Yamaha Desember

[REVIEW] POCO F4 GT Standar Emas untuk Smartphone Gaming

SlushiesDrinker
19/09/2022 13:00 WIB
[REVIEW] POCO F4 GT Standar Emas untuk Smartphone Gaming
Review

Salah satu manufaktur smartphone gaming, POCO, sudah meluncurkan seri terbarunya beberapa waktu yang lalu, POCO F4 GT. Berbekal spesifikasi high-end, benarkah smartphone ini mempunyai performa mutakhir?

Tim Esports ID, memiliki kesempatan untuk mencoba langsung smartphone itu dan melakukan review terkait seberapa tangguh kah POCO F4 GT.

Article Banner IESF

Desain, Spesifikasi, dan Fitur

POCO F4 GT memiliki tinggi sebesar 162,5 mm dengan lebar 76,7 mm dan tebal 8,5 mm. Ukuran dari POCO F4 GT hanya lebih besar sedikit dibandingkan Redmi Note 11. Meski demikian, POCO F4 GT terasa jauh lebih kokoh dengan berat 210 Gram.

Dengan 3 pilihan warna: Stealth Black, Cyber Yellow, dan Knight Silver, POCO F4 GT semakin terlihat smooth dan tajam sekaligus dalam segi desain.

Dibekali layar AMOLED datar 6,67" dengan resolusi FHD+ 2400 × 1080 (rasio aspek: 20:9) dan juga TrueColor, Smartphone yang satu ini terlihat cukup besar dan kokoh. Cocok untuk bermain game untuk kejernihan gambarnya.

Layar dan resolusi tersebut juga mendukung refresh rate hingga 120 Hz, touch sampling rate hingga 480 Hz dan juga tingkat kecerahan sebesar HBM 800 nit.

 

Kapasitas baterai POCO F4 GT mencapai 4700 mAh. Baterai dibagi menjadi struktur sel 2350 mAh ganda. Selain itu, POCO F4 GT terbantu dengan Smart 120W HyperCharge untuk pengisian daya yang lebih cepat.

POCO F4 GT memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 12 GB RAM + 256 GB Storage ditemani CPU Octa-core Qualcomm® Kryo™ hingga 3,0 GHz

Smartphone yang satu ini sudah masuk ke dalam jajaran Snapdragon® 8 Gen 1 dengan Proses manufaktur 4nm.

Selain itu, POCO F4 GT juga dilengkapi dengan GPU Qualcomm® Adreno™ dan AI dari Qualcomm yaitu Qualcomm® AI Engine Generasi ke-7 serta Modem Snapdragon® X65 5G.

Untuk kamera depan, POCO F4 GT memilikikamera dengan 20 MP (Mega Pixel) menggunakan model sensor IMX596. 

POCO F4 GT juga memiliki kamera belakang rangkap tiga 64 MP (Kamera utama)+8 MP (Kamera ultra lebar)+2 MP (Kamera makro) dengan sensor kedip.

Kamera tersebut juga mendukung perekaman gambar hingga 3840 × 2160 60fps dan video slow motion 1920 × 1080 120 fps.

Kalian bisa cek spesifikasi lengkapnya di website resmi milik POCO F4 GT.

Pengujian Performa Menunjukkan Kesan Positif

POCO F4 GT digadang sebagai smartphone berperfoma mutakhir. Tentu saja klaim tersebut harus bisa di-backing dengan data yang tepat pula. Untuk itu, tim Esports ID menguji performa sebenarnya dari smartphone tersebut apakah layak menyandang titel tersebut.

Kami menggunakan pengujian GeekBench untuk melakukan uji performa core milik POCO F4 GT. Dan hasil yang kami dapat cukup positif dengan skor 1244 untuk Single-core dan 3640 untuk Multi-Core.

Sebagai referensi, dalam GeekBench, nilai POCO F3 adalah 908 dan Samsung Galaxy S21+ cuma mencapai 924 saja. Sedangkan untuk kinerja Multi-core juga cukup jauh di atas Smartphone flagship lain.

Bagaimana dengan ketahanan baterai? POCO F4 GT memiliki skor 13125 saat menggunakan PCMark Android Work 3.0 yang berarti cukup tahan lama untuk dilakukan kinerja berat. Cocok untuk bermain game dan juga edit gambar atau pekerjaan lain yang menguras baterai.

Selain itu untuk kinerja kecepatan baca dan penulisan dalam penyimpanan dari POCO F4 GT mendapat skor 28.235 dari PCMark Android Storage 2.0.

Beralih ke performanya saat nge-game, Tim Esports ID mencobanya dengan memainkan judul game esports yang cukup berat, League of Legends: WIld Rift.

Kami berhasil mencapai FPS 60 (tidak bisa ditingkatkan karena menggunakan limitasi FPS) dan tidak mengalami fps drop sama sekali dengan tingkat grafisrata kanan. POCO F4 GT juga dilengkapi Game Turbo  untuk menjaga performa gaming menjadi sangat stabil.

Mungkin kalian sering mendengar dengan Ergonomis, tapi apa sih yang dimaksud dengan kata tersebut? Ergonomis diambil dari kata Ergonomi secara singkat berarti serasi antara pengguna dan alat yang digunakan.

Kenapa kita bisa menyebut Poco F4 GT sebagai ergonomis? Semua berkat bentuk dari Smartphone tersebut. Dua trigger diletakkan di bagian samping badan dan pas dengan posisi telunjuk saat dibuat horizontal.

Selain itu, letak fingerprint yang berada di kanan pas untuk ibu jari tangan kanan kalian ataupun telunjuk kiri kalian untuk membuka lock.

Kesimpulan

Performa yang kami peroleh dari POCO F4 GT sangatlah memuaskan. Kami merasa kalau smartphone yang satu ini sangatlah cocok untuk kalian yang ingin menginginkan performa terbaik untuk bermain game.

Daya tahan baterai yang cukup lama, prosesor yang sangat tangguh, serta layar yang jernih membuat F4 GT menjadi smartphone flagship yang patut dibanggakan oleh POCO.

Dibanderol dengan harga Rp8.999.000 pada saat review ini naik, Kalian akan merasa harga tersebut pantas karena menggunakan smartphone dengan tenaga yang sangat kuat dan juga tahan lama.