Meski Berlangsung Online, Turnamen SWC2020 Berakhir dengan Sukses!

Rendy Lim
25/11/2020 13:58 WIB
Meski Berlangsung Online, Turnamen SWC2020 Berakhir dengan Sukses!
Selamat untuk para juaranya yah!

Tahun keempat Summoners War World Arena Championsip harus berlangsung online karena pandemi Covid-19. Namun, antusias para fans dan pemain tampak tidak pudar, bahkan secara keseluruhan, kompetisi tahunan ini berjalan memuaskan. Hal senada diumumkan CEO Com2uS James Song bahwa final dunia SWC2020 yang diadakan Com2uS dan dipersembahkan oleh Google Play telah berakhir dengan sukses.

SWC2020 disiarkan secara langsung dalam 15 bahasa yang berbeda melalui platform YouTube, Twitch, Naver Sports, dan berbagai channel online. Berawal dari bulan Agustus kemarin, final dunia SWC2020 berhasil dimenangkan oleh MR.CHUNG dari Hong Kong. 

Source: Summoners War Website

Pada babak final kemarin, SWC2020 berhasil mencatat total 1,3 juta view dengan jumlah concurrent view mencapai 250.000. Sebanyak 2,25 juta view berhasil dicapai dalam satu hari setelah turnamen berakhir, hal ini menunjukkan performa yang lebih baik dibanding tahun sebelumnya. 

Walau berlangsung secara online, partisipasi dan dukungan luar biasa ditunjukkan oleh semua peserta. Sepanjang turnamen, video dukungan dan berbagai ilustrasi yang dibuat oleh para fans ditampilkan untuk mendukung pemain secara langsung. 

Enam orang caster global juga turut memeriahkan SWC2020 dengan team match 3vs3. Tim DARK yang berisi caster dari Prancis, Jepang dan Thailand berhasil menang 2-1 melawan LIGHT yang berisi caster dari AS, Korea, dan Taiwan. 

Summoners War YouTube

Final dunia menggunakan metode sistem gugur dimana delapan pemain dipilih dari piala regional. L'EST (juara dunia SWC2019) dan VIILYPYTTY (juara Europe Cup) dianggap sebagai kandidat terkuat malah gugur di babak perempat final dan semifinal. CHARMI dari Korea juga gagal maju ke babak final setelah kalah dari MR.CHUNG, sang juara Asia-Pacific Cup. 

Di babak final, GAIA dari Taiwan dan MR.CHUNG bertanding memperebutkan juara dunia. Berlangsung dengan ketat, MR.CHUNG akhirnya berhasil memenangkan laga sengit tersebut dan membawa pulang hadiah sebesar 100.000 USD.

 Com2uS telah mengadakan Final Dunia SWC di Los Angeles (AS) pada tahun 2017, Seoul (Korea) di 2018, dan Paris (Prancis) pada 2019 kemarin. Tahun ini, semua pertandingan diadakan secara online dengan event tambahan untuk para pemain. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, apakah kamu menyaksikan keseruan saat grand final kemarin?