Esports.ID

Overwatch Bergelar 'Best Evolving Game' di BAFTA Awards

Rendy Lim
16/04/2018 14:20 WIB
Overwatch Bergelar 'Best Evolving Game' di BAFTA Awards
14th BAFTA Games Awards 2018

Sejak pertama kali diadakan pada tahun 2004, British Academy Games Awards memberikan penghargaan kepada developer-developer game yang memiliki prestasi luar biasa dalam industri video game. Dipersembahkan oleh British Academy of Film and Television Arts (BAFTA), tahun ini 14th British Academy Games Award dilaksanakan pada 12 April 2018 di Tabacco Dock, London.

Berlangsung dalam tiga tahap besar, dimulai dari voting online yang dilakukan untuk menentukan top 8 games untuk setiap kategori penghargaan. Selanjutnya, penentuan final untuk games disetiap kategori dilakukan oleh juri yang dipilih langsung oleh BAFTA Games Committee. Kemudian tahap akhir penilaian dilakukan pada 1-8 Maret 2018 oleh juri untuk menentukan pemenang dari 16 kategori dalam penghargaan tersebut.

Meskipun Fortnite, PUBG, Rainbow Six Siege, dan Clash Royale masuk ke dalam nominasi penghargaan, namun hanya satu game eSports yang berhasil menang dalam ajang penghargaan ini yakni Overwatch. Berada dalam kategori Evolving Game, Overwatch berhasil mengalahkan Clash Royale, Final Fantasy XV, Fortnite, PlayerUnknown’s Battlegrounds dan Tom  Clancy’s Rainbow Six Seige.

Kriteria penilaian untuk kategori Evolving Game adalah game yang konsisten menunjukkan perkembangannya serta dukungan dari developer. Perkembangan tersebut berlaku untuk berbagai jenis game yang memiliki fitur online, multiplayer, free-to-play dan game-game lainnya yang selalu mendapatkan update secara regular.

Perkembangan Overwatch di Eropa tentu menjadi salah satu alasan utama game ini berhasil meraih penghargaan tersebut. Antusias para fans yang menyaksikan turnamen Overwatch dan bermain game tersebut memang lebih tinggi di Eropa jika dibandingkan dengan Asia dan Amerika. Tidak heran memang jika Overwatch berhasil mengalahkan kepopuleran game seperti PUBG dan Fortnite yang saat ini lebih diminati di Asia dan Amerika.

Bagi kamu yang penasaran dengan pemenang dalam kategori lainnya, list lengkap pemenang untuk 14th BAFTA Games Awards bisa kamu simak di sini.

Bagaimana pendapat kamu sobat eSports?