Esports.ID

Nintendo Izinkan Konsumen Boikot Blizzard dengan Cara Unik Ini!

Rendy Lim
23/10/2019 16:23 WIB
Nintendo Izinkan Konsumen Boikot Blizzard dengan Cara Unik Ini!
Sepertinya kasus Blizzard Hong Kong yang menghukum pemain Hearthstone berbuntut panjang yah.

Masih ingat dengan kasus yang terjadi awal bulan ini, dimana salah satu pemain Hearthstone asal Hong Kong dijatuhi hukuman berat oleh Blizzard akibat menyerukan dukungannya terhadap demonstrasi di Hong Kong? 

Ng "blitzchung" Wai Chung merupakan grandmaster Hearthstone yang kala itu sedang berpartisipasi dalam Hearthstone Asia-Pacific Grandmasters, pada sesi post match interview, dirinya tampak memakai topeng gas layaknya demonstran dan menyerukan kalimat "Liberate Hong Kong, revolution of our age!". Hukuman yang diberikan Blizzard juga tidak ringa, Blitzchung harus kehilangan gelar grandmasternya, skors 1 tahun, serta tidak mendapat seluruh hadiah uang yang diperolehnya pada season sebelumnya. 

Seruan untuk melakukan boikot mulai diserukan oleh para gamers dari seluruh penjuru dunia, mengancam tindakan yang dilakukan oleh Blizzard dengan tidak mendukung gim-gim produksi atau besutan perusahaan tersebut. 

Untungnya mereka tidak sendiri, mantan Presiden Nintendo America, Reggie Fils-Aime mengutarakan dukungannya kepada para gamer yang ikut memprotes tindakan yang diambil Blizzard. Reggie mengapresiasi para customers yang merespon situasi ini dengan melakukan boikot terhadap Activision Blizzard dan memaksa untuk mengembalikan hadiah turnamen pemain Hearthstone asal Hong Kong tersebut. 

Tidak berhenti disana, baru-baru ini seorang pengguna Twitter melaporkan bahwa Nintendo customer support mengizinkan untuk pembatalan pre-order digital Overwatch: Legendary Edition sebagai bentuk dukungan kepada customer yang ingin melakukan aksi boikot Blizzard. 

Biasanya, Nintendo tidak pernah mengizinkan pembatalan pre-order untuk gim digital, namun karena ini menurutnya adalah kasus spesial, mereka yang membatalkan pre-order ini akan mendapatkan pengembalian dana dalam bentuk Nintendo eShop credits

Bagaimana Sobat Esports, apakah kamu juga ikut melakukannya?