Esports.ID

Overwatch World Cup 2017, Siapakah Juara Dunia Tahun Ini?

Rendy Lim
02/11/2017 13:43 WIB
Overwatch World Cup 2017, Siapakah Juara Dunia Tahun Ini?
play.overwatch

Dimulai sejak medio bulan Maret 2017, sebanyak 32 negara dari lima benua yang menjadi representasi negara masing-masing untuk bersaing menjadi tim terbaik di ajang Overwatch World Cup 2017. Babak kualifikasinya membagi tim-tim nasional ini ke dalam 8 grup, dan dua tim terbaik dari tiap grup berhak melaju ke babak berikutnya. Ke-16 timnas yang lolos Group Stage kembali diadu untuk mencari delapan tim terbaik dan menuju babak playoff di perhelatan BlizzCon 2017. Siapakah saja tim-tim yang lolos?

Kualifikasi pertama yang mengambil tempat di Shanghai, Cina, mempertandingkan penyisihan untuk Grup A dan Grup B. Timnas dari Cina, sebagai tim tuan rumah, berhasil mengalahkan timnas lainya di Grup A, yakni Norwegia, Hong Kong, dan Rumania. Cina pun berhak lolos ke babak 16 besar, ditemani timnas Norwegia sebagai runner-up grup. Sementara dari Grup B, Perancis dan Thailand lebih unggul dari pesaingnya negara Denmark serta Argentina.

Sydney, Australia, yang menjadi tempat babak kualifikasi kedua menghadirkan pertarungan di Grup C dan Grup D.  Sempat dijagokan untuk menduduki posisi puncak di Grup C setelah kalahkan timnas Italia dan Portugal, timnas Australia harus puas di urutan kedua karena di partai penentuan kalah dari timnas Swedia. Dari Grup D, timnas Jepang tampil sebagai pemuncak grup dengan menggilas timnas dari Spanyol, Finlandia, dan Vietnam.

Kualifikasi berikutnya di Katowice, Poland, timnas Korea yang juga merupakan juara bertahan Overwatch World Cup unggul mutlak dari lawan-lawannya, dan ditemani oleh timnas Belanda sebagai wakil Grup E untuk melaju ke babak playoff. Sementara timnas Kanada dan Rusia, berhasil melewati hadangan timnas Turkey serta Singapura, menjadi perwakilan dari Grup F.

Tempat penyelenggaraan kualifikasi yang terakhir adalah Anaheim, USA, dimana timnas AS tampil dominan di antara lawannya di Grup G, yakni Chinese Taipei, Selandia Baru, dan Brazil. Sedangkan persaingan di Grup H, timnas Inggris (United Kingdom) bersama timnas Jerman sisihkan perwakilan tim dari negara Israel dan Belgia.

Susunan bracket dari Overwatch World Cup 2017 di Blizzcon tahun ini ditentukan berdasarkan hasil undian pada tanggal 28 Agustus kemarin. Sementara babak playoff juga akan ditayangkan secara live dari Blizzcon pada tanggal 3 November, atau via link berikut ini. Timnas dari negara manakah yang menjadi jagoanmu?