Esports

Penonton MPL PH S11 Naik Dibanding Tahun Sebelumnya

Mallasak
11/05/2023 14:41 WIB
Penonton MPL PH S11 Naik Dibanding Tahun Sebelumnya
MPL PH Season 11

Mobile Legends: Bang Bang Professional League (MPL) Filipina (PH) Season 11 baru saja usai pada (07/05/2023). Menurut data Esports Chart terjadi peningkatan jumlah penonton pada MPL tahun ini bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Sayangnya, capaian tersebut tidak berbanding lurus dengan data penyerta lain itu. Karena, terdapat penurunan dalam segi rata-rata penonton, jumlah total jam menonton dan waktu tayang secara keseluruhan.

Menurut Esports Charts, MPL Filipina Season 11 berhasil menarik 996.000 penonton dan 18,2 juta total jam menonton, serta rata-rata lebih dari 108.000 pemirsa yang telah menonton turnamen bergengsi di negara tersebut. Kemudian, pada MPL Filipina Season 10 jumlah penonton mencapai 829 312, sedangkan rata-rata penonton 146 113 dan total durasi jam menonton sebesar 26,1 juta.

Sumber: Esports Charts

MPL Filipina sendiri merupakan liga regional waralaba profesional di Mobile Legends: Bang Bang (MLBB), MOBA seluler yang dikembangkan oleh Moonton dan sangat populer di Asia Tenggara. Liga ini merupakan bagian dari trio asli liga MPL, bersama dengan Indonesia dan Malaysia/Singapura.

Pada bagian lain, turnamen MPL Filipina Season 11 sendiri masih berkinerja baik. Karena, saat ini merupakan acara MLBB ketiga yang paling banyak ditonton pada tahun ini, setelah Kejuaraan Dunia M4 dan MPL Indonesia Season 11.

Selain itu, pada saat turnamen tersebut berlangsung sejumlah besar streamer asal Indonesia juga melakukan co-stream playoff acara, sehingga dapat meningkatkan jumlah penonton. Beberapa streamer Indonesia yang menyiarkan turnamen tersebut diantaranya Mirko, Marsha Ozawa, Ryan KB.

Perlu diketahui, Echo Esports berhasil keluar menjadi juara pada ajang MPL Filipina Season 11 tersebut setelah mengalahkan Blacklist Internasional secara telak dengan skor 4-0. Dengan begitu maka Echo sukses mengumpulkan dua trofi bergengsi yaitu M4 Worlds yang berlokasi di Jakarta, Indonesia dan MPL Filipina.

Meski kalah, Blacklist International tetap berhak untuk mendapatkan tiket ke MSC 2023 yang Rencananya akan berlangsung di Kamboja dan digelar pada 10-18 Juni mendatang.