Timnas League of Legends Korea Selatan Raih Medali Emas di Asian Games 2023

faizalkamill
30/09/2023 13:00 WIB
Timnas League of Legends Korea Selatan Raih Medali Emas di Asian Games 2023
Asian Games 2023 Hangzhou

Tim nasional League of Legends Korea Selatan berhasil raih medali emas di Asian Games 2023 Hangzhou setelah mengalahkan timnas Taiwan di babak grand final dengan skor akhir 2-0.

Selain mendapatkan medali emas, para pemain di timnas Korea Selatan juga mendapatkan keuntungan berupa "bebas" wajib militer bagi yang belum melaksanakan.

Timnas Korea Selatan di Asian Games 2023 Hangzhou

Perjalanan timnas Korea dimulai dari babak grup di mana mereka berhasil melibas Hong Kong dan Kazakhstan di grup A. Di babak 8 besar mereka bertemu dengan Arab Saudi yang juga berhasil dikalahkan dengan skor 2-0.

Di babak semi final, Korea Selatan dipertemukan dengan lawan terberat mereka dari seluruh turnamen yakni timnas China. Diprediksikan untuk bertemu di babak grand final, Korea harus bertemu lawan terberat di babak 4 besar. Walau begitu, Chovy dan kawan-kawan berhasil menumbangkan tim bintang China dengan skor 2-0.

Pada saat itu pemain bintang mereka, Lee “Faker” Sang-hyeok, harus absen dari laga quarterfinal hingga grand final dikarenakan sakit flu. Walaupun begitu, Chovy sebagai pemain cadangan di mid berhasil menuntaskan tugasnya dengan sempurna dan menghadiahi timnas Korea dengan medali emas.

Di sisi lain, timnas Taiwan berhasil lolos ke babak grand final setelah mengalahkan tim Malaysia di quarterfinal dan Vietnam di babak semi final.

Pada laga best of three di babak grand final, Taiwan membuka laga dengan permainan agresif sejak awal. Mid laner mereka, Chu "FoFo" Chun-Lan, berhasil membuat jebakan-jebakan untuk para pemain Korea Selatan yang hampir saja membuat mereka unggul besar.

Meski begitu, timnas Korea mampu bertahan dengan sangat baik menghadapi agresifitas Taiwan dan berhasil membalikan keadaan dengan kekurangan yang ada. Pada game pertama, Korea Selatan berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 15-5 dalam waktu 29 menit saja.

Laga kedua berhasil dimenangkan oleh Korea dalam waktu 25 menit. Taiwan yang menerapkan strategi yang sama dengan laga sebelumnya berhasil dihalau oleh tim Korea Selatan secara cepat. Strategi agresif yang diterapkan Taiwan berhasil diredam dengan pertahanan yang baik serta strategi tim Korea yang lebih fokus pada objektif penting daripada pertarungan-pertarungan kecil.

Dengan kemenangan ini seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa para pemain timnas Korea Selatan akan mendapatkan pengecualian pada kebijakan wajib militer. Hal ini terjadi karena medali Asian Games dianggap hampir setara dengan medali olimpiade. Untuk menghargai jasa para atlit, pemerintah Korea menerapkan ketentuan bahwa para peraih medali emas akan menerima pengecualian wajib militer (jika belum melaksanakan).

Taiwan yang berakhir di posisi kedua berhak atas medali silver dan China berhasil memenangkan medali perunggu setelah mengalahkan timnas Vietnam di pertandingan juara ketiga dengan skor 2-1.

Berikut adalah roster timnas League of Legends Korea Selatan:

  • Choi "Zeus" Woo-je (Top lane)
  • Seo "Kanavi" Jin-hyeok (Jungle)
  • Lee “Faker” Sang-hyeok (Mid lane)
  • Jeong “Chovy” Ji-hoon (Mid lane)
  • Park "Ruler" Jae-hyuk (Bottom lane)
  • Ryu “Keria” Min-seok (Support)
  • Kim "kkOma" Jeong-gyun (Coach)