IES Ligagame

Alasan Yi Sun-shin Jadi Calon Hyper Carry Rebutan di MPL Season 6!

Billy Rifki
29/07/2020 14:14 WIB
Alasan Yi Sun-shin Jadi Calon Hyper Carry Rebutan di MPL Season 6!
Esports.ID

Sejak revamp yang diterima Yi Sun-shin beberapa waktu lalu, hero kombinasi marksman-assassin ini diproyeksikan bakal jadi meta karena kekuatannya mengerikan. Kemampuannya bergonta-ganti mode serangan jadi kunci menghabisi musuh.

Tak cuma itu, YSS punya banyak kemampuan unik seperti Mountain Shocker yang bisa jadi "maphack" untuk mendeteksi lokasi musuh. Atau seluncuran ikoniknya, Turtle Ship, menyediakan movement speed plus stunan tambahan, mempermudah pergerakan YSS saat farming atau gank.

KENAPA YI SUN-SHIN JADI META?

Seperti pernah disebutkan oleh Esports.ID pada artikel hyper carry sebelumnya, season 17 Mobile Legends bakal di dominasi oleh assassin. Meski marksman masih menjanjikan dengan damage late gamenya, kemampuan bertahan hidup di early dan mid game yang jadi problema.

MM cenderung bergerak lebih lambat dari assassin dan mudah dieliminasi ketika terkena inisasi lawan. Disitulah letak kekuatan YSS. Traceless, skill satunya memberikan efek imunitas dari crowd control plus damage reduction.

Artinya, ia bisa menghindari dari Tyrant's Revenge Khufra atau kombo Perfect Match-Fatal Links dari Atlas. MM yang mandiri dan tak ribet ketika diserang tentunya mempermudah tugas support dan tank. Mereka tak harus khawatir ketika sang hyper carry maju-maju sendiri atau terkena sergapan tiba-tiba.

Bagaimana dengan damagenya? Bukan rahasia kalau MM selalu punya kerusakan tersakit, pun dengan YSS. Heavenly Vow, kemampuan pasifnya menyertakan efek auto critical hit usai YSS berganti mode serangan ranged ke melee atau sebaliknya.

Keuntungan dari pasif ini membuat YSS lawan mengerikan bagi assassin. YSS unggul damage ketika menyerang dari dekat, kemudian menjauh dan mendapat buff weapon mastery untuk mengaktifkan criticalnya kembali.

YSS hampir tak punya sisi lemah, termasuk saat fase laning. Blood Floods memungkinkan ia melakukan harras sekaligus clear wave dalam satu tarikan panah atau tebasan pedang. Skill ini juga mengaktifkan weapon masterynya.

MULAI META

Di ajang Mytel International Championship, kita bisa melihat mulai banyak YSS digunakan sebagai hyper carry. Beberapa tim yang menggunakan jasa sang laksamana lautan ini diantaranya Geek Fam ID dan RRQ Sena.

Untuk public match sendiri, YSS mulai merangsek ke popularitas utamanya karena Ling dan Claude masih jadi sasaran ban. Walau belakangan, lebih banyak player menghilangkan support atau sidelaner macam Uranus, Esmeralda dan Luo Yi.

Bukan kejutan kalau di MPL Season 6 nanti YSS bakal jadi rebutan first pick karena kemampuannya yang komplit.

Bagaimana pendapat Sobat Esports soal Yi Sun-shin? Apakah ia bakal jadi meta?