Kaleidoskop Esports 2020 Part 1

Michael
28/12/2020 14:40 WIB
Kaleidoskop Esports 2020 Part 1
Kaleidoskop Esports 2020

Sepanjang tahun 2020 banyak hal terjadi di dunia esports. Pandemi COVID19 yang melanda hampir seluruh dunia dan aspek kehidupan, memiliki efek positif dan negatif untuk industri esports. Banyaknya event yang tertunda hingga batal memberi kerugian tersendiri untuk para pihak yang berkepentingan, namun di sisi sebaliknya esports menjadi popularitas esports sebagai olahraga digital yang tidak membutuhkan kontak fisik menjadi primadona baru dunia olahraga maupun hiburan. 

Berkaitan dengan hal tersebut Tim Esports ID sudah merangkum kejadian-kejadian penting di dunia esports sepanjang tahun 2020! Apa saja itu? Yuk simak Kaleidoskop Esports Part 1 dari tim redaksional Esports ID!

Januari

IYD Kembali Berpisah dengan BOOM Esports

Di awal tahun 2020, kabar mengejutkan datang dari tim DOTA 2 terkuat Indonesia, BOOM Esports. Usai dinonaktifkan sejak penghujung tahun, akhirnya BOOM Esports mengumumkan pelepasan salah satu pemain terbaiknya, Muhammad "inYourdreaM" Rizky. IYD sendiri akhirnya diketahui pindah ke salah satu organisasi esports ternama asal Korea Selatan, T1. Bersama Jhocam, Black^, Forev dan Xuan, T1 sempat digadang bakal menjadi saingan kuat TNC dan Fnatic dalam perebutan slot TI 2020 region SEA. BOOM Esports sendiri memilih Brizio "Hyde" Adi Putra, untuk melengkapi roster tim DOTA 2.

ZywOo Raih Gelar Pemain CS:GO Terbaik 2019 HLTV

Pemain CS:GO asal tim VitalityMathieu “ZywOo” Herbaut terpilih sebagai pemain terbaik dunia CS:GO tahun 2019. Meski masih berusia 19 tahun, penampilannya sepanjang tahun 2019 berhasil mengungguli para pemain-pemain senior macam dev1ce, EliGe, Magisk hingga peraih penghargaan tahun lalu, s1mple. Ia mengantarkan Vitality meraih gelar cs_summit 4, Esports Championship Series Season 7, dan EPICENTER 2019 ditambah 5 torehan MVP di turnamen-turnamen bergengsi.

Sejak era CS 1.6, HLTV rutin menobatkan 20 pemain CS:GO terbaik di dunia versinya. Total 22 turnamen besar diadakan selama 2019 danbeberapa lainnya yang berskala kecil sebagai bahan perhitungan untuk menganalisa performa pemain. 

BOOM Esports Penguasa Tunggal Predator Leagued dan Julukan “Juara Mall”

Tim BOOM Esports kembali membuktikan dominasinya di ajang Predator League. Torehan gelar ini membuat Dreamocel Cs sukses mempertahankan gelar tiga tahun secara beruntun di ajang Predator League. Meski ditinggal sang mega bintang, IYD, BOOM Esports masih terlalu kuat untuk ditundukkan lawan-lawannya. Di Final, BOOM Esports berhasil pecundangi PG.Barracx dengan skor 2-1. Lucunya kemenangan BOOM Esports di final yang berlangsung di Mall Taman Anggrek tersebut, membuat julukan “Juara Mall” makin melekat di tim berjuluk Hungry Beast ini.

PB Esports Indonesia Resmi Dilantik

Resmi dilantiknya Pengurus Besar Esports Indonesia, awal Januari 2020 menjadi momentum industri esports tanah air. Kehadiran PB ESI sendiri seolah menjadi titik penting perkembangan esports dalam negeri. Masuknya esports sebagai cabang resmi ajang multinasional olahraga seperti SEA Games 2019 dan Asian Games 2022 mendatang membuat pemerintah semakin serius menghadapi persaingan esports di tingkat dunia.

Februari

WAW Esports Bubar, Reza Arap Perkenalkan Morph Team

Kabar mengejutkan datang dari Youtuber sekaligus musisi kenamaan, Reza “Arap” Oktovian. Usai mengistirahatkan WAW Esports, Arap mengumumkan kolaborasinya dengan BUBU.Com mendirikan organisasi esports Morph Team. Arap sendiri memboyong tim PUBG Mobile-nya, dan menambah beberapa divisi esports, seperti Apex Legends, COD Mobile dan Valorant.

Akuisisi Roster CS:GO, BOOM Esports Menatap Dunia!

Impian BOOM Esports untuk membawa nama Indonesia di kancah esports dunia terus menggelora. Di penghujung Februari, BOOM Esports resmi mengakuisisi ex-roster INTZ sebagai divisi CS:GO mereka. Menurut CEO & founder BOOM Esports, Gary Ongko, mereka memiliki berbagai peluang untuk mendapatkan pemain dan membentuk tim dunia. Namun roster ex-INTZ menjadi pilihan terbaiknya. Keputusan yang terbukti benar, sejak direkrut, BOOM Esports memiliki rekor kemenangan 100% diseluruh kompetisi yang mereka ikuti.

DreamHack Open Anaheim, Trophy Perdana BnTeT untuk Gen.G

Tak butuh waktu lama bagi Hansel “BnTeT” Ferdinand unjuk gigi bersama tim barunya Gen.G. BnTeT sukses mengantarkan timnya menjadi juara di turnamen LAN pertama mereka, Dreamhack Open Anaheim. Torehan ini semakin sempurna, karena BnTeT Cs berhasil mencatat raihan tak terkalahkan sepanjang turnamen. Sayangnya pandemic COVID 19 dan hijrahnya dua punggawa mereka ke Valorant membuat tim Gen.G kini harus melupakan ambisinya menjadi tim CS:GO terbaik di dunia.

Gandeng RRQ, Agate Luncurkan Game Simulasi Esports King

Potensi dan popularitas yang terus melangit membuat banyak pihak mulai memandang serius industri esports, tak terkecuali developer sekaligus publisher lokal ternama, Agathe Studio. Berkolaborasi dengan organisasi esports ternama, RRQ, Agathe Studio meluncurkan game simulasi esports bertajuk Esports King. Layaknya di dunia nyata, Esports King menawarkan sebuah pengalaman simulasi sebagai manajer yang membangun dan melatih tim esports untuk bersaing dengan tim esports rancangan pemain lainnya.

Maret

Pandemi COVID Melanda, MPL Season 5 Dilanjutkan Online

Efek Pandemi COVID19 mulai terasa di industri esports tanah air. Liga Mobile Legends terbesar di Indonesia, MPL Season 5 terpaksa harus melanjutkan ketatnya kompetisi secara online. Keputusan ini diambil setelah adanya pemberlakukan Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di DKI Jakarta. Pihak MPL lebih mengutamakan kesehatan pemain dan penonton ketimbang tetap mengadakan event di venue yang bisa membahayakan kesehatan masal.

Gandeng Pevita, GoPay Ajak Gamer Jadi Diri Sendiri!

Nama Pevita Pearce sudah akrab di kalangan pecinta esports. Aktris cantik yang hobi bermain PUBG Mobile ini tertangkap sering main bareng beberapa atlet PUBG Mobile profesional. Melihat kedekatan tersebut, GoPay menggandengnya menggelar kampanye positif untuk gamer di tanah air. Lewat video yang disutradarai Timo Tjahjanto, Pevita mengajak publik untuk menciptakan lingkungan bermain game yang suportif bagi gamers. “Lewat video ini, aku mau mengajak gamers untuk berani main dan menggali potensinya masing-masing,” ujar Pevita.

Kejutan ONIC Olympus di FFIM 2020 Spring

Tim Free Fire ONIC Olympus tampil mengejutkan di ajang Free Fire Indonesia (FFIM) 2020 Spring. Permainan konsisten tim berlambang landak tersebut menjadi kunci penting dalam perebutan gelar FFIM 2020 Spring. "Kita ngga terlalu yakin juga sih, soalnya lihat lawannya pun berkelas, sudah pernah di atas semua. Tapi kita mau buktikan aja kalau kita bisa. Tapi kita juga beruntung," tutur sang kapten Deadly saat diwawancarai tim Esports ID. Sayangnya ONIC Olympus gagal mengulang performa gemilangnya di kualfiikasi FFCS 2020 dan gagal lolos ke babak final.

Mantan Atlet Esports Ericko Lim Bebas dari Penjara

YouTuber sekaligus mantan atlet esports Ericko Lim resmi bebas dari penjara usai mendekam 8-9 bulan lamanya. Ericko Lim dikenal sebagai YouTuber Gaming dan gamer profesional di League of Legends dan sempat masuk dalam timnas League of Legends Asian Games 2018. Ericko Lim sendiri dicokok bulan Juni 2019 setelah kedapatan menggunakan narkoba. Usai menghirup udara bebas, sosok yang dijuluki Soapking ini langsung membuat video permintaan maaf kepada para fansnya sekaligus menceritakan pengalaman pahitnya akibat obat terlarang.

Itu dia Kaleidoskop Esports 2020 Part 1, gimana serukan kilas baliknya? Tunggu Part 2-nya dan tetap baca artikel-artikel menarik dari tim Esports ID ya Sobat Esports!