GoPay Campaign

Waspada, Wild Rift Akan Ban Pemain yang Gunakan VPN!

faizalkamill
09/11/2020 17:08 WIB
Waspada, Wild Rift Akan Ban Pemain yang Gunakan VPN!
Elemen gambar dari: chokkicx/Getty Images dan Riot Games

Wild Rift yang baru saja memasuki tahapan open beta masih terus mengembangkan permainan dan sistem di dalamnya. Meski begitu, Wild Rift saat ini sudah masuk dalam daftar pencarian teratas dalam daftar games di Google Play store. Sayangnya, tahapan open beta ini baru bisa dinikmati oleh beberapa wilayah terbatas.

Beberapa negara di Asia dan Asia Tenggara sudah bisa mencicipi serunya Summoner’s Rift di genggaman mereka. Sedangkan pemain dari wilayah lain, masih harus gigit jari menunggu giliran mereka untuk mendapatkan bagiannya. Para pemain yang tidak sabar untuk mencoba pada akhirnya berbondong-bondong menggunakan VPN untuk bermain Wild Rift. Mereka menggunakan IP Singapura, Jepang ataupun Korea sehingga mereka juga bisa ikut mencoba game buatan Riot ini.

Indonesia Gaming Award

Banyak dari para pemain tersebut menggunakan aplikasi VPN ataupun memalsukan alamat IP mereka untuk mendapatkan akses. Riot yang selanjutnya menyadari akan hal ini, segera mengambil tindakan dengan cara ‘memulangkan’ mereka. Dalam sebuah pengumuman resmi dari Riot, mereka mengumumkan bahwa akan ada pengaturan tentang pengguna VPN untuk bermain Wild Rift yang berasal dari wilayah yang tidak mendapatkan akses open beta.

Wild Rift/Riot Games

Hal ini dilakukan karena Riot tidak ingin para pemain yang menggunakan VPN tersebut mendapatkan pengalaman yang kurang baik ketika bermain. Permasalahan yang akan terjadi oleh para pemain yang menggunakan VPN ini antara lain akses bahasa yang berbeda dan perbedaan ping yang sangat besar yang secara otomatis akan menyulitkan mereka ketika bermain.Tim pengembangan dari Riot memutuskan untuk memblokir para pemain yang menggunakan VPN untuk bermain Wild Rift. Aturan ini berlaku untuk wilayah-wilayah yang belum terjamah oleh akses open beta.

Riot Games

Lalu bagaimana jika kita di wilayah open beta namun menggunakan VPN? Para pemain ini seharusnya tidak mendapatkan masalah apapun. Mereka juga menyayangkan harus melakukan pemblokiran ini namun mereka selalu ingin memberikan pengalaman terbaik bagi para pemainnya sehingga keputusan berat ini harus diambil. Riot Games berkomitmen untuk terus 'mematangkan' Wild Rift agar nantinya bisa segera dinikmati dengan baik oleh para pemain di seluruh dunia. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports?