Esports

Pangeran Mahkota Saudi Investasi Miliaran Dolar di Esports

Mallasak
12/10/2023 23:24 WIB
Pangeran Mahkota Saudi Investasi Miliaran Dolar di Esports
Credit: Istimewa

Dalam percakapan dengan Fox News, Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman berbagi aspek kehidupannya yang kurang dikenal yakni hasrat yang kuat untuk video game. Dia mengungkapkan bagaimana bermain game, hobi sejak masa mudanya, menawarkan perlindungan dari tuntutan tugas kerajaannya.

Refleksi jujur Putra Mahkota berfungsi sebagai latar belakang yang signifikan untuk penekanan Arab Saudi yang muncul pada domain esports. Dana kekayaan negara mengalokasikan hampir $40 Miliar untuk mengubahnya menjadi pusat global untuk permainan dan esports pada tahun 2030.

Melalui lengan investasi Savvy Games Group, perusahaan telah menginvestasikan $8 miliar di industri game dan esports. Sebagian besar dana ini digunakan untuk membeli saham di beberapa perusahaan game dan esports termasuk penyelenggara acara ESL Gaming dan platform turnamen FACEIT.

Mohammed bin Salman memberikan wawasan tentang pelukan esports yang disengaja di Arab Saudi, sebuah industri yang menyaksikan pertumbuhan eksplosif secara global. Dia menggarisbawahi pengembalian tahunan yang luar biasa sebesar 15% hingga 25% yang telah diperoleh esports untuk Dana Investasi Publik (PIF).

Credit: Kawanews

"Esports muncul sebagai sensasi global," komentar Putra Mahkota. "Menyaksikan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 30%, pengembalian investasi PIF di bidang ini sangat spektakuler. Signifikansinya mirip dengan gerhana Hollywood." paparnya.

Bagi Putra Mahkota, bermain game bukan hanya tentang bisnis. Ini juga merupakan hobi pribadi yang berharga, yang dia nikmati bersama anak-anak dan orang kepercayaannya.

Sebagai hasil dari investasi Arab Saudi dalam permainan dan esports, pasar permainan negara, senilai $1 miliar pada tahun 2021, diproyeksikan mencapai $6,8 miliar pada tahun 2030. Negara ini bertujuan untuk memanfaatkan populasi mudanya, dengan 85% penggemar game di Timur Tengah dan Afrika Utara tinggal di Arab Saudi.

Festival game Gamers8 yang populer di negara ini yang menampilkan kumpulan hadiah $30 Juta USD juga dengan cepat mendapatkan tenaga sebagai salah satu acara utama dalam kalender esports untuk berbagai game termasuk Dota 2 dan PUBG Mobile.