Eksibisi PON Esports

Alami Krisis Finansial, Schalke 04 Jual Slot di LEC 459 Miliar!

faizalkamill
30/06/2021 14:20 WIB
Alami Krisis Finansial, Schalke 04 Jual Slot di LEC 459 Miliar!
Schalke 04/LEC

Schalke 04 adalah organisasi olahraga yang juga merambah ke esports, dimulai dengan tim League of Legends. Organisasi asal Jerman itu kini harus terpaksa menjual slot tim LoL mereka di LEC (League of Legends Europe Championship) dikarenakan masalah finansial yang dihadapi.

Dana terbesar Schalke 04 biasanya datang dari penjualan tiket di stadion dan beberapa persen dari merchandise serta sponsor. Ketika pandemi COVID-19 melanda, sisi keuangan Schalke, juga organisasi lainnya, terdampak sangat kuat. Selain masalah keuangan yang memburuk, tim sepakbola Schalke mengalami tahun yang kurang beruntung sebab mereka harus terdegradasi dari divisi 1 pada bulan April 2021 kemarin. Berdasarkan laporan keuangan Schalke pada tahun 2020, mereka memiliki hutang sebesar 217 juta Euro.

Yamisok Nobar

Schalke 04 LoL/LoL Esports

Penjualan slot di LEC ini nantinya akan membantu Schalke untuk melunasi hutang-hutang tersebut dan mengalokasikan dana berfokus kepada tim sepakbola saja. Tim LoL Schalke 04 sudah mulai menawarkan slot mereka di LEC sejak tahun kemarin.

“Kalian sudah bisa mengantisipasi bahwa klub sedang kesulitan,” kata direktur pelaksana S04 Esports Tim Reichert. “Kami memiliki proses penjualan yang panjang dan intensif, di mana kami melihat banyak penawaran dan Riot jelas telah terlibat dalam menyaring pihak-pihak yang tertarik dan mencari apakah mereka cocok untuk liga. Itu sudah menyempit menjadi beberapa penawar terakhir.”

Sebelumnya Schalke sudah mencoba berbagai cara agar bisa bertahan di liga, mulai dari menjual mid laner mereka Abbedagge dengan kontrak senilai 1 juta USD dan juga membuka kerja sama dengan banyak pihak. Meski begitu, usaha tersebut masih tidak bisa menutupi celah kerugian yang semakin membesar.

“Schalke membutuhkan dana yang besar dan dana terbesar datang dari penjualan slot di LEC,” kata Reichert.

Penjualan Schalke merupakan penjualan terbesar kedua di barat (Eropa dan Amerika) sejak transaksi slot LCS dari Echo Fox kepada EG 2019 lalu senilai 33 juta USD. Slot Schalke 04 tahun depan akan diisi oleh tim BDS yang telah membeli slot mereka di LEC sebesar 26,5 juta Euro atau sekitar 459 miliar Rupiah.

BDS merupakan tim yang berasal dari Swiss dan baru saja terjun ke LoL Esports tahun lalu. Pembelian slot di LEC ini adalah bukti keseriusan dalam mengembangkan organisasi mereka lebih jauh lagi. Pihak eksekutif tim BDS juga menyampaikan bahwa tidak menutup kemungkinan mereka bisa saja merekrut mantan pemain Schalke dan para staffnya.

BDS sendiri berbasis di Swiss tetapi tim League of Legends akan bermarkas di Prancis. Organisasi ini juga memiliki divisi di Fortnite, Rainbow Six Siege, FIFA, Rocket League, Trackmania, dan VALORANT. Tim BDS akan bergabung dengan tim LEC lainnya dan mulai berkompetisi pada awal tahun 2022 nanti. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports?