Menjelang akhir tahun 2023 ini, Lokapala yang merupakan game MOBA pertama buatan Indonesia ini memberikan versi update terbaru yang gede-gedean! Update versi 1.4.612 ini bisa dibilang sebagai update terakhir di tahun 2023 ini, oleh karena itu Anantarupa Studios pun juga tidak tanggung-tanggung dalam memberikan penambahan pada versi kali ini.
KSATRIYA BARU!
Salah satunya adalah hadirnya ksatriya baru. Ksatriya ke-34 yang baru di update baru game Lokapala ini yaitu Soma. Karakter ini terinspirasi dari seorang Raja di kerajaan Suvarnadvipa (Swarnadwipa atau sekarang lebih dikenal sebagai pulau Sumatera) pada abad ke- 8. Soma merupakan Ksatriya yang memiliki karakter pemberani dan gigih untuk mencapai tujuan yaitu membangun kembali tanah kelahirannya. Rilisnya Soma menjadi penutup Ksatriya terakhir yang dirilis Lokapala di tahun 2023.
Soma adalah karakter Ksatriya Tank baru dari Lokapala yang diceritakan baru saja kembali dari pengepungan benteng Iwung. Pertarungan sengit antara Soma melawan kembaran sang Raja yang memberontak hampir membuatnya kalah. Namun, Soma berhasil mengembalikan kondisi dan memenangkan pertarungan berkat sebuah batu raksasa yang misterius dan sangat kuat hingga bisa melindungi Soma dari lawannya. Sejak itupun batu misterius itu menjadi senjata kepercayaan Soma dengan ditancapkannya sebuah gagang pada batu tersebut.
Soma diceritakan sebagai raja Suvarnadvipa yang masih merupakan keturunan dari dinasti Parvatajana. Kedudukannya ini divisualiasikan dengan perisai singa yang terinspirasi dari arca singa yang ada di candi Borobudur. Perisai singa ini diletakkan di bahu Soma sebagai penunjuk identitas keturunannya.
Penampilan Soma juga identik dengan warna-warna emas, karena Suvarna dari Suvarnadvipa memiliki arti ‘emas’, yang melambangkan bahwa kerajaannya sangat makmur hingga semua berlapis emas. Soma juga mengenakan kain songket yang memiliki makna kemakmuran, kejayaan, dan keberanian.
Dari segi permainan, Soma juga menghadirkan fitur skill baru yaitu taunting lawan. Apabila kamu mengaktifkan skill 2 maka akan memaksa lawan di sekitar untuk menyerang. Soma juga memiliki kemampuan mencuri armor musuh. Semakin banyak musuh memberikan serangan kepada Soma, maka serangan balasan Soma akan menjadi semakin kuat. Apabila health point Soma sedikit, ia bisa menyerap health point lawan. Beberapa kemampuan baru ini menjadi daya tarik lebih untuk memainkan Ksatriya Soma.
DETAIL DARI SOMA, ‘SANG PENGHANCUR MUSUH PEMBERANI’
Skill 1: Rajaraksana: Menahan skill Rajaraksana membuat Soma menggunakan pedangnya sebagai perisai, memperlambat Kecepatan Gerak sebesar 30% dan mengurangi damage yang diterima dari musuh sebesar 50% selama 5 detik. Soma memberikan 200/220/240/260/280/300 (+5% Hp)AoE Physical Damage dan 60% damage bonus dari damage yang diterima sebelum Rajaraksana dikeluarkan. Musuh yang terkena serangan akan terkena stun sesuai durasi Rajaraksana ditahan. Dan jika Rajaraksana digagalkan, waktu tunggu akan berkurang sebesar 50%.
Skill 2: Roaring Simha: Soma menerjang ke depan, memberikan 150/170/190/210/230/250 (+80% Attack Damage) Physical Damage dan 50% efek slow selama 1 detik. Setelah menerjang, Soma mengangkat pedangnya ke atas, memberikan efek taunt selama 2 detik dan memberikan damage sebesar 250/270/290/310/330/350(+80% Attack Damage) Physical Damage.
