Punya 154 Champion, Apa Slot Ban di LoL Bakal Bertambah?

faizalkamill
04/03/2021 16:45 WIB
Punya 154 Champion, Apa Slot Ban di LoL Bakal Bertambah?
Riot Games

Saat ini sistem ban di mode ranked di League of Legends hanya membatasi hingga 10 champion saja per permainan dari 154 champion yang tersedia. Merasa tidak puas dengan hal tersebut, beberapa pemain di komunitas mencoba membuka topik apakah mungkin jika Riot menambah jumlah ban champion. Riot Games dalam sesi “Ask Riot” akhirnya menjawab tentang hal ini.

Riot telah menerima banyak pertanyaan serta masukan dari para pemain mengenai game dan sistem ban di mode ranked mereka. Sebelumnya, Riot telah mengubah sistem ban dari 6 champion menjadi 10 champion secara total. Tentang kemungkinan angka tersebut bertambah sebenarnya sudah sempat mereka diskusikan namun pada akhirnya kemungkinan besar hal tersebut tidak akan terjadi dengan beberapa pertimbangan.

Yamisok Nobar

Sistem 10 ban League of Legends

Salah satu alasan terkuat mengapa gagasan untuk menambah jumlah ban ditolak oleh Riot adalah karena mereka rasa ini hanya akan membawa lebih banyak dampak negatif daripada positif ke dalam game. Mark “Scurffy” Yetter sebagai pimpinan desain game menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangan dari kemungkinan menambah slot ban ini.

Kekurangan yang pertama adalah bertambahnya waktu ketika pemilihan champion. Memilih champion yang tepat sangatlah penting bagi keseluruhan permainan apalagi jika sudah membicarakan tentang level pro. Mereka harus melakukan draft dengan sangat teliti dan jika slot ban bertambah maka akan menghabiskan lebih banyak waktu pula.

Kekurangan yang kedua yaitu para pemain baru akan sangat dirugikan. Jika pemain belum hafal benar tentang seluruh champion yang ada atau mereka baru bisa bermain dengan beberapa champion saja maka penambahan slot ban ini akan sangat menyulitkan mereka. Apalagi para pemain one trick yang mengandalkan 1 champion saja. Satu alasan terakhir adalah bisa saja pilihan champion di salah satu role terkena ban total. Kemungkinan ini sangatlah besar. Katakan saja posisi mid lane adalah posisi terkuat. Jika Riot menambah menjadi 20 ban bisa saja seluruh champion mid lane(yang sedang dalam meta) terkena ban dan mid laner tidak memiliki banyak opsi untuk bermain.

Satu-satunya kelebihan dari penambahan slot ban ini menurut Mark hanyalah untuk mengatasi matchup yang tidak menguntungkan dan menambah strategi untuk membuat komposisi tim terbaik dari sisa champion yang ada. Dengan jawaban dari Riot tadi sudah bisa dipastikan bahwa pertanyaan tentang apakah slot ban di LoL akan ditambah, jawabannya adalah tidak.

“Menambah jumlah ban di LoL saat ini hanya akan membawa efek negatif tetapi kami akan terus mengevaluasi dan pendapat kami bisa saja berubah di masa depan” tulis Mark.

Memang sistem ban 10 champion yang diterapkan di LoL dan sebagian besar MOBA saat ini masihlah menjadi sistem terbaik yang ada. Selain tetap masih bisa memainkan champion/hero yang diinginkan, kita juga bisa berstrategi untuk mengeliminasi champion yang tidak kita kehendaki dengan angka yang masih proporsional. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports?