Esports

Hasil Drawing Group Stage AOV World Cup 2021, Nasib Tim Indonesia?

Basitullah
08/06/2021 13:45 WIB
Hasil Drawing Group Stage AOV World Cup 2021, Nasib Tim Indonesia?

Hasil drawing untuk babak Group Stage AOV World Cup (AWC) 2021 sudah dirilis. Terdapat 16 tim dari 9 region yang dibagi ke dalam 4 grup, dan tim Indonesia berada di dalam Grup A dan C melawan tim-tim juara dunia dari Thailand, Vietnam, dan Chinese Taipei. Hal tersebut tentunya membuat tim perwakilan dari Indonesia "Archangel" harus bertarung lebih keras karena di dalam Grup C mereka akan bertemu dengan Bacon Time (Thailand) Juara RPL Spring 2021, Saigon Phantom (Vietnam) Runner Up AOG Spring 2021, dan juga UndeRank (MSP) Juara MSP Region Qualifiers.

Sementara itu, lawan Dewa United Esports di Grup A juga tidak kalah berat. Sultandyo "MythR" Raihan si #AnakDewa dan kawan-kawan termasuk ke dalam grup yang dapat disebut "Grup Neraka" sebab akan melawan tim yang cukup ditakuti di antara tim-tim lainnya, seperti Team Flash (Vietnam), MAD Team (Chinese Taipei), dan Buriram United Esports (Thailand). Team Flash menjadi lawan yang paling kuat, karena tak hanya permainan agresifnya namun karena mereka adalah juara bertahan di turnamen AWC pada tahun 2019, serta menyabet juara dari turnamen AOG Spring 2021.

Yamisok Nobar

Selain Team Flash, MAD Team juga patut diwaspadai karena kembalinya pemain legendaris mereka, Yuzon di dalam tim. Melihat sedikit ke belakang, MAD Team juga memiliki prestasi di level internasional dengan menjuarai AIC 2020 lalu.

Tim terakhir adalah tim raksasa dari Thailand, yaitu Buriram United Esports. Tim yang berasal dari Negeri Gajah Putih tersebut juga memiliki pengalaman internasional yang cukup baik, di mana mereka selalu masuk ke dalam 4 besar di turnamen AIC 2019, APL 2020, dan AIC 2020.

Berikut ini merupakan hasil drawing Group Stage AWC 2021:

  • Grup A: Team Flash (Vietnam), Dewa United Esports (Indonesia), MAD Team (Chinese Taipei), dan Buriram United Esports (Thailand).
  • Grup B: V Gaming (Vietnam), Z9 Gaming (Jepang), ONE Team Esports (Chinese Taipei), dan Team CIV (China).
  • Grup C: Bacon Time (Thailand), Archangel (Indonesia), Saigon Phantom (Vietnam), dan UndeRank (MSP).
  • Grup D: Overclock (Brazil), Team 3 Stars (Korea), dtac Talon (Thailand), dan Most Outstanding Player (Chinese Taipei).

Grup A disebut-sebut akan menjadi grup dengan pertandingan yang paling menarik, karena diisi oleh tim-tim dengan prestasi yang begitu besar. Meskipun begitu, melihat dari riwayat permainan sebelumnya, tim perwakilan Indonesia, Dewa United Esports diyakini bisa menjadi kuda hitam di dalam Grup tersebut.

Lanjut ke halaman berikutnya yuk!

Format Turnamen AOV World Cup 2021

Buat Sobat Esports yang penasaran, format turnamen AOV World Cup 2021 akan membawa sebanyak 48 pertandingan di Babak Grup. Babak grup AWC 2021 akan menggunakan format pertandingan Double Round Robin, dimana hanya 2 tim teratas dari setiap grup yang lolos ke babak Knockout. Semua pertandingan akan menggunakan sistem Best of 2 (BO2), dimana pemenang dari setiap pertandingan akan mendapatkan 3 poin, seri mendapatkan 1 poin, dan tim yang kalah akan mendapatkan 0 poin. Sistem Global Ban-pick (Global BP) juga akan digunakan pada babak grup ini untuk meningkatkan variasi pemilihan Hero dan strategi dari setiap tim.

Memasuki babak Knockout, pertandingan Perempatfinal (30 Juni - 4 Juli 2021), dan Semifinal (10 - 11 Juli 2021) akan menggunakan format Double Elimination (Winner dan Loser Bracket), dimana tim akan gugur setelah mengalami 2 kali kekalahan.

Tim yang mengalami kekalahan akan langsung masuk ke dalam Loser Bracket, yang nantinya akan kembali bertarung dengan tim yang mengalami kekalahan di Winner Bracket. Pada putaran pertama Winner Bracket dan Loser Bracket, pertandingan akan menggunakan format Best of 5 (BO5). Setelahnya pertandingan akan menggunakan format Best of 7 (BO7).

Dua tim terbaik dari Winner dan Loser Bracket akan bertemu di babak Grand Final pada tanggal 18 Juli 2021. Pemenang dari pertandingan tersebut akan dinobatkan sebagai juara AWC 2021 dan membawa pulang total hadiah sebesar 7 miliar Rupiah.

Turnamen AWC 2021 turut didukung oleh Ministry of Tourism and Sports of Thailand (MOTS), atau yang bisa disebut sebagai Kementerian Pariwisata dan Olahraga Thailand, serta Sports Authority Thailand (SAT) atau Otoritas Olahraga Thailand. Dukungan MOTS dan SAT sebagai perwakilan pemerintah merupakan langkah besar bagi industri esports dan turut mendorong upaya AOV dalam menghadirkan kegiatan esports di seluruh dunia.

Catat tanggal-tanggal pentingnya! Acara ini akan disiarkan menggunakan 5 Bahasa, yaitu Bahasa Indonesia, Inggris, Cina, Thailand, dan juga Vietnam. Seluruh pendukung tim Indonesia dapat menyaksikan pertandingannya melalui akun resmi YouTube dan Facebook Garena AOV Indonesia. Dukung perjuangan tim-tim perwakilan Indonesia dalam merebut gelar juara dan total 7 miliar rupiah #IndoPride #FightForIndonesia.