Kejutan Besar Pekan Ketujuh Kualifikasi IGL - FIFA 19 FUT

Christian Ponto
24/04/2019 13:56 WIB
Kejutan Besar Pekan Ketujuh Kualifikasi IGL - FIFA 19 FUT
Maksimalkan Minggu Terakhir, Jaring Bakat Terbaik Daerah

Pekan ketujuh dari kualifikasi online FIFA 19 FUT resmi berakhir pada Minggu (21/4) sore kemarin. Deretan bakat terbaik daerah saling uji tangkas untuk pastikan tempat di Big League. Setiap peserta kian terpacu tampil prima di pekan-pekan terakhirnya. Sejumlah nama tak diunggulkan mampu curi perhatian dan jadi kejutan besar pekan ini.

Tiga pemain berikut ini masuk daftar 21 top player peserta Big League, yang berarti hanya menyisakan tiga slot lagi untuk diperebutkan pada pekan berikutnya. Indonesia Gaming League (IGL), selaku penyelenggara Online Qualifier FIFA 19 FUT, siap menghadirkan perburuan terakhir dengan membuka pendaftaran pekan kedelapan, mulai hari Senin (22/4) kemarin.

Berdasarkan pemantauan VivaGoal, sebanyak 325 player mendaftarkan diri untuk Online Qualifier pekan ketujuh, Jumat (19/4) kemarin. Mereka yang mendaftar berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Player yang tergabung dalam tim esport maupun datang secara indvidu coba menjajal kemampuan dan kelihaian adu strategi.

Jika dikalkulasikan dari kualifikasi pekan pertama, jumlah pendaftar hingga online qualifier kemarin, berarti IGL telah menyedot lebih dari 1.000 peserta. Angka yang cukup positif untuk sebuah ajang kompetisi FIFA di Indonesia, namun pihak penggagas acara ini masih yakin dapat melampau target peserta lebih banyak di pekan kualifikasi terakhir nanti.

“Sebenarnya kita ingin (player mendaftar) lebih banyak di pekan kemarin guna memperketat iklim kompetisinya,” ungkap Stephen Clinton, Wakil Ketua IGL, kepada VivaGoal. “Namun, berhubung Minggu lalu merupakan libur panjang, kita tak bisa menyalahkan juga. Mungkin sebagian player sudah memiliki agenda lain. Kami masih optimis bisa capai target awal, yakni 2000 player, yang mendaftarkan diri di online qualifier.”

Optimisme yang beralasan bila mengingat bahwa tak ada lagi libur panjang kali ini. Selain itu, kompetisi berskala lokal maupun internasional tidak banyak digelar. Lagipula, para player yang gagal di minggu sebelumnya dan mereka yang baru kembali dari luar negeri guna mewakili Indonesia di ajang esport bakal kembali meramaikan online qualifier terakhir, Jumat (26/4) mendatang.

“Kita akan coba maksimalkan seminggu terakhir untuk menjaring peserta sebanyak-banyaknya. Kebetulan minggu ini tak ada agenda tanding berskala apapun. Jadi jelas, kesempatan kita untuk merangkum peserta sebanyak-banyaknya terbuka lebar. Apalagi mereka yang gagal sebelumnya dipastikan kembali meramaikan event ini. Kita juga tak menutup kemungkinan player baru guna meramaikan kualifikasi besok,” pungkasnya.

Siapakah yang berhasil menjadi Top Three Player di IGL - FIFA 19 FUT pekan ketujuh? Berikut daftarnya!

1. BRIAN HADIANTO

Nama: Brian Hadianto
Asal: Cimahi
PSN ID: FRK_KingBrich
Nama Tim: Freak Esports

Brian Hadianto berhasil lolos ke Big League bersama timnya Freak Esport. Tim asal Jakarta ini sukses menjadi satu di antara tiga terbaik pada online qualifier pekan ketujuh. Hasil ini termasuk suatu kejutan tersendiri, dan dirinya mengaku cukup beruntung bisa lolos ke liga.

“Saya cukup bangga bisa lolos ke Big League dan mengalahkan player FIFA yang memiliki skuad lumayan wah. Bahkan saat kualifikasi, saya berada di Hell’s Bracket yang berisi pro player dari berbagai daerah. Beruntung sekaligus terkejut saya bisa lolos,” ujar Brian yang merupakan player FIFA “freak esports”, sekaligus pebisnis ini.

Skuad-nya yang bernilai 4.241.500 (Rp 6,3 Juta) cenderung memainkan pola klasik 4-2-3-1. Pola tradisional yang kerap digunakan tim sepakbola di berbagai liga top Eropa dan coba dikombinasikan dengan skema ball possesion. Skema tersebut pun dirasa cocok karena pack player yang tersemat di Freak Esport cukup mumpuni memainkan pola tersebut.

Misalnya, di lini depan, Freak Esport memiliki pemain classic dalam diri Raul Gonzales, yang bakal disokong oleh Sadio Mane dari sisi kiri dan wonderkid PSG sekaligus pemenang Piala Dunia, Kylian Mbappe menyisir area kanan. Di lini tengah, tetap mempercayakan sosok veteran The Flying Dutchman Dennis Bergkamp guna berikan umpan-umpan manis ke divisi penyerangan. Guna menstabilkan lini tengah, Marek Hamsik dan Roy Keane hadir sebagai penyeimbang lini kedua.

