Eksibisi PON Esports

Rahasia Sukses Genesis Dogma, Dari Tim Komunitas Jadi Juara PMPL

Billy Rifki
29/09/2021 13:35 WIB
Rahasia Sukses Genesis Dogma, Dari Tim Komunitas Jadi Juara PMPL
esports interview

Dalam press conference PUBG Mobile Jawara Community Cup yang diselenggarakan Selasa lalu (27/9), turut hadir juara PMPL Indonesia Season 4, Genesis Dogma. Selain memperkenalkan program baru untuk mengembangkan komunitas PUBGM di daerah, Genesis Dogma berkenan menjawab pertanyaan dari awak media.

Sebagai contoh sukses tim komunitas yang berhasil mengikuti turnamen PUBGM tingkat nasional bahkan jadi juara dan akan mewakili bangsa di ajang internasional, ternyata ada rahasia khusus dari Genesis Dogma agar tim komunitas bisa melalui tahapan-tahapan menjadi tim profesional.

Yamisok Nobar

Diungkap oleh Star mewakili rekannya Booms, DayboT dan NiciL, salah satu aspek penting dari tim komunitas adalah managerial terutama untuk menentukan jadwal turnamen yang harus mereka ikuti. Banyak tim yang mencoba berjalan sendiri tanpa manajer dan akhirnya kebingungan menentukan prioritas tim bahkan sulit menjalankan latihan.

Harus ada manager yang tepat buat mereka. (sejauh ini di dalam tim) Ada kapten, player 3 orang, tapi mereka enggak tahu jalur ke official (turnamen) kayak gimana. Karena kemarin itu kita ada manajer komunitas Genesis Dogma, semua pemain itu tidak pusing. Dan bisa lah kita sampai di titik ini karena berkat dia juga.” ucapnya.

Banyak tim komunitas yang meremehkan peran manajer, padahal tugas manajer sangat penting untuk membantu urusan administrasi dan jadwal-jadwal tim agar tertata rapih. Pemain tak perlu lagi membagi fokus mereka untuk berlatih dan berkompetisi dengan hal-hal teknis seperti pendaftaran turnamen, menentukan jadwal latihan dan lain-lain.

Satu hal yang perlu ditanamkan adalah tim komunitas harus memiliki visi yang sama. Seperti punggawa Genesis Dogma yang ingin jadi juara dunia, mereka pun bersikeras untuk menggapai tujuan tersebut.

Mereka mengatakan menjadi juara di PMPL ID Season 4 tak membuat rasa lapar mereka untuk jadi yang terbaik hilang. Malah, juara nasional bukanlah target yang diincar Genesis Dogma melainkan juara dunia.

" Kalau dari kita sih kalau perasaan puas kita belum, target kita masih jauh untuk juara dunia. Target kita bukan mau juara nasional kita mau juara dunia. Kita mau buktikan ke orang-orang kalau kita bisa lebih dari yang kemarin" 

Patut dinanti kiprah Genesis Dogma di PMPL SEA nanti. Mampukah tim komunitas ini membuktikan diri jadi juara dunia?