Skill 3: Viravairi Destroyer: Atas kekuatan leluhurnya, Soma kebal terhadap damage dan efek CC selama Viravairi Destroyer berlangsung. Semua lawan yang berada di area mendapatkan efek slow sebesar 80%. Setelah 2 detik, Soma menghempaskan pedangnya ke tanah, memberikan 400/500/600 Physical Damage dan 10% damage tambahan dari HP Soma yang hilang dan stun selama 2 detik. Soma menerima heal sebanyak 10% dari total damage Viravairi Destroyer yang diterima lawan.
Passive: Eternal Prabalata: Setiap serangan Soma mengambil Base Armor dan Magic Defense lawan untuk dirinya sendiri sebanyak 5 selama 20 detik.
PENYESUAIAN GAMEPLAY DAN TAMPILAN BARU!
Sepanjang tahun 2023 ini, developer banyak mendapatkan permintaan dari fans dan komunitas untuk menambahkan fitur baru, penyesuaian gameplay, sampai dengan tampilan peta yang baru. Demi memuaskan para fans Lokapala ini, maka Anantarupa Studios pun melakukan balancing atau penyesuaian gameplay, serta memberikan pilihan peta yang lebih terang.
Untuk list lengkapnya, kamu bisa lihat di rangkuman di bawah ini:
UPDATE GAMEPLAY
- In-game:
● Pembaruan Sistem Comeback
● Pembaruan penghitungan base stats Ksatriya
- Mantra: Waktu Tunggu Influx bertambah dari 30 detik menjadi 70 detik
- Skill Charging: Perubahan pada durasi Waktu Tunggu sebesar 50% dari aslinya jika skill gagal dikeluarkan
- Penyeimbangan Status Tower:
● Kecepatan Serang bertambah dari 2 menjadi 3
● Kecepatan Proyektil bertambah dari 1000 menjadi 1200
● Serangan Tower Tier 1 bertambah dari 700 menjadi 900
● Serangan Tower Tier 2 bertambah dari 800 menjadi 1000
● Serangan Tower Tier 3 bertambah dari 900 menjadi 1100
● Serangan Ancient bertambah dari 900 menjadi 1100
● Damage Tower kepada Minion berkurang dari 80% menjadi 65%
- Pengoptimalan Equipment:
● Champion Greaves
○ Perbaikan penjelasan item dari pengurangan Damage Serangan dasar menjadi pengurangan Physical Damage
○ Item jungle
○ Hanya 1 jenis item yang bisa aktif
○ Ketika ada 2 atau lebih item jungle di inventori, dan player menjual item yang tidak aktif, maka efek buff item aktif tidak akan terganggu
○ Ketika ada 2 atau lebih item jungle di inventori, dan player menjual item yang aktif, maka otomatis akan mengaktivasi item berikutnya (hanya 1 yang bisa aktif)
● Item Support
Perbaikan cara kerja item:
■ (Dulu): Jika Ksatriya terkena 2 efek aura, dan bila salah 1 sumber ini menjauh dari Ksatriya, maka Ksatriya akan kehilangan efek aura
■ (Sekarang): Ksatriya akan selalu memiliki efek aura bila berada di area teman
● Night Fall
○ Perubahan damage dari Physical menjadi True damage
○ Damage Tambahan saat memukul dari belakang meningkat dari 2*level menjadi 5*level
● Diamond Doomblade
○ Perubahan damage dari Physical menjadi True damage
○ Damage Tambahan saat memukul dari belakang meningkat dari 5*level menjadi 10*level
○ Perbaikan penggunaan efek pasif: akan aktif untuk 10 hit lalu waktu tunggu selama 3 detik
● Misty Dagger
