Yamaha Desember

ASUS Vivobook S 14 OLED (K3402), Laptop Bertenaga dengan Intel EVO

Michael
13/09/2022 14:36 WIB
ASUS Vivobook S 14 OLED (K3402), Laptop Bertenaga dengan Intel EVO

ASUS memperkenalkan produk terbarunya Vivobook S 14 (K3402). Seolah ingin memadukan semua aspek, Vivobook S14 merangkum semua kebutuhan penggunanya, laptop performa tinggi dan responsif, tipis serta ringan serta tervalidasi sebagai laptop yang lolos persyaratan Intel EVO ini punya layar berkualitas paripurna.

Oleh ASUS, Vivobook S 14 (K3402) dijadikan sebagai sebuah laptop modern yang menawarkan paket lengkap, yaitu sebagai perangkat penunjang produktivitas sehari-hari dengan performa powerful, desain stylish, serta dilengkapi fitur modern dan layar yang memiliki kualitas visual terbaik.

Taiwan Ecellence - Article Banner

Layar Terbaik dengan ASUS OLED

Kualitas layar menentukan produktivitas saat menggunakan laptop. Untuk itulah Vivobook S 14 (K3402) menggunakan ASUS OLED yang merupakan teknologi layar laptop terbaik saat ini.

Layar ASUS OLED di Vivobook S 14 (K3402) menggunakan resolusi 2,8K (16:10) dan telah dilengkapi dengan beragam fitur, teknologi serta inovasi sehingga menghasilkan layar yang mampu menampilkan visual dengan warna yang sangat kaya, akurat, dan tidak merusak kesehatan mata.

Ditambah lagi rasio layarnya dapat menghadirkan ruang kerja lebih luas sehingga penggunanya dapat beraktivitas secara lebih produktif.

Setiap laptop yang menggunakan layar ASUS OLED telah dijamin mampu menghasilkan kualitas visual dengan warna yang sangat kaya dan akurat. Tidak tanggung-tanggung, ASUS OLED memiliki color gamut 100% DCI-P3 dan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display.

Dari sisi kualitas, ASUS OLED mendukung teknologi HDR dan telah tersertifikasi VESA DisplayHDR True Black serta fitur bernama Eye Care. Fitur tersebut memungkinkan spektrum cahaya biru yang berbahaya untuk mata dikurangi secara drastis tanpa mengorbankan kualitas visual. Inovasi tersebut membuat ASUS OLED dapat mengurangi paparan radiasi sinar biru yang berbahaya untuk kesehatan mata dalam jangka panjang. Tak hanya itu, ASUS OLED juga telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker. 

Fitur Lengkap dan Modern

Produktivitas tidak bisa dicapai jika laptop yang digunakan tidak memiliki fitur yang lengkap dan dapat mendukung kebutuhan komputasi di era modern. Vivobook S 14 (K3402) sendiri dilengkapi dengan ASUS ErgoSense Keyboard yang didesain khusus agar penggunanya dapat mengetik secara lebih nyaman.

ASUS ErgoSense Keyboard memiliki tombol dengan kontur permukaan yang disesuaikan dengan bentuk lengkung permukaan jari serta jarak antar tombol yang tepat untuk mengetik. Tidak hanya itu, setiap tombolnya bahkan memiliki jarak tekan 1,4 mm yang sangat tepat untuk aktivitas mengetik.

Vivobook S 14 (K3402) juga dibekali dengan konektivitas yang sangat lengkap. Selain memiliki port seperti USB Type-A, HDMI, dan 3.5 mm combo audi jack. Tidak hanya itu, laptop ini telah hadir dengan dua port Thunderbolt 4 yang juga mendukung fitur DisplayPort dan USB power delivery.

ASUS juga membekali Vivobook S 14 (K3402) dengan konektivitas nirkabel yang mumpuni. Selain Bluetooth 5 untuk menghubungkan berbagai perangkat seperti mouse atau headphone nirkabel, Vivobook S 14 (K3402) juga dibekali dengan modeul WiFi 6E terbaru.

