[Review] WD_Black P50 Game Drive, SSD Super Kencang untuk Gamer!

Michael
01/06/2021 09:05 WIB
[Review] WD_Black P50 Game Drive, SSD Super Kencang untuk Gamer!
WD_Black P50 Game Drive

Kebutuhan akan storage yang besar dan cepat tentunya menjadi hal yang utama untuk gamer. Tren bergesernya penggunaan HDD menjadi SSD mulai meningkat seiring kebutuhan performa PC yang semakin tinggi. Setelah di review sebelumnya tim Esports ID membahas WD_BLACK AN1500 NVMe untuk pengguna PC, kali ini kami kedatangan WD_Black P50 Game Drive, USB Storage yang cocok untuk laptop gaming dan konsol.

Lantas bagaimana performanya? Akankah sedahsyat penggunaan SSD di perangkat PC? langsung saja simak review tim Esports ID ya!

Yamisok Nobar

Desain dan Spesifikasi

WD_Black P50 Game Drive memiliki desain tampilan yang kokoh dan garang. Berukuran 11,8 x 6,2 x 1,6 dan bobot hanya 115 gram, WD_Black P50 mudah dibawa dan tidak makan tempat.

WD_Black P50 memiliki dua alternatif konektor USB yang sudah termasuk dalam paket penjualan, yakni Type-C to Type-C dan Type-C to Type-A, untuk memberi kemudahan pengguna menyambungkan ke perangkat yang dimiliki. WD_Black P50 sendiri hadir dalam beberapa varian ukuran, mulai dari 500 GB hingga yang terbesar 4 TB. Tim Esports ID sendiri berkesempatan untuk mencicipi WD_Black P50 berkapasitas 1 TB.

Spesifikasi:

Capacity                                       1 TB
Interface                                      USB 3.2 Gen 2
Connector                                    USB-C
Compatibility                                Windows® 8.1, 10
                                                   macOS 10.11+
                                                   PlayStation 4 and 5
                                                   Xbox One
Dimensions (L x W x H)                 4.65" x 2.44" x 0.55"

In The Box                                   
WD_BLACK™ P50 Game Drive SSD
USB Type-C to Type-C cable
USB Type-C to Type-A cable
Quick Install Guide

Performa WD_Black P50

Tak sabar ingin mencoba ketangguhannya, tim Esports ID pun langsung mengujinya dengan menggunakan laptop HP Pavilion Gaming 15. WD_Black P50 memperoleh hasil yang memuaskan dengan menggunakan kabel USB-C. Kecepatan read mencapai 978,61 MB/s dan write di 529,94 MB/s. Tentu hasil ini masih bisa meningkat bila menggunakan perangkat laptop gaming yang lebih tinggi.

Lantas bagaimana dengan klaim kecepatan read hingga 2.000 MB/s seperti yang tercantum dalam kemasan packing WD_Black P50? Untuk mencapai batas maksimum tersebut kalian harus memiliki port USB 3.2 Gen 2x2 tambahan dengan konektor jenis USB-C. Sayangnya laptop di Indonesia saat ini belum banyak yang memiliki perangkat tersebut.

Tidak lupa, kami pun mencoba untuk mentransfer data dengan menggunakan WD_Black P50. Sebanyak file 10GB mampu ditransfer hanya dalam kurun waktu 25 detik. Performa saat transfer pun stabil tanpa ada kendala terputus. Namun, satu yang menjadi perhatian kami adalah panas yang dikeluarkan ketika digunakan untuk pemakaian waktu yang lama. 

Kesimpulan:

WD_Black P50 sangat menunjang kenyamanan ketika bermain game. Loading game dan transfer data yang lebih cepat dibandingkan hard disk biasa menjadi faktor penting keunggulan WD_Black P50. Tim Esports ID sendiri merekomendasikan buat kalian yang punya kocek lebih untuk membeli WD_Black P50.

Pros & Cons

(+) Performa / kinerja sangat baik
(+) Tersedia beberapa varian kapasitas mulai dari 500 GB – 4 TB
(+) Desain dan tampilan kokoh
(+) Ukuran kecil dan penggunaan sangat mudah

(-) Harga cukup mahal
(-) Perangkat panas ketika digunakan untuk waktu yang lama

Saat ini WD_Black P50 dibandrol seharga Rp. 4.516.000 dan tersedia di official online store Western Digital.