Esports

7 Momen Terbaik Esports Tanah Air di Tahun 2020

Billy Rifki
24/12/2020 14:53 WIB
7 Momen Terbaik Esports Tanah Air di Tahun 2020
Esports.ID

2020 akan segera berakhir. Tahun yang dipenuhi kegundahan akibat pandemi nyatanya tak buat esports kehilangan pamornya. Sebagai satu-satunya event olahraga yang masih berlanjut di masa sulit, banyak momen-momen magis tercipta dari ranah kompetisi digital tanah air.

Apa saja sih momen-momen esports terbaik di tahun 2020? Berikut Esports.ID pilihkan 7 momen esports terbaik tanah air versi Esports.ID!

Yamisok Nobar

- BIGETRON RA JUARA PMPL SEA

Skuad alien PUBG Mobile Indonesia berhasil melengkapi trofi juara mereka di PMPL SEA 2020 di bulan Oktober. Bukan turnamen yang mudah untuk Zuxxy cs, mereka sempat terseok di hari pertama menduduki peringkat 5 global leaderboard hingga terjadi cekcok. Namun, gaya bertanding mereka seolah berubah drastis memasuki 5 ronde terakhir.

Bigetron RA mencetak 3 chicken dinner di hari ketiga PMPL SEA Finals, mengakhiri kompetisi tersebut dengan total skor 197 poin sekaligus menjadikan mereka sang juara. Ini merupakan trofi incaran Bigetron RA setelah mereka gagal menjuarai PMPL SEA Spring Split di awal tahun.

Bigetron RA saat ini sedang berjuang di PMGC dan bersaing ketat dengan tim 4AM. Mampukah mereka menutup akhir tahun dengan prestasi?

- TAK DIUNGGULKAN, ONIC OLYMPUS JUARA FFIM 2020 SPRING

Nama-nama besar di Free Fire Indonesia tak mampu mengangkat trofi FFIM 2020 Spring. RRQ Hades, Dranix bahkan EVOS bisa dikalahkan oleh non-unggulan yang bahkan ragu bisa jadi juara. Ialah ONIC OLYMPUS.

Bagaimana tidak, mereka sempat bertengger di peringkat 11 klasemen dari 12 peserta. Tim berlogo landak kuning sukses meraup 1370 poin, terbanyak dari semua tim usai mendapatkan dua kali booyah di game kedua dan ronde terakhir.

Diakui oleh ONIC Olympus, keraguan mereka karena takut kalah melawan musuh kuat seperti EVOS dan Dranix. "Kita ngga terlalu yakin juga sih, soalnya lihat lawannya pun berkelas, sudah pernah di atas semua. Tapi kita mau buktikan aja kalau kita bisa. Tapi kita juga beruntung," tutur sang kapten Deadly kepada Esports.ID usai turnamen.

Kemenangan ini menghadiahkan ONIC uang pembinaan senilai 350 juta Rupiah serta tiket ke Free Fire World Series.

- EVOS LEGENDS GAGAL JEGAL RRQ JADI JUARA MPL SEASON 5

Rivalitas MPL Indonesia selalu lekat dengan RRQ dan EVOS. Kedua tim sudah bersaing sejak MPL pertama dan makin panas setiap musimnya. Sampai EVOS Legends berhasil juara di season 4, dilengkapi dengan trofi piala dunia M1.

RRQ Hoshi tak mau hilang muka. Mereka membalas di final MPL Season 5 dengan pertarungan dramatis demi gelar juara. Skor 3-2 menutup laga terakhir MPL Season 5, sekaligus menjadikan RRQ tim pertama yang menjuarai MPL dua kali.

- COMEBACK PALING DRAMATIS DI MPL SEASON 6

RRQ tak pernah lepas dari unsur dramatis. Mereka menyentuh final MPL ketiga mereka di season 6. Kali ini, bukan EVOS Legends yang jadi lawan namun Alter Ego.

