember mendatang. Turnamen itu akan disiarkan secara langsung melalui media sosial Twitch.

Wah, semoga gerakan walikota London bisa menginspirasi pemimpin di negara lain untuk melakukan hal yang sama demi mengatasi pengangguran pemuda di wilayahnya yah! Bagaimana pendapatmu Sobat Esports?