○ Saat player menjual item ketika pasif sedang aktif, maka pasif akan hilang
● Cataclysm Hunting Bow
○ Perbaikan penjelasan pasif
● Demonic Ornament
○ Perbaikan penjelasan pasif: akan aktif ketika hanya membunuh Ksatriya
● Bruiser of the Flame
○ Pemberian efek slow saat perisai meledak
○ Magic damage saat meledak bertambah dari 35*level menjadi 50*level
● Ghostwalker Staff
○ Penambahan VFX slow saat musuh terkena skill
● Curator Steel Shield
○ Perbaikan stack pada pasif: akan berkurang 1 stack setiap durasi habis, tidak seketika hilang keseluruhan
● Hope of Vigor
○ Perbaikan jumlah heal yang diberikan
○ Perbaikan waktu pasif bisa aktif kembali
● Ivory Chestguard
○ Perbaikan waktu tunggu pasif: ketika terkena damage, memberikan waktu tunggu menjadi 20 detik
○ Shield bertambah dari 500 (+50*level) menjadi 500 (+100*level)
● Ruins Cuirass
○ Perbaikan penjelasan item
○ Pengubahan cara aktivasi item: akan aktif ketika HP berada di bawah 50% dan terkena efek CC
○ Penambahan efek CC yang bisa dibatalkan oleh item (root, disarm, charm)
● Chainmail Greatplate
○ Perbaikan reflect damage yang diberikan item: semua Physical Damage akan terkena efek
○ Efek reflect damage bertambah dari 40% menjadi 50%
● Aturama
○ Perbaikan efek pasif: semua damage yang diterima ketika menggunakan item akan terkena efek pasif
● Heaven Crux
○ HP bertambah dari 325 menjadi 500
○ Armor bertambah dari 70 menjadi 110
KSATRIYA UPDATES
Ilya:
● “Antrakusuma”
○ Perbaikan penambahan armor
Nisha
● “Lightning Strike”
○ Perbaikan penjelasan skill
Jinno
● “Tusker’s Rage”
○ Perbaikan penjelasan skill
Nala
● “Fatal Whip”
○ Perbaikan penjelasan skill
● “Whipslash”
○ Perbaikan penjelasan skill
H’rtal
● “Moon Gulping”
○ Perbaikan skill: saat musuh terkena skill di tanah akan terkena slow, bukan hanya dari impact pertamanya
Nada
● “Sattwa Guna”
○ Perbaikan penjelasan skill
○ Perbaikan penggunaan skill
○ Pergantian letak informasi Buff pada Skill: sekarang berada di Nada, bukan targetnya
Handaru
● “Benevolence Devotion”
○ Perbaikan penjelasan skill
● “Virtuous Embodiment”
○ Perbaikan indikator skill
Saira
● “Fledgling Courage”
○ Perbaikan Skill
Tara
● “Vengeful Torment”
○ Perbaikan damage pada splash damage
● “Eye for an Eye”
○ Pembaruan pembagian shield: hanya diberikan ke 1 teman dengan persentase darah paling rendah
Rajapatni
● “Panca Vistaka”
○ Perbaikan penjelasan skill
● “Aos Dyah”
○ Perbaikan penjelasan skill
Binara
● “Ghatokbahini”
○ Perbaikan penjelasan skill
El Viento
● “Rudra Blitz”
○ Perbaikan penjelasan skill
Guning
● “Kompeni’s Foe”
○ Perbaikan pengurangan damage
Nio
● “Tenacity Resilience”
○ Perbaikan penjelasan skill
Vyana
● “Welcome Aboard”
○ Ksatriya yang tersedot skill akan tetap mendapatkan heal
● “Combo”
○ Serangan ketiga (combo) hanya bisa menarget unit yang terlihat
Fahandro
● “Fahombo Salito”
○ Waktu Skill Recharge bertambah dari 4 detik menjadi 8 detik
○ Waktu Tunggu bertambah dari 2 detik menjadi 4 detik
