Tekken Fight Pass, Update Terbaru Kontroversial Tingkatkan Monetisasi dalam Game

Aldodanoza
04/04/2024 16:15 WIB
Tekken Fight Pass, Update Terbaru Kontroversial Tingkatkan Monetisasi dalam Game

Katsuhiro Harada lagi-lagi memberikan update kontroversial yang amat mungkin sebagai tamparan keras bagi pencinta game Tekken. Sebelumnya, Tekken 7 memperkenalkan Season Pass serta karakter DLC yang membuat game tersebut menjadi game yang tidak lengkap dan rilis secara setengah-setengah. Namun pada 2024 ini, Harada memperkenalkan Tekken Fight Pass, yang bahkan memberikan efek monetisasi di game yang dari awal sudah berbayar dengan harga fantastis.

Teknik monetisasi yang nyeleneh ini, bagi sebagian pemain single player maupun multiplayer yang bayar di awal akan menjadi sebuah tamparan yang mana mereka harus merogoh kocek lebih dalam setiap musimnya demi bisa melengkapi konten yang ada di Tekken 8. Apalagi dengan kehadiran Season Pass serta DLC karakter setiap kuartal tahun, membuat Tekken 8 ini bisa menyedot uang pemainnya hingga jutaan rupiah untuk melengkapi konten.

Meski Tekken Fight Pass ada versi gratis dan premium, namun konten yang diberikan pun akan lebih sedikit dan akan menjadi sebuah hal yang disebut sebagai paywall. Tekken Fight Pass ini mirip seperti Battle Pass yang rilis di beberapa game F2P, dan bahkan terinspirasi dari Street Fighter 6. Menyelesaikan misi demi bisa menaikkan level Pass serta mendapatkan konten dari musim ke musim.

Menyebalkan, namun bukan berarti Bandai Namco ingin pemainnya merogoh kocek lebih dalam hanya untuk Tekken Fight Pass ini. Konten yang diberikan pun tidak sebanyak yang ada di Season Pass seperti karakter baru, dan bahkan beberapa konten di antaranya merupakan sebuah kosmetik yang tidak berpengaruh dalam skena kompetitif, maupun permainan kasual online multiplayer.

Tekken Fight Pass ini bisa menjadi sebuah alternatif bagi kamu yang ingin tampil ala fashionable dengan baju serta pose yang unik, serta di lain hal bila kamu yang ingin melengkapi karakter di Tekken 8 bisa langsung membeli Season Pass maupun DLC karakter secara individu tanpa menyentuh update kontroversial ini. Apakah kamu salah satu pemain Tekken 8 yang kesal dengan update ini?