PT. Adidaya - Taiwan Excellence

Hati-Hati, Main Wild Rift di Emulator Bisa Terkena Ban?

Rendy Lim
11/11/2020 10:58 WIB
Hati-Hati, Main Wild Rift di Emulator Bisa Terkena Ban?
Walau belum ada konformasi dari Riot, hati-hati yah Sobat Esports!

Sebagian besar penikmat League of Legends Wild Rift sudah bisa menikmati game ini diperangkat mobile mereka. Namun, bagi beberapa gamer, mereka lebih senang memainkan game MOBA melalui PC atau laptop dengan emulator. Nah, jika kamu termasuk golongan tersebut, hati-hati karena Riot Games mungkin akan memblokir akunmu karena masuk ke pelanggaran pengunaan 'third-party programs'.

Meski belum ada konfirmasi resmi dari Riot Games mengenai larangan bermain Wild Rift menggunakan emulator. Salah satu streamer populer membagikan pengalamannya diblokir Riot Games yang kemungkinan disebabkan memakai emulator saat bermain Wild Rift

Indonesia Gaming Award

Joseph Osceola "Cowsep" Hursey merupakan salah satu streamer yang memainkan Wild Rift di fase open beta ini menggunakan emulator di perangkat PC. Namun, seperti yang dibagikan pada Twitternya, Cowsep terkena banned dari Riot akibat menggunakan 'third-party software' bahkan mengakibatkan dirinya juga tak dapat mengakses akun League of Legends.

Meski netizen berspekulasi penggunaan emulator menjadi sebab Cowsep diban, dirinya menganggap hal tersebut hanyalah sebuah kesalahan. Sebelumnya, Riot Games juga menutup akses para pengguna VPN yang ingin mencoba Wild Rift saat belum tersedia di region mereka. Riot menyatakan bahwa mereka ingin para pemain merasakan pengalaman bermain maksimal bagi semua gamer tanpa menggunakan VPN. 

Penggunaan emulator menjadi alternatif gamers yang tidak memiliki perangkat smartphone memadai. Bisa jadi, Riot Games tidak mengizinkan para pengguna emulator karena dianggap memberikan 'advantage' dibanding user smartphone. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports? Apakah kamu memainkan Wild Rift di smartphone atau PC dengan emulator?