[REVIEW] ZOWIE XL2566K 360Hz, Pilihan Tepat Untuk Esports FPS!

Dandesignlab
23/01/2023 15:45 WIB
[REVIEW] ZOWIE XL2566K 360Hz, Pilihan Tepat Untuk Esports FPS!
Esportsid

BenQ telah merilis produk monitor gaming terbarunya yaitu ZOWIE XL2566K. Seri ini menawarkan spesifikasi kelas atas, yakni memiliki refresh rate setinggi 360hz dan fitur DyAc+ yang dapat memberikan penampilan visual menjadi lebih jelas.

XL2566K berukuran 24.5 inch dengan resolusi 1080p dan menggunakan panel TN. Monitor ini sangat tepat untuk memainkan beberapa judul FPS seperti VALORANT, APEX Legends, CS:GO, dan Overwatch 2, berkat ukurannya yang pas dan kecepatan refreshnya yang luar biasa.

Selain memiliki spesifikasi layar terbaik, ZOWIE XL2566K juga memiliki stand monitor yang ergonomis. Pengguna dapat mengatur posisi monitor sesuai yang diinginkan dan dapat mengatur ketinggian & kemiringan dengan mudah untuk menghasilkan pengalaman gaming yang nyaman.

Fitur DyAc+ dari BenQ telah bekerja dengan baik pada panel TN 360Hz nya. Ini memberikan visual yang lebih jelas dan lebih akurat pada gambar bergerak sehingga dapat membuat pemain menjadi lebih fokus untuk melihat musuh dari berbagai sudut.

Desain & Fitur

Kami terkesan melihat desain BenQ ZOWIE XL2566K yang bermodel simpel dan terlihat padat. Warna yang didominasi oleh hitam doff dengan sedikit aksen warna merah pada stand dan logo ZOWIE nya telah menimbulkan kesan premium dan mewah untuk dilihat.

Bentuknya yang tegas dan modern telah membuat monitor ini berdiri cantik di setup gaming. Ditambah dengan bagian bezel yang tidak terlalu tebal telah membuat tampilan tampak lebih elegan.

Stand yang fleksibel dan dapat diarahkan kemana saja menjadi nilai lebih untuk monitor seri atas ini. Di sisi lain, pemasangannya sangat mudah dan cepat sehingga kami dapat langsung mencobanya tanpa memakan waktu lama.

Performa

Secara garis besar, TN 360hz & DyAc+ menghasilkan banyak perubahan besar pada beberapa game esports FPS. Namun, manfaat fitur ini lebih kami rasakan di VALORANT & CS:GO di mana kedua game tersebut terasa lebih smooth dan tajam.

Kami juga telah mencoba beberapa game lainnya yang memiliki banyak gerakan cepat dan detail yang lebih padat seperti APEX Legends dan Overwatch 2. Perbedaan nya masih dapat dirasakan meski tak lebih signifikan dari VALORANT & CS:GO.

Sebagai pemain game FPS yang lebih sering menggunakan monitor 75Hz, pengalaman berbeda sangat terlihat jelas ketika kami mencoba monitor bertenaga 360Hz dari BenQ. Penempatan crosshair, gerakan musuh, dan berbagai efek animasi dapat tertangkap sangat detil sehingga memberikan kami pengalaman yang lebih baik untuk bertanding kompetitif.

VALORANT membutuhkan tingkat fokus yang tinggi untuk dapat menumbangkan lawan. Berkat 360Hz ini, kami dapat unggul ketika melakukan peeking dan flickshot lantaran tak adanya blur yang hinggap di crosshair.

Performa tak hanya dapat dirasakan pada game FPS saja. Kami telah mencobanya pada genre lain seperti Fighting Game, MOBA, dan MMORPG, dan telah bekerja dengan sangat baik secara keseluruhan.

Kesimpulan

Bagi sobat esports yang sangat ingin mendapatkan pengalaman lebih dalam bermain game kompetitif seperti VALORANT & APEX Legends, monitor 360Hz dari BenQ ini sangat direkomendasikan. Segala jenis gerakan dan animasi yang ditampilkan tampak sangat jelas sehingga memberikan keunggulan dalam menembak lawan.

Beberapa preset pengaturan yang disediakan oleh BenQ juga dapat membantu penggunanya untuk merasakan berbagai skenario gaming. Tentunya, monitor ini juga memiliki banyak fitur yang tersedia untuk dicoba oleh penggunanya.

Monitor ini tersedia di e-commerce atau toko resmi BenQ Indonesia. BenQ ZOWIE XL2566K dapat dimiliki dengan harga sekitar Rp. 15 jutaan.