Mau Jago Main di Map Split Valorant? Yuk Simak Tips Ini

Dandesignlab
29/03/2022 10:51 WIB
Mau Jago Main di Map Split Valorant? Yuk Simak Tips Ini
Esportsid

Peta Split merupakan medan perang di Valorant yang cenderung mengandalkan area Mid untuk dapat mencapai menara di setiap situs, memasang Spike dengan cepat ketika area tersebut berhasil dikendalikan. Pada peta ini, pihak Defender memiliki sedikit keunggulan dimana mereka dapat berotasi dengan cepat dan memblokir akses area mid menggunakan Barrier Orb dari Agent Sentinel, Sage. 

Selain menjadi peta yang penuh tipu daya, peta ini cukup menjadi andalan beberapa tim profesional di turnamen pro Valorant meskipun kemunculannya sangat sedikit ketimbang Icebox, Fracture & Bind. Nah, pada artikel kali ini tim Esports ID akan memberikan sejumlah panduan bermain di Split untuk sobat pelajari agar dapat mendominasi di mode competitive! penasaran apa saja? mari kita simak,

Tata Letak Peta

Sebelum mengetahui peta Split secara detil, hal yang harus dipelajari terlebih dahulu adalah mengetahui tata letak dan info dasar mengenai peta tersebut.

Situs A di Split

Split memiliki dua opsi penyerangan sebagai pihak Attacker untuk dapat mendobrak situs A. Pada umumnya, mereka dapat masuk ke wilayah dibawah Catwalk dan Heaven, atau menaiki Ramp ke Tower yang menghadap ke terminal. Jika penyerang berhasil mengambil alih Tower pada situs ini, mereka akan mendapatkan lebih banyak visibilitas dan kendali atas situs A secara menyeluruh. Namun, wilayah ini merupakan posisi yang sangat rentan jika terdapat pengintai dibelakang Tower atau pihak defender yang berotasi cepat dari Mid/Vents. Sebagai Attacker, menjaga pemain di area Tower/Ramp pasca penanaman Spike adalah langkah yang sangat direkomendasikan untuk mengejar atau mengunci pemain Defender. 

Dan jika sobat berada dipihak Defender, melontarkan Smoke dititik utama situs A dapat mencegah pihak Attacker mendobrak situs dengan cepat dan memberi sedikit ruang untuk menempati beberapa sudut yang ideal untuk mengcounter lawan. Titik sudut yang memiliki posisi paling nyaman diantara lain adalah Catwalk, Heaven, dan Screen apabila sobat menggunakan Operator atau Tour de Force dari Chamber.

Situs B di Split

Pada situs ini, Attacker dapat menyerang dengan cepat jika mereka masuk melalui lorong utama. Namun, opsi lainnya juga dapat dilakukan dengan cara memukul keras area Mid untuk menguasai wilayah Tower di situs B. Hal yang perlu diperhatikan ketika menyerang adalah beberapa titik sudut yang memungkinkan pemain Defender bersembunyi di TV dengan Shotgun, Back menggunakan Sniper, atau sudut lainnya yang tidak disadari oleh pihak Attacker. Menggunakan Toxic Screen dari Viper atau Barrier Orb Sage untuk menyilang area dari lorong menuju default di situs B dapat menutup visibilitas pihak Defender dan memberikan sedikit waktu untuk memasang Spike sesegera mungkin. 

Sementara pihak Defender, Agent seperti Jett atau Chamber dapat menjadi lini pertahanan yang baik untuk mengumpulkan informasi dengan cepat tanpa memiliki risiko yang besar. Disisi lain, Agent yang dapat mendistrupsi serangan seperti Kay/O atau Breach juga merupakan opsi yang ideal untuk mengontes situs yang terbatas ini.

Nah, begitulah panduan lengkap bermain di Split untuk sobat pelajari di Valorant. Mengetahui Split merupakan salah satu peta yang cukup sulit akibat areanya yang terbilang sempit, maka dari itu sobat membutuhkan kekompakan yang baik dan strategi mumpuni untuk dapat menembus situs dengan tepat! 

Untuk mengetahui komposisi Agent yang ideal pada peta ini, sobat dapat membacanya di artikel Esports ID sebelumnya yaitu Deretan Komposisi Agent Valorant Terbaik di Musim Ini! Bagaimana menurutmu? sudah memahami peta Split di Valorant? Yuk dicoba!