Esports

Dua Game Tencent Untung Ratusan Juta Dolar Pada Desember 2020

Billy Rifki
13/01/2021 11:41 WIB
Dua Game Tencent Untung Ratusan Juta Dolar Pada Desember 2020
dotesports

Tencent meraup untung besar di akhir tahun 2020. Dengan banyaknya waktu #dirumahaja akibat pandemi yang membuat orang terdorong lebih aktif bermain game, beberapa game andalan mereka mencatatkan pendapatan signifikan.

PUBG Mobile misalnya, mencatatkan pendapatan kotor terbesar di bulan Desember 2020 berdasarkan laporan dari Sensor Tower. Game battle royale ini menghasilkan sekitar $177 juta USD atau 2,4 triliun Rupiah. Angka tersebut naik 7,5% dari Desember 2019.

Yamisok Nobar

Mayoritas pendapatan diraup dari PUBG Mobile versi Cina yakni Game for Peace. Sekitar 56% pendapatan Tencent didapat dari gamer di region Asia. Meski begitu, gamer di Amerika Serikat juga cukup royal dalam menggunakan uangnya secara region ini jadi wilayah kedua yang menyumbang pendapatan bagi Tencent sekitar 9,6%.

PUBG Mobile atau Game for Peace cuma tumbang oleh sesama produk Tencent yakni Honor of Kings. Meski MOBA satu ini cuma tersedia di wilayah Cina dan Taiwan, kenyataannya keuntungan game ini naik 58% dari tahun sebelumnya dengan nilai sebesar $258 juta USD atau sekitar 3,6 triliun Rupiah.

Popularitas kedua game di berbagai negara nampaknya makin menguat dengan bukti besarnya pendapatan yang didapat Tencent di tahun 2020. Meski begitu, Tencent masih risau dengan aktivitas kompetitor. Garena dengan Free Fire misalnya, sampai berkolaborasi dengan banyak figur terkenal seperti Cristiano Ronaldo. Hasilnya, Free Fire berhasil masuk ke peringkat-9 game dengan pendapatan tertinggi di Desember 2020.

Gokil banget Tencent yah, pantesan prizepool turnamennya aja besar, ternyata keuntungannya juga ngga kalah besar sobat Esports.