MSC & SEA Games 2023, MOONTON Bangkitkan Esports Kamboja

Billy Rifki
16/03/2023 22:28 WIB
MSC & SEA Games 2023, MOONTON Bangkitkan Esports Kamboja
press release

Pengembang dan publisher game internasional, MOONTON Games bersama Federasi Esports Kamboja telah bersepakat untuk mengembangkan industri esports setempat serta menguatkan level kompetisi gaming di negara tersebut.

Dalam acara yang digelar di Preah Vihear Hall kantor Kementerian Informasi setempat, perjanjian ini bertujuan untuk menciptakan pondasi jangka panjang dan kemitraan yang saling menguntungkan antara MOONTON dan Federasi Esports Kamboja dengan menyelenggarakn event-event MLBB di sana. Salah satunya 32nd Southeast Asian Games (SEA Games) di bulan Mei dan Mobile Legends: Bang Bang Southeast Asia Cup (MSC) 2023 yang berlangsung Juni 2023 mendatang.

"Keberhasilan MPL Kamboja telah membantu memperkuat pengembangan ekosistem esports di Kamboja, dan kami ingin melangkah lebih jauh dengan menghadirkan MSC 2023 untuk menciptakan lebih banyak peluang bagi talenta lokal di sini. Kami sangat bersemangat untuk menampilkan potensi pemain Kamboja ke arena global dan membawa pemain global ke #SEATheWorld" ujar Ray.

"Saya senang Federasi Esports Kamboja dan Moonton Games bersama-sama menyelenggarakan upacara penandatangan MoU untuk menjalin kemitraan baru dalam penyelenggaraan MSC 2023 untuk kali pertama di Phnom Penh. Penandatanganan ini adalah bagian dari upaya bersama mengembangkan industri esports lokal dan membuat lebih banyak acara di negeri ini untuk para atlet," ucap H.E Chea Chanboribo

"Kesempatan untuk menjadi tuan rumah acara internasional sebesar ini adalah bukti perkembangan Kerajaan Kamboja secara umum dan di bidang esports. Terima kasih pada MOONTON Games yang telah membantu penyelenggaraan event ini di Kamboja," lanjutnya.

Turut hadir dalam upacara Menteri Pariwisata EFC dan Sekjen Komite SEA Games Kamboja, H. E. Vath Chamreoun, Departement Pendidikan, Olahraga, Pemuda dan direktur deputi Olahraga, Pen Vuthy, Departement Pengorganisasian dan Pengelolaan Acara Olahraga Direktur Hout Sengtry, dan Sekjen Lun Samedy. Pimpinan Kebijakan Publik Bytedance untuk Kamboja, Kyu Kyu Thein turut hadir dalam acara.

Tahun ini, MSC akan membuat sejarah baru dengan keikutsertaan tim dari luar Asia Tenggara seperti dari region Amerika Utara, MENA (Middle East and North Africa) dan Turki. Sejalan dengan visi, "Esports for Everyone/Esports untuk Semua," MSC 2023 berupaya meningkatkan keragaman peserta dengan mengundang tim non-SEA untuk bertanding dalam salah satu turnamen MOBA terbesar dunia.

Kamboja juga akan menjadi tuan rumah untuk 32nd SEA Games yang menyertakan perebutan medali untuk nomor Mobile Legends: Bang Bang. Hebatnya lagi, untuk kali pertama di ajang ini akan menghadirkan pula turnament MLBB khusus untuk wanita. Turnamen MLBB ini akan berlangsung pada 10 Mei sampai 15 Mei 2023.

Mobile Legends: Bang Bang telah dipertandingkan dalam perebutan medali di SEA Games sejak 2019. Ajang pertama bertempat di Filipina kemudian berlanjut di Vietnam.