○ Damage Dash berkurang dari 100/120/140/150/180/200 menjadi 80/90/100/110/120/130
○ Jarak Dash berkurang dari 600 menjadi 400
○ Damage Tambahan (Damage Serangan) dash berkurang dari 120% menjadi 80%
● “Teu Sabölö”
○ Waktu Tunggu bertambah dari 50/45/40 detik menjadi 65/60/55 detik
● “Ono Siga”
○ Kecepatan Serang berkurang dari 10%/20%/30% menjadi 5%/10%/15% per 5/10/15 eliminasi atau membantu Ksatriya
○ Kecepatan Gerak berkurang dari 10%/20%/30% menjadi 5%/10%/15% per 5/10/15 eliminasi atau membantu Ksatriya
Suryavaja
● Base status Attack Growth berkurang dari 18 menjadi 16
● “Beksan Alap-Alap”
○ Perbaikan penjelasan skill (Dhanu)
○ Waktu Tunggu bertambah dari 10/9/8/7/6/5 detik menjadi 13/12/11/10/9/8 detik
● “Prabu Natawirya”
○ Waktu Tunggu bertambah dari 10/9/8/7/6/5 detik menjadi 10/9,5/9/8,5/8/7,5 detik
● “Cakra Byuha”
○ Radius skill base dan (Dhanu) berkurang dari 300 menjadi 250
○ Radius skill (Wulung) berkurang dari 400 menjadi 350
○ Waktu Tunggu bertambah dari 40/35/30 detik menjadi 50/45/40 detik
● “Dhemit Jejemblungan”
○ Silence (Dhanu) berkurang dari 2 detik menjadi 1 detik
Mavell
● “Mritansanjivan”
○ Slashing Bhasvara: Damage Tambahan meningkat dari 80% menjadi 120%
○ Candor of Patala: Damage Tambahan meningkat dari 80% menjadi 100%
○ Hiranyavarna Lawbringer: Damage Tambahan meningkat dari 80% menjadi 100%
○ Gada of Benevolence: Damage Tambahan meningkat dari 80% menjadi 100%
● “Chatvaari Hiranyabahu”
○ HP Regen bertambah dari 150 (+3% dari Max HP) menjadi 150 (+4% dari Max HP)
○ Slashing Basvara: Status Damage Serangan bertambah dari 20% menjadi 30%
○ Candor of Patala: Status Kecepatan Serangan bertambah dari 20% menjadi 30%, dan mengubah Jarak Serangan sejauh 400 Unit
○ Hiranyavarna Lawbringer: Status Armor dan Magic Defense bertambah dari 20% menjadi 30%
Myluta
● “Siren’s Song”
○ Durasi Charm berkurang dari 1,5 detik menjadi 1 detik
○ Waktu Tunggu bertambah dari 12/11,5/10,5/10/9,5 detik menjadi 15/14//13/12/11/10 detik
○ Range bertambah dari 500 menjadi 550
Ma’esh
● “Spiteful Chain”
○ Penambahan keterangan silence
● “Tejobhiru”
○ Perbaikan Damage saat skill berlansung: damage hanya diberikan sebesar 30% sebelum sampai area yang ditentukan
● “Anahata”
○ Mengubah 1 Prana menjadi HP: menambahkan dari 1,5 menjadi 2
Khage
● “Adhisthana Amrta”
○ Penempatan Maks. Skill bertambah dari 3 menjadi 5
○ Waktu Tunggu berkurang dari 10/9,6/9,2/8,8/8,4/8 detik menjadi 10/9,5/9/8,5/8/7,5 detik
● “Raktapaksa”
○ Waktu Tunggu berkurang dari 15/14,5/14/13,5/13/12,5 detik menjadi 12/11,5/11/10,5/10/9,5 detik
○ Perbaikan bug (stop) saat terbang
○ Damage Tambahan (Ability Power) meningkat dari 70% menjadi 80%
● “Anavastha Triloka”
○ Durasi ledakan berkurang dari 3,75 detik menjadi 3 detik
○ Damage Tambahan (Ability Power) meningkat dari 80% menjadi 100%
● “Khagesvara”
○ Perbaikan penjelasan skill
○ Durasi bertambah dari 2 detik menjadi 3 detik
Tarja
● “Chandra Ajna”
