Organisasi Esports Ini Rekrut Pemain Fortnite Berusia 8 Tahun!

Rendy Lim
04/12/2020 16:20 WIB
Organisasi Esports Ini Rekrut Pemain Fortnite Berusia 8 Tahun!
Muda dan Berbakat! Siapa nih Sobat Esport yang sudah punya talenta sejak dini?

Bermain game diusia muda mungkin sudah hal lumrah yang kita temui sekarang. Akses anak-anak ke perangkat elektronik mulai dari smartphone, konsol gaming, hingga PC sudah semakin gampang bahkan hanya untuk sekedar memainkan game. Selaras dengan perkembangan tersebut, tak jarang ditemukan bakat-bakat muda yang berpotensi jadi pemain esports bertalenta dari pemain usia muda tersebut. 

Kesempatan ini dimanfaatkan dengan baik oleh organisasi esports agar mereka bisa melakukan regenerasi. Meski beberapa dari anak-anak tersebut masih belum mencapai umur legalnya untuk ikut kompetisi, biasanya mereka direkrut terlebih dahulu untuk mendapat pelatihan agar bakatnya dapat berkembang dengan baik. 

Yamisok Nobar

Salah satu rekrutan terbaru yang cukup heboh adalah dari organisasi esports Team 33. Joseph Deen merupakan pemain Fortnite berusia 8 tahun yang baru saja menekan kontrak dengan Team 33. Diusianya yang masih sangat muda ternyata dia sudah berlatih bersama tim Fortnite sejak umur 6 tahun.

Selain itu Joseph Deen juga mendapatkan seperangkat komputer gaming seharga 5000 USD serta bonus 33.000 sebagai hadiah untuk bergabung dengan Team 33. "Kami sangat senang dengan kehadiran Joseph secara eklusif ke Team 33," ujar co-founder Team 33 Tyler Gallagher. "Kami secara diam-diam telah mencari talenta baru untuk roster kami dan setelah beberapa tahun kami secara resmi memasukkan Joseph sebagai bagian dari tim. Kami telah melatihnya dari sejak beberapa tahun belakang karena gamer muda merupakan masa depan, dan kami ingin mulai melatihnya sejak awal."

Perekrutan ini cukup menimbulkan kontroversi, dikarenakan usia Deen yang masih 8 tahun, isu soal kontrak esports ke anak dibawah umur kembali diungkit. Ryan Fairchild, seorang pengacara dibidang esports menyatakan bahwa ada celah dalam hukum yang bisa digunakan Team 33 dalam perekrutan ini. 

Sebelumnya, FaZe Clan pernah merekrut pemain berusia 12 tahun untuk divisi Fortnite. Peraturan resmi pertandingan mengharuskan pemain minimal berusia 13 tahun untuk bisa berkompetisi serta melakukan streaming di Twitch. H1ghsky1 langsung menutup akun Twitter sementara Twitchnya disuspend setelah ketahuan pada bulan Juni kemarin. 

Bagaimana pendapatmu Sobat Esports?