PT. Adidaya - Taiwan Excellence

Item LOL Wild Rift Ini Mirip MOBA Sebelah, Bantu Adaptasi Pemain Baru!

Billy Rifki
19/11/2020 16:32 WIB
Item LOL Wild Rift Ini Mirip MOBA Sebelah, Bantu Adaptasi Pemain Baru!
LOL Wild Rift Facebook

Bermain Wild Rift ternyata tak semudah MOBA lain yang mungkin sudah Sobat Esports kuasai sebelumnya. Mekanik dan gameplay berbeda, serta keharusan beradaptasi dengan berbagai fitur Wild Rift membuat player banyak mendapat kendala. Salah satu hambatan terbesar adalah mengetahui item dan mengenali kemampuannya.

Nah, untuk mempermudah adaptasi Sobat Esports, kita bakal mengenali item-item Wild Rift yang ternyata punya kembaran di MOBA sebelah. Hal ini bisa membantu kalian menentukan build apa yang cocok untuk champion tertentu. Apa saja sih item tersebut, yuk kita baca satu persatu!

Kita mulai dari item defensif terlebih dulu. Di Wild Rift, ada Sterak's Gage yang bisa memberikan shield ketika darah sudah mencapai threshold tertentu. Item ini serupa dengan Queen's Wing hanya saja di Mobile Legends armor berupa sayap merah ini memberi efek damage reduction. Yang jelas, kedua item ini sangat bermanfaat menambah ke-tanky-an champion sekaligus menambah daya ledak mereka.

Beralih ke Guardian Angel. Dari namanya, item ini akan melindungi jagoan kalian bila terlanjur mengenai banyak serangan dan harus kehabisan darah. Selang beberapa saat, champion kalian akan hidup kembali dan bisa melanjutkan pertempuran, atau kabur. Paling identik dengan Guardian Angel adalah Immortality di Mobile Legends. Bedanya, Immortality adalah murni item pertahanan, sedangkan Guardian Angel masih menambah sedikit atribut fisik dari champion selain penambahan health dan tentunya efek resurrection.

Sunfire Cape mampu membakar musuh yang berada di dekat penggunanya dengan damage per second. Item ini cocok digunakan tank sebagai alat penghasil damage sekaligus menambah pertahanan champion. Namun, Sunfire Cape memiliki pertahanan terhadap serangan fisik atau armor sedangkan kembarannya di Mobile Legends, Cursed Helmet memiliki pertahanan magic. Di DOTA 2, item dengan efek burn seperti ini juga ada, namanya Radiance. Alih-alih sebagai alat bertahan, Radiance adalah item mewah yang menambah damage dari hero dan mempercepat farm meski harganya mahal dan cukup sulit didapatkan.

Item yang membalikan serangan musuh ke arah sang pemukul rasanya selalu ada di tiap MOBA. Thornmail misalnya, jubah zirah dengan duri-duri tajam juga dimiliki oleh Mobile Legends dengan nama Blade Armor. Empunya item defend ini juga tersedia di DOTA 2 dengan nama Blade Mail. Ketiga item ini seakan mengutak-atik nama saja meski secara tampilan bisa dibilang cukup mirip dengan ciri khas duri menyembul dari armornya.

Untuk menghadapi lawan yang tanky, Blade of The Ruined King jadi senjata andalan karena punya efek health percentage tambahan sebagai bonus damage. Jadi tak perlu repot harus penetrasi armor atau kritikal, dengan damage persentase HP serangan kalian bakal lebih besar untuk lawan berdarah tebal. Senjata yang sama juga bisa digunakan pada Mobile Legends yakni Demon Hunter Sword. Enaknya, DHS juga punya tambahan lifesteal, membuatnya memenuhi dua kebutuhan hero core di early game yakni serangan tinggi dan sustain saat farm ataupun war.

Kali ini membahas item ofensif, serangan critical sudah jadi modifier serangan wajib di MOBA. Infinity Edge adalah pilihanmu bila ingin item yang menghasilkan serangan critical. Di Mobile Legends kalian mengenalnya dengan nama Berserker's Fury. Uniknya, kedua item ini tampak memiliki corak tulisan di senjatanya yang memiliki design cukup mirip.

Cara menangkal hero dengan regen atau lifesteal adalah menggunakan item anti-regen. Di Wild Rift sudah ada summoner spell bernama ignite yang bisa "membakar" musuh, mengurangi kemampuan regenerasinya. Kalau masih kurang, ada item Mortal Reminder yang memberikan efek serupa. Hebatnya, Mortal Reminder adalah gabungan dari dua item di Mobile Legends yakni Deadly Blade untuk mengurangi regen dan Malefic Roar yang punya efek armor penetration,

Mau serangan criticial dan juga attack speed dalam satu item? Runaan's Hurrican jawabannya. Item ini cocok untuk ADC ranged atau melee dan jungler guna menambah daya ledak mereka. Scarlet Phantom juga kerap jadi pilihan untuk core di Mobile Legends terutama marksman.

Selain attack speed, movement speed tinggi juga faktor penting yang dibutuhkan ADC. Statikk Shiv memberikan kecepatan gerak sekaligus menambah kekuatan serangan champion. item ini juga mempercepat proses farm karena bisa menembak target tambahan dalam satu tembakan. Efeknya mriirp Windtalker di Mobile Legends.

itu dia beberapa item Wild Rift yang mirip dengan MOBA lain khususnya Mobile Legends dan DOTA 2. Sekarang kamu ngga perlu bingung mau beli item yang mana. Selain item di atas, masih ada beberapa item lain yang juga punya efek serupa seperti Oracle dan Spirit Visage atau Endless Battle dengan Trinity Force.

Apa item favorit kalian nih Sobat Esports?