Katanya Hero Fighter Terkuat Saat Ini, Sebagus Apa Sih Sun Revamp?

Billy Rifki
01/07/2021 16:53 WIB
Katanya Hero Fighter Terkuat Saat Ini, Sebagus Apa Sih Sun Revamp?
esports.id

Di patch Mobile Legends saat ini, ada beberapa hero yang mendapatkan revamp atau perubahan skill. Misalnya Karina dan Alpha yang dinilai makin bagus setelah di revamp. Namun, ada satu hero lain yang merangkak populer setelah di revamp. Ia adalah Sun, si monyet yang mampu membelah diri.

Sebenarnya tak banyak revamp yang diberikan untuk Sun melainkan penambahan skill Swift Exchange. Dengan skill ini, Sun sekarang bisa memiliki 4 jurus untuk digunakan, namun Swift Exchange membagi cooldown dengan skill lainnya yakni Endless Variety.

Kedua skill ini sejatinya sama, bedanya kalau Endless Variety melemparkan tongkat untuk jadi doppelganger, Swift Exchange akan melemparkan tubuh Sun yang asli dan meninggalkan ilusi di tempat ia berdiri sebelumnya.

Apakah cuma karena skill ini Sun jadi populer?

Pertama, kita harus mengetahui dulu apa kelemahan Sun di patch sebelumnya. Sebagai hero fighter, Sun terbilang lemah dalam laning karena tak punya damage mengagumkan di awal game. Ia sangat bergantung pada item dan kadang, mengumpulkan item tersebut memakan waktu sangat lama.

Tak seperti fighter lain yang bisa mendominasi laning dan early game dengan baik macam Lapu-lapu, Yu Zhong bahkan Alpha sekalipun, Sun harus sabar karena sebelumnya ia tak punya skill melarikan diri.

Dengan kehadiran Swift Exchange, Sun bisa lebih berani ketika musuh mengintai karena punya escape mechanisme yang baik. Namun, kabur bukanlah attribute yang membuat fighter ditakuti saat laning. Swift Exchange juga bisa digunakan untuk poke musuh secara berkala.

Bila dulu Sun cuma mengandalkan Endless Variety untuk mencicil minion dan sesekali hero musuh, sekarang, Sun bisa lebih agresif dengan melemparkan dirinya ke arah musuh memakain Swift Exchange dan memberikan beberapa pukulan.

Kelemahan lain Sun adalah ketiadaan skill yang bisa mendekatkan dirinya untuk menyerang musuh. Ia sangat bergantung pada Instantaneous Move untuk merapat, setelah itu musuh bisa kabur memakai Flicker atau skill blink. Skenario itu tidak akan terjadi lagi dengan kehadiran Swift Exchange karena Sun bisa mengejar musuh dua kali mengandalkan skill dua dan tiganya.

SWIFT EXCHANGE MENGUBAH GAYA MAIN SUN

Bukankah malah berbahaya bila Sun melemparkan dirinya ke musuh? Sebenarnya, Sun malah lebih rawan dicicil musuh dari jauh karena mereka dalam posisi menjaga jarak agar tidak dipukul Sun.

Sun punya pasif Simian God, yang bisa memberikan heal bila "bunshin-nya" memberikan damage. Plus, Sun juga memberikan pengurangan physcial defense kepada musuh. Artinya, Sun lebih diuntungkan bila didekat musuh terus menerus ketimbang jauh-jauhan dan tercicil dari jauh.



Keunggulan lain dari Sun revamp adalah kemampuannya mengambil objektif seperti Lord, turtle dan turret dengan cepat. Tanpa memiliki spell retribution dan item jungle, Sun termasuk hero istimewa yang bisa membunuh Lord dan turret yang masih ada protection seorang diri.

Ini menguntungkan bagi tim yang gemar bermain agresif dan terus menekan lane musuh. Karena jungler bisa secara konstan mencari mangsa sementara tugas objektif diserahkan kepada Sun.

SUN FIGHTER TERKUAT DI LATE GAME?

Sun di late game adalah monster mengerikan. Ia bisa melumat hero-hero tanky dengan mudah karena pasifnya. Hero seperti Uranus, Esmeralda bahkan fighter yang dikenal sustain pun akan berpikir dua kali bila ingin melawan Sun.

Seperti disebutkan sebelumnya, ia juga handal soal urusan jebol-menjebol turret atau nge-Lord sendirian. Tak heran, hero ini makin banyak digunakan di tier Epic sampai Mythic sekalipun.

Satu lagi yang membuat Sun makin kuat adalah item baru, War Axe. Efek yang diberikan senjata ini bersinergi baik dengan Sun yang mengumpulkan kekuatan sejatinya lewat tumpukan dps. Sun mendapat tambahan pyshical attack dan penetration plus movement speed ketika stack dari War Axe terisi penuh.

Menurutmu, apakah Sun revamp lebih bagus atau biasa saja?