Video Dugaan Fortnite Ajak Hancurkan Ka’bah, Picu Reaksi Kominfo!

Rendy Lim
06/07/2021 12:31 WIB
Video Dugaan Fortnite Ajak Hancurkan Ka’bah, Picu Reaksi Kominfo!
Untungnya pihak Fortnite juga sudah beri klarifikasi yah Sobat Esports!

Game battle royale besutan Epic Games, Fortnite baru-baru ini mendapat sorotan akibat sebuah video yang beredar. Dalam video YouTube berdurasi 1:20 detik tersebut, terlihat karakter Fortnite yang meluncur mendekati bangunan mirip Ka'bah sambil memegang Pickaxe. 

Awalnya, dugaan ajakan untuk menghancurkan Ka'bah ini dikecam oleh Pusat Fatwa Elektronik Universitas Al-Azhar Kairo. Mereka melarang semua game online yang mendorong kekerasan atau menghadirkan ide-ide palsu yang bertujuan untuk mendistorsi iman atau menunjukkan penghinaan akan agama. 

Yamisok Nobar


Tidak hanya itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) juga tengah mendalami dugaan game besutan Epic Games ini yang dituduh menghina agama. Jika terbukti bersalah, Kominfo tak segan untuk mengambil sanksi tegas terhadap Fortnite. 

Dilansir dari Detik, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johny G. Plate mengatakan bahwa pihaknya telah merespon dan menelusuri laporan tersebut. "Merespon beredarnya video dalam game daring Fortnite yang memuat ikon yang dinilai mirip Kabah, Kementerian Kominfo telah mengkaji konten yang dimaksud. Berdasarkan hasil penelusuran, konten tersebut dipublikasikan pada 17 Februari 2019 di kanal Youtube," ujar Menkominfo kepada detikINET

Meskipun konten tersebut sudah beredar sejak 2 tahun lalu, pihak Kominfo tetap akan melakukan melakukan penelusuran terkait serte melakukan penindakan seusai dengan peraturan perundangan yang berlaku jika ditemukan pelanggaran di ruang digital. 

Untungnya, pihak pengembang Fortnite, Epic Games juga turut buka suara tentang hebohnya konten yang dianggap penghinaan terhadap agama ini. Fortnite memberikan klarifikasi bahwa elemen yang terdapat dalam video tersebut merupakan User Generated Content (UGC) yang dibuat dalam bentuk Creativity Mode. 

Beberapa komentar di video YouTube tersebut mengatakan bahwa ada miskomunikasi yang terjadi. Mereka menganggap bahwa pengunggah video tidak 'menghancurkan' Ka'bah, namun karena karakter Fornite memegang Pickaxe, hal tersebut terlihat seakan mengajak. Bagaimana pendapat kalian Sobat Esports?