Portabel dan Bertenaga

Sebagai varian terbaru dari lini produk Vivobook S, ASUS Vivobook S 14 (K3402) merupakan salah satu laptop paling ringkas yang pernah hadir di keluarga laptop Vivobook. Ya, seri Vivobook S merupakan varian Vivobook yang desainnya paling premium dari ASUS. 

Berkat bobot yang hanya 1,5 Kg dan ketebalan bodi di angka 1,89 cm, Vivobook S 14 (K3402) sangat cocok untuk pengguna yang membutuhkan laptop dengan bodi ringkas sehingga bisa menemani aktivitasnya seharian.

Dan demi menyempurnakan desain premium Vivobook S, ASUS bahkan membekali Vivobook S 14 (K3402) dengan penutup layar berbahan logam. Selain membuat kesan tampak lebih elegan dan premium, penggunaan material logam juga berfungsi untuk membuat laptop ini lebih kokoh dan punya daya tahan yang sangat baik.

Seperti diketahui, laptop ringkas saja tidak akan dapat membuat penggunanya menjadi lebih produktif. Itulah alasan mengapa ASUS membenamkan prosesor 12th Gen Intel® Core™ H-Series ke dalam Vivobook S 14 (K3402).

Prosesor dengan TDP 45W yang biasanya digunakan di laptop gaming tersebut memastikan Vivobook S 14 (K3402) selalu dapat diandalkan untuk berbagai aktivitas penggunanya. Vivobook S 14 (K3402) juga merupakan laptop yang tergabung dalam Intel EVO platform, sehingga penggunanya dipastikan akan selalu mendapatkan performa andal dengan daya tahan baterai seharian.

Agar performanya lebih optimal, Vivobook S 14 (K3402) juga dibekali dengan penyimpanan berupa PCIe SSD. Sementara dari sisi memori, ASUS membekali Vivobook S 14 (K3402) dengan memori DDR4 3200Mhz yang telah dikonfigurasikan secara dual channel.

Kombinasi penyimpanan dan memori yang kencang membuat Vivobook S 14 (K3402) dapat menjalankan aplikasi secara lebih gesit dengan waktu loading yang lebih singkat. Beraktivitas pun dapat menjadi lebih nyaman sekaligus produktif.

Berikut ini beberapa hasil pengujian kinerja CPU, GPU, SSD dan performa baterai ASUS Vivobook S14 (K3402):

Intel EVO menyaratkan bahwa sebuah sebuah laptop harus diperkuat Intel Core 12th Gen Alder Lake CPU, dengan RAM minimal 8GB, storage SSD 256GB dan masa aktif baterai setidaknya 9 jam pada laptop dengan layar resolusi FullHD 1920x1080p. ASUS Vivobook S 14 OLED (K3402) memenuhi standar tersebut, bahkan lebih jauh lagi. Khususnya dari aspek layar dan masa aktif baterai.

Anda juga tidak perlu khawatir soal responsivitas. Persyaratan dari Intel bahwa laptop ini harus dapat aktif secara instan dari dalam kondisi sleep (kurang dari 1 detik) juga bisa diatasi. ASUS Vivobook S 14 OLED (K3402) yang kita bahas ini sudah menggunakan dual channel RAM 16GB dengan SSD kencang yang kecepatannya menembus lebih dari 3000MBps untuk baca dan tulis.

Kesimpulan

ASUS Vivobook S 14 OLED (K3402) merupakan laptop yang menawarkan lebih dari standar yang diterapkan oleh Intel untuk sebuah laptop yang bisa lolos sertifikasi Intel EVO. Laptop ini berhasil menawarkan performa yang bagus dan responsif dalam form factor yang tipis dan bobot ringan. Apalagi masa aktif baterainya juga cukup panjang untuk sebuah laptop daily driver yang menawarkan performa tinggi.