Pada barisan pertahanan, Freak Esports menyisipkan Alex Telles di fullback kiri dan Joao Cancelo di sisi sebaliknya. Sementara dua tembok pertahanan dihuni oleh David Luiz dan Sol Campbell yang memperkokoh tembok terakhir yang dikawal oleh David De Gea.

2. RAMA ANGGARA

Nama: Rama Anggara
Asal: Madiun
PSN ID: ar4sely-m
Nama Tim: Madiun Village

Kejutan berikutnya yang mencuat di pekan ketujuh. Rama Anggara, bersama timnya, Madiun Village, berhasil menembus ketatnya persaingan menuju Big League. Di babak kualifikasi, Rama mengalahkan berbagai player dengan reputasi besar. Jelas ada perjuangan yang ditempuhnya guna memastikan posisi di fase liga.

“Saya tak menyangka bisa lolos ke Big League. Untuk persiapan menjelang Liga tinggal memperbanyak uji tanding dan memantapkan mental secara pribadi,” ujar Rama.

Madiun Village sendiri boleh dibilang merupakan tim dengan value lumayan wah! Secara keseluruhan, tim ini memiliki nilai sebesar 2.692.000 coin atau setara dengan Rp 4 Juta. Dalam skemanya, Madiun Village memainkan pola long ball layaknya tim Premier League. Untuk mengakomodir skema tersebut, Rama coba mengkombinasikannya dengan pola 4-2-3-1.

Skema long ball Madiun Village nampaknya cukup efisien karena lini depan mereka sudah dilengkapi dengan duo juru gedor latin dalam diri Lionel Messi dan Alejandro Gomez, yang masing-masing memiliki overall 94 dan 90. Sementara di lini tengah, sosok classic macam Pavel Nedved dan Luis Figo dihadirkan guna memberikan bola-bola direct ke lini depan. Mempertebal lini kedua, duo Napoli yakni Allan dan Marek Hamsik akan berfungsi menambal sisi pertahanan sekaligus variasi serangan tambahan.

Sementara pada lini belakang, aura Napoli masih tercium berkat kehadiran Faouzi Ghoulam di sisi fullback dan Kalidou Koulibaly di tembok pertahanan. Dua nama lainnya masih diisi oleh jagon-jagoan Serie A lainnya macam Alessandro Florenzi dan Leonardo Bonnuci. Di sektor penjaga gawang, dirinya percaya pada calon bintang masa depan timnas Italia, yakni Gianluigi Donnarumma.

3. KEVIN NAUFAL

Nama: Kevin Naufal
Asal: Depok
PSN ID: Makmubatman
Nama Tim: Superhero Level

Kevin Naufal merupakan player terakhir yang mengisi slot menuju Big League dari online qualifier pekan ketujuh. Tim asuhannya, Superhero Level, mampu melaju ke tangga supremasi tertinggi di FIFA 19 FUT usai melewati sengitnya babak kualifikasi. Di kualifikasi, Kevin bertemu dengan lawan-lawan yang lumayan sulit ditaklukan. Bahkan, tak jarang dia bersua dengan tim berpredikat “sultan.”

"Saya sudah ikut sejak minggu pertama, tapi selalu kalah. Di pekan ketujuh ini akhirnya bisa lolos qualifier dan melaju ke Big League. Rasanya cukup excited bisa lolos ke liga dan mengalahkan pemain pro dari berbagai daerah," ujar Kevin.

Superhero Level sendiri bermain dengan pola 4-2-3-1 yang dikombinasikan dengan skema Counter Pressing layaknya Liverpool. Mengandalkan Counter Press artinya Superhero Level sudah barang tentu memiliki player dengan akselerasi dan penetrasi yang lumayan ampuh guna menekan pertahanan lawan. Untuk itu, pack player yang tersemat pada Superhero Level sendiri diisi pemain dengan akselerasi mumpuni macam Cristiano Ronaldo, Joao Cancelo, dan Neymar Jr.

Ketiganya diplot guna melayani 'The Lion' Zlatan Ibrahimovic yang bertugas sebagai juru gedor. Di lini tengah, dua classic player macam Eusebio Ferreira dan Patrick Vieira hadir guna memberikan variasi serangan dan memperkokoh pertahanan.

Sementara di lini belakang, nama Sergej Milinkovic Savic mengisi pos fullback kanan. Di sisi sebaliknya, nama Marcelo hadir untuk melakukan overlap ke lini kedua. Di tembok pertahanan, duet Raphael Varane dan Rio Ferdinand akan membentengi area pertahanan terakhir, yang dikawal oleh Thibaut Courtois.

Terkait persiapan menuju Big League, Kevin menuturkan timnya akan melakukan uji tanding dan latihan reguler seperti biasanya. "Selain latihan, saya juga akan coba mengubah sedikit komposisi skuad. Sektor gelandang tengah dan pertahanan akan saya benahi sebelum Big League dimulai," pungkasnya.

Apakah sobat esports sudah mendaftarkan diri untuk berkompetisi menjadi yang terbaik, serta kesempatan membawa pulang total hadiah senilai ratusan juta rupiah? Jika belum, langsung saja daftarkan tim kamu DI SINI. Informasi lebih lengkap, bisa menghubungi beberapa akun sosmed berikut; Instagram, Fanpage Indonesia Gaming League, Youtube, dan Twitter.