Kenapa Timnas CrossFire Dipilih ke SEA Games? Ini Jawab Sang Analis

Billy Rifki
13/04/2022 07:25 WIB
Kenapa Timnas CrossFire Dipilih ke SEA Games? Ini Jawab Sang Analis
esports.id interview

Pasca pengumuman pembatalan empat nomor esports ke SEA Games Vietnam, komunitas bergejolak memberikan protes kenapa harus ada pemangkasan atlet yang berangkat. Empat nomor yang jadi korban adalah League of Legends PC, LOL Wild Rift Pria & Wanita serta Arena of Valor.

Netizen makin dibuat heran karena nomor CrossFire masih dipertahankan untuk berangkat. Mayoritas memprotes kenapa game yang servernya sudah ditutup di Indonesia masih dibawa ke SEA Games Vietnam padahal nomor AOV sudah jelas rekam jejaknya yakni menorehkan perak di SEA Games 2019.

Analis timnas CrossFire, Bambang Tri Utomo menjelaskan alasan kenapa timnya tetap dipertahankan ke SEA Games Vietnam. Ia juga menyanggah tudingan orang terkait CrossFire adalah "dead game".

"CrossFire itu sebenarnya bukan dead game, memang ia server di Indonesia di tutup. Tapi pemain Indonesia itu banyak main di server lain. Bahkan sebelum tutup, anak-anak CrossFire itu sudah bersiap untuk kompetisi CFS 2021, itu tuh kaya The International DOTA 2 buat CrossFire. Sampai ada film serinya pakai artis segala macem. Kalau dibilang dead game, mungkin secara publisher benar sudah dead tapi pada saat ditutup kompetitifnya aja masih jalan," ujarnya.

Ia melanjutkan dengan alasan kenapa CF terhindar dari pemangkasan tim review Kemenpora. Menurut opini Tommy pribadi, masih ada keinginan memasukan satu genre berbeda untuk nomor esports.

"Mungkin ya ini pendapat pribadi, mungkin memang tetap pingin masukin satu genre PC. Cuma balik lagi kita ngga tahu pasti. Tapi kalau kita bisa lihat saat pelatnas kita ditanyain juga oleh head coach, manajer timnas segala macem mengenai kesanggupannya, persiapannya, kenapa lu percaya diri? Apa jaminannya bisa dapet emas? Kenapa lu berani? Kalau dibilang kenapa berani ini sih dari CF aja, player CF yang ada di timnas, itu semua sudah pernah main di kancah tertingginya turnamen CF. Salah satu playernya dan timnya bahkan bisa dibilang top 5 dunia,"

Ia pun menceritakan banyaknya dukungan untuk timnas CF yang datang saat melakukan latihan. "Selama kita latihan, kita bikin clan namanya Red-White Flag. Itu semua orang tahu itu timnas, kadang malah ada aja yang whisper selamat, terus berjuanglah, apalah bahkan dibantu latihan dan lain-lain. Jadi banyak yang tak terdugalah. Dulu kita sparing ngga ada, sparingnya harus lawan Cina sekarang kita bisa fokus lawan SEA"

Terkait pemutusan empat nomor esports dari SEA Games Vietnam, Tommy kilas balik kenangan indah antara timnas CrossFire dan Wild Rift Wanita. Kedua nomor ini disebutnya sangat dekat dan sering berkomunikasi lewat discord khusus timnas.

"Selama pelatnas, kita punya discord tim nasional. Yang paling sering latihan, online bareng itu LOL WR ladies sama CrossFire. Kalau sudah selesai latihan kita sering bercanda, saling dukung. Makanya kita ada kedekatan emosional juga dengan nomor-nomor lain. Jadi tahulah perasaan kita juga sedih tapi balik lagi ini semua keputusan kita ngga tahu" ucapnya lirih.

Terakhir, Tommy berpesan kepada komunitas esports dan siapapun yang telah kecewa dengan keputusan terakhir pemerintah memotong kuota atlet dengan berucap kata-kata bijak berikut, "Buat para fans, mau bagaimanapun juga yang didukung itu timnasnya bukan gamenya. Dukung mau dari basket atau apapun, dukung timnasnya karena kita bhinneka tunggal ika, Indonesia harus berkibar di kancah dunia,"

"Atlet pelatnas itu biasanya ditanyain, kenapa ikut pelatnas? Kenapa ikut SEA Games? Rata-rata jawabannya sama pingin mengibarkan bendera Indonesia, pingin mengharumkan nama Indonesia. Buat teman-temanku, tenang aja esports Indonesia akan makin besar. Mudah-mudahan dari sini kita bisa belajar supaya di kemudian hari kita bisa lebih siap. Mentality sudah jelas, pemain yang masuk pelatnas sudah yang paling keren. Masih ada event-event internasional lain untuk mengharumkan nama bangsa. Jangan patah semangat," tutup Tommy.

Benar kata bung Tommy, kita harus terus dukung timnasnya bukan cuma gamenya. Yuk lanjutkan perjuangan berikan semangat terbaik untuk para atlet kita yang saat ini masih bersiap menuju SEA Games Vietnam 2021