Sempat tertinggal di match pertama best of five, RRQ membalas di game dua dan tiga. AE menyamakan perolehan poin di game 4 akibat kelengahan RRQ melepas Yu Zhong andalan pilar AE, Ahmad.

Sampailah di game terakhir di mana momen MPL tergila sejauh ini terjadi. RRQ mengungguli AE cukup signifikan. Mereka bahkan berhasil meruntuhkan semua turret dan menyisakan base saja di pertahanan AE.

Namun, AE tak niat menyerah. Mereka perlahan bangkit bahkan hampir memenangkan pertandingan andai VYN dan Alberttt tak melakukan upaya bertahan gila-gilaan. Momen paling menegangkan ini diakui jadi tontonan final terbaik sepanjang sejarah MPL.

Upaya keras RRQ berbuah trofi ketiga mereka di MPL, dan pertama kali ada tim yang melakukannya back to back.

- RIZKY FAIDAN SAMPAI MENANGIS JADI JUARA SEASON PERDANA IFEL

Rizky Faidan dikenal sebagai atlet PES papan atas Indonesia. Kemampuannya disegani tak cuma dikanah nasional bahkan runner up PES dunia ini juga diakui di mata dunia.

Namun, ada yang unik digelaran IFEL Season pertama. Meski Faidan sudah sering masuk final, laga ini rasanya sangat mengharukan sampai ia meneteskan air mata usai pertandingan. Ternyata, Faidan mengaku sangat kesulitan bermain menggunakan tim dari Liga 1 di PES karena statistik pemain yang kurang mumpuni.

"Pertama emang emosi. Kalau boleh jujur, skornya PSS itu di bawah rata-ratalah daripada pesaing lainnya, jadi kalau saya tadi nonjok properti itu karena kesel banyak kesalahan yang ngga perlu padahal saya ngga lakuin apa-apa," tuturnya.

Terlepas dari itu, Faidan menunjukan kalau ia tetap wonderkid PES Indonesia dan layak dijuluki sebagai yang terbaik saat ini,

- LAHIRNYA ATLET ESPORTS HASIL AJANG PENCARIAN BAKAT PERTAMA DI INDONESIA

Ajang pencarian bakat terbilang unik untuk esports. Biasanya, player muncul dari antah berantah lewat kerja keras dan dedikasi dalam kurun waktu lama sampai berhasil menembus pro scene.

Namun, tahun ini ada Esports Star Indonesia, audisi untuk mencari pemain esports lewat penjurian di salah satu stasiun TV swasta. Acara ini sudah berakhir 7 Desember lalu dan dimenangkan oleh Blue Rhinos yang mengalahkan Red Tigers.

Salah satu pemain dari Blue Rhinos dinobatkan sebagai MVP dan berhasil dikontrak oleh tim esports besar RRQ Hoshi. Acara seperti ini jadi momen unik untuk industri esports tanah air, karena bukan cuma sekedar menjalankan turnamen, namun ada sisi hiburan berupa drama, persaingan dan melatih atlet esports untuk jadi bintang.

- ESPORTS DISAHKAN SEBAGAI OLAHRAGA PRESTASI OLEH KONI

Hal paling membanggakan di 2020 adalah pengakuan dari lembaga pemerintah kalau esports sudah resmi jadi cabang olahraga prestasi. KONI mengetok palu pengesahan ini pada rapat kerja nasional di bulan Agustus.

Salah satu keuntungan dari keputusan ini adalah pemerintah bisa campur tangan lebih intens untuk mengembangkan industri ini lewat berbagai dukungan anggaran serta event-event yang mereka agendakan.

Salah satunya di PON 2024 nanti yang sedang diupayakan oleh Menpora untuk memasukan cabor esports dalam salah satu kegiatannya.

Itu dia beberapa momen menarik yang terjadi sepanjang tahun 2020. Tidak semua momen hebat bisa masuk daftar ini, tapi kamu bisa sampaikan momen terbaik pilihanmu di kolom komentar dan jangan lupa sertakan alasannya yah.

Mana yang jadi favoritmu?