Esports League of Legends Belum Cetak Profit, Riot Games “Ga Masalah”

Rendy Lim
03/11/2021 15:19 WIB
Esports League of Legends Belum Cetak Profit, Riot Games “Ga Masalah”
Rencananya League of Legends jangka panjang banget sih!

Akhir pekan ini, League of Legends bakal menobatkan juara dunia baru dari kompetisi LoL Worlds 2021. Bertempat di Reykjavik, Iceland, dua tim tersisa yakni DAMWON Gaming dari LCK dan EDward Gaming dari LPL akan bertanding, menentukan siapa diantara mereka yang berhak mendapat gelar tersebut. 

Setelah lebih dari satu dekade membangun dan menjalankan skema kompetitif League of Legends, Riot Games berhasil menarik banyak perhatian para fans, terbukti dengan jumlah penonton yang hadir pada setiap kompetisi untuk mengisi bangku, serta memberi dukungan kepada tim favorit mereka. 

Yamisok Nobar

Sayangnya, meski sudah terhitung sukses, skema esports League of Legends ternyata belum membawa profit atau keuntungan bagi Riot Games. Hal ini terungkap dalam wawancara Washington Post bersama Head of Esports adi Riot Games, John Needham. 

Dalam wawancara tersebut, John Needham menyebut bahwa dirinya tidak terlalu berpikir untuk mengumpulkan profit dari esports League of Legends dalam waktu dekat. "Kami senang menyebut diri kami masa depan dari olahraga," tutur Needham "Itulah yang kami sedang bangun saat ini".

Riot Games memulai kompetisi esports untuk League of Legends pada 10 tahun yang lalu sebagai salah satu alat marketing gamenya tersebut. Seiring berjalannya waktu, pada 3 hingga 4 tahun belakangan, Riot tengah berusaha untuk membangun esports menjadi bisnis tersendiri. Namun, fokus utama yang diperlukan adalah memastikan para tim di liga esports mendapat keuntungan. 

"Jika aku tidak dapat membuat esports menjadi bisnis yang bagus untuk para tim dan sponsor, kita tidak akan bisa bertahan lama," tutur Needham. "Kami selalu berpikir, bagaimana cara untuk membuat keseluruhan ekosistem dapat untung?"

Saat ini, ekosistem esports League of Legends memiliki total 117 tim yang tersebar di 12 kompetisi regional di seluruh dunia. John Needham sendiri mengungkapkan bahwa cita-citanya pada jangka menengah adalah untuk divisi Esports Riot bisa mendapat keuntungan merata, dengan berbagai potensi profit akan dialokasikan kembali untuk membangun liga ini. 

Bagaimana nih pendapat kamu Sobat Esports, semoga scene esports League of Legends bisa semakin berkembang yah dan kesejahteraan tim serta semua pihak yang terlibat di dalamnya bisa terjamin.