○ Waktu Recharge berkurang dari 6 detik menjadi 4 detik
○ Waktu Tunggu berkurang dari 2 detik menjadi 1 detik
● “Jagadnata”
○ Slow bertambah dari 30% menjadi 40%
● “Pranya Pratima”
○ Waktu Tunggu berkurang dari 65/60/55 detik menjadi 60/55/50 detik
● “Svabava Laksana”
○ Pengurangan Magic Defense berkurang dari -10/-15/-20/-25 menjadi -10/-20/-30/-40
○ Perbaikan penjelasan skill
Neera
● “Loyal Apsara”
○ Heal bertambah dari 30/40/50/60/70/80 menjadi 50/60/70/80/90/100
● “Amiable Embrance”
○ Perbaikan penjelasan skill
Haya
● “Kamsa’s Blessing”
○ Jarak untuk mengaktifkan skill bertambah dari 300 menjadi 400
Nanjan
● “Riwut Ngayo”
○ Damage Tambahan (Damage Serangan) meningkat dari 60% menjadi 80%
○ (Dekat) Durasi pengurangan Kecepatan Serang bertambah dari 2 detik menjadi 3 detik
○ (Jauh) Durasi slow bertambah dari 2 detik menjadi 3 detik
○ Menukar skill ikon antara yang jauh dan dekat
● “Nyiwui Luta”
○ Tick interval berkurang dari 1 menjadi 0,8
○ Damage Tambahan (Damage Serangan) meningkat dari 60% menjadi 80%
● “Kadaras Riwut”
○ Pembaruan: sekarang memberikan Damage Tambahan saat aktif
○ Range bertambah dari 300 menjadi 400
Amurva
● “Dignified Demeanor”
○ Durasi Kecepatan Serang bertambah dari 3 detik menjadi 4 detik
● “Amurvabhumi”
○ Grace time bertambah dari 6 detik menjadi 8 detik
○ Range bertambah dari 500 menjadi 550
Lando
● “Sakai Ambu”
○ Kecepatan Serang berkurang dari 10/15/20/25/30/35 menjadi 5/10/15/20/25/30
○ Waktu Tunggu bertambah dari 10 detik menjadi 12 detik
● “Ambu Kina”
○ Damage Base Magic berkurang dari 25 menjadi 15
○ Persentase Damage Tambahan berkurang dari 25% menjadi 10%
Shinta
● “Shinta’s Ignition”
○ Waktu Tunggu berkurang dari 15/14/13/12/11/10 detik menjadi 12/11/10/9/8/7 detik
● “Mithila Cannon”
○ Damage Tambahan (Ability Power) meningkat dari 100% menjadi 120%
○ Waktu Tunggu berkurang dari 70/65/60 detik menjadi 70/60/50 detik
● “Eroded Heart”
○ Perolehan rage bertambah dari 5 rage menjadi 10 rage ketika terkena skill 1 dan 2
○ Durasi Yaksha bertambah dari 15 detik menjadi 20 detik
○ Damage shock base bertambah dari 30 menjadi 45
○ Ability Power bertambah dari 100 menjadi 250
○ Perubahan deskripsi skill
Skar
● “Fire Rush”
○ Durasi stun berkurang dari 2 detik menjadi 1 detik
○ Waktu Tunggu bertambah dari 50/45/40 detik menjadi 60/50/40 detik
○ Perbaikan growth damage saat skill ditekan lama
T’pala
● “Maha Patana”
○ Perbaikan perubahan Kecepatan Serang menjadi Damage Serangan
○ 1% perubahan Kecepatan Serang dari 3 Damage Serangan menjadi 5 Damage Serangan
○ Crit Chance bertambah dari 15% menjadi 20%
Kanta
● “Combo”
○ Penghapusan jarak serangan pada combo
○ Combo ketiga hanya Blink
Untuk informasi Lokapala yang lengkap dan terkini, silahkan kunjungi kanal media @lokapala_moba
Upcoming Tournament | Lihat Semua > | |
---|---|---|
Belum ada event
|
Ongoing Tournament | Lihat Semua > | |
---|---|---|
Belum ada event
|
Video Pilihan | ||
---|---|---|
|