IES Ligagame

Juara Super Smash Bros Minta Nintendo 'Buka Hati' untuk Esports

Billy Rifki
17/02/2020 15:06 WIB
Juara Super Smash Bros Minta Nintendo 'Buka Hati' untuk Esports
dexerto

Jadi juara tiga kali turnamen Smash Summit, Juan “Hungrybox” Debiedma bersuka cita dan melontarkan harapannya usai laga final Summit 9 (17/2). Hbox hampir menyamai rekor Adam “Armada” Lindgren dari Swedia yang punya rekor empat kali kemenangan di Summit serta dua kali runner up.

Namun bukan rekor baru lagi yang mau dicapainya. Ia justru berharap pada pengembang Super Smash Bros, Nintendo untuk memberi perhatian pada kompetisi yang ada. Tak bermaksud menyerang Nintendo dengan permintaannya, tapi sebagai orang yang telah menjalani proses mengubah hobinya menjadi karir, hal tersebut sulit bila Nintendo tak memberi bantuan.

Sayangnya, Presiden Nintendo Shuntaro Furukawa sudah berfatwa kalau mereka tak akan mengulurkan banyak sumber daya untuk menjadikan Super Smash Bros sebagai titel esports yang sustainable. Strategi Nintendo cukup sederhana, yakni membuka pangsa pasar Super Smash Bros ke semua orang tanpa membuat segmentasi esports.

Menurut Furukawa, embel-embel esports bagus bagi penonton untuk menikmati aura kompetisi tapi ia tidak ingin efek kompetisi mempengaruhi jiwa riang yang diberikan pada Super Smash Bros. Bila orang terlalu fokus jadi yang terbaik, mereka akan lupa cara menikmati waktu bermain game ini bersama-sama.

Hbox sendiri sadar kalau usahanya bakal buntu, tapi ia tetap mencoba menyuarakan kembali harapan banyak pemain yang sudah dilontarkan selama 2 dekade. “Aku tahu mungkin bakal sia-sia tapi aku akan tetap mencoba karena banyak orang yang menyaksikan. Aku berharap kalau ada karyawan dari Nintendo menonton, kalau ia melihat kemeriahan yang terjadi disini, berilah Melee kesempatan" ucap Hbox haru. 

Usai event Summit 9, tercatat jumlah penonton acara ini secara online mampu menyamai turnamen lain yang lebih bonafit seperti Call of Duty dan Street Fighter V. Tentu, Hbox dan pemain Smash lain berharap kalau game ini bisa sebesar Call of Duty atau mungkin Fortnite di masa mendatang.