[Review] realme 10, Smartphone Gaming Gahar dengan Harga Terjangkau!

Michael
09/11/2022 19:30 WIB
[Review] realme 10, Smartphone Gaming Gahar dengan Harga Terjangkau!
realme 10

realme nampaknya terus menggeber pasar industri gaming di tanah air. Usai Sukses merilis seri realme 9 yang mencapai lebih dari 40 juta pengguna di dunia, kali ini realme memperkenalkan realme 10 dengan mengusung tagline "Beat The Competition". 

Tim Esports ID berkesempatan menguji langsung performa realme 10 sebelum produk ini resmi rilis hari ini (9/11). Apakah performa realme 10 lebih gahar dibanding seri sebelumnya? Langsung disimak ya, Sobat Esports!

Prosesi grand launching realme 10

Mengusung tagline “Beat The Competition”, realme tampaknya sangat percaya diri dengan produk teranyarnya ini. Bukan tanpa sebab, realme 10 dipersenjatai dengan prosesor MediaTek Helio G99 yang diklaim mampu meningkatkan kinerja hingga 40% lebih mulus dan anti lag, serta konsumsi daya yang lebih rendah 20%.

Tim Esports ID pun melakukan pengetesan dan mendapatkan dengan menggunakan AnTuTu Benchmark dan Geekbench. Hasilnya cukup memuaskan. AnTuTu memberikan skor cukup tinggi untuk kategori smartphone kelas menengah, yakni 387817, hampir menyentuh angka 400 ribu. Sedangkan Geekbench memberikan skor 564 (single) dan 1762 (Multi-Core) untuk smartphone gaming ini.

Pengujian dengan menggunakan AnTuTu (kiri) dan GeekBench (kanan)

realme 10 hadir dengan desain stylish yang dikemas apik. Mengusung Light Particle Design, realme 10 membawa filosofi partikel cahaya yang menabrak bintang di langit dengan kecepatan kilat dan kekuatan yang luar biasa. Tersedia dalam dua pilihan warna yaitu Clash White dan Rush Black, realme 10 mengusung layar Super AMOLED berukuran 6,4 inci dengan model kamera Punch Hole.

Satu yang selalu menarik perhatian penulis adalah kapasitas baterai dan teknologi charging yang dikembangkan realme. Smarthone realme 10 memiliki baterai 5.000 mAh yang diklaim mampu memiliki daya tahan hingga 688,14 jam saat siaga atau 38,28 jam saat menerima panggilan telepon. Kapasitas yang besar tersebut dipadukan dengan teknologi SUPERVOOC Charging 33W yang mampu mengisi daya ponsel 0 – 50% hanya dalam waktu 28 menit.

Realme 10 juga dilengkapi dengan 50MP Color AI Camera dan 16MP kamera selfie dengan kecepatan shutter meningkat 121% saat mengambil gambar pada malam hari.  

Performa Gaming realme 10

Tentu ulasan performanya dalam bermain game menjadi ulasan yang sangat penting untuk Sobat Esports. Tim Esports ID mencobanya dalam memainkan game PUBG Mobile dan Apex Legends untuk membuktikan ketangguhan smartphone ini.

Untuk game PUBG Mobile setting-an awal smooth-high berjalan lancar dan mulus tanpa hambatan dengan stabil di 60 fps. Tak puas sampai di situ, penulis pun menaikkan setting-an graphic menjadi HD-High yang mampu dijawab dengan sempurna oleh realme 10 dengan hasil yang memuaskan. Tak menurunkan performa sama sekali, graphic yang ditampilkan lebih smooth dengan fps yang tidak berkurang (60 fps).

Begitu pun saat mencoba di game Apex Legends, settingan graphic HD-High berjalan sangat lancar di angka 60 fps. Performa tangguh ini tentu sangat cocok untuk digunakan saat bermain game saat santai atau para gamer yang sudah memasuki scene kompetitif di dunia esports.

Khusus untuk kalian para gamer, realme 10 juga sudah dilengkapi fitur pengaturan performa. Dimana ketika bermain game kalian bisa mengaktifkan Pro Gamer Mode untuk meningkatkan performa device kalian saat nge-game.

Kesimpulan

Jargon realme 10 “Beat the Competition” tampaknya sesuai dengan performa yang ditawarkan. Jagoan terbaru realme ini nampaknya diciptakan untuk bisa memenangkan persaingan di kelasnya. Performa dan fitur yang ditawarkan smartphone ini  bisa dibilang hampir sempurna untuk kelas dan harganya. Tak hanya cocok untuk gamer casual, buat kalian yang sudah terjun ke kancah kompetitif, realme 10 juga cocok untuk dijadikan senjata utama.

Realme 10 4/128 GB tersedia melalui flash sale mulai 11 November dengan harga Rp 2,4 jutaan. Sedangkan Realme 10 8/128GB tersedia melalui offline pre-order 9-17 November di angka Rp 3,1 jutaan.