Lemon Menepi Demi Regenerasi & Bagaimana Kans RRQ Musim Ini?

Billy Rifki
16/03/2021 15:13 WIB
Lemon Menepi Demi Regenerasi & Bagaimana Kans RRQ Musim Ini?
Instagram, Esports.ID

Banyak fans bertanya tentang keputusan RRQ Hoshi tak menurunkan Lemon di MPL Season 7. Padahal, pemain ini disertakan dalam roster lock dan performa RRQ Hoshi sedang kurang menggembirakan. Tak ayal fanbase RRQ bergejolak meminta Lemon diturunkan.

Tentu jadi pertanyaan besar, untuk apa RRQ repot-repot mengorbitkan pemain baru yang belum teruji padahal dalam tim ada sosok Alien yang ditakuti semua lawannya? Kini, RRQ terpuruk di peringkat 7 MPL Season 7. Sebuah harga yang harus dibayar terkait peremajaan tim. Pak AP selaku CEO dari RRQ menjelaskan keputusan tim terkait Lemon menepi lewat sesi live Instagramnya.

ALASAN LEMON TAK MAIN

Lengkapnya, Pak AP berkata berikut, " Kalau punya satu pemain yang sudah kasih kamu 3 juara MPL, 2 juara level SEA, masa dia minta istirahat sebentar aja ngga dikasih? Coba deh kalian pikirin." Pak AP menambahkan, dia bisa saja menggunakan otoritasnya sebagai CEO untuk memaksa Lemon main, namun hal itu rasanya tak efektif bila pemain sudah tak punya motivasi bertanding apalagi mengalami kelelahan secara mental dan fisik.

Lemon sendiri sudah tampil semenjak MPL Season 1 bahkan kiprah profesionalnya lebih panjang sebelum turnamen tersebut dicanangkan. Wajar, bila RRQ harus memulai regenerasi pemain, contohnya Alberttt yang sukses besar di MPL Season 6.

Namun, tak seperti XINNN yang benar-benar rehat di MPL S7, Lemon masih disertakan saat pendaftaran roster, namun, hingga kini ia belum beraksi satu game pun. RRQ mendatangkan Taka dan Skylar khusus musim ini sebagai bukti regenerasi yang diharapkan Lemon. XINNN juga menyatakan sebelumnya terkait keputusannya rehat karena ingin memberi ruang untuk Alberttt lebih bersinar. Agar komposisi tim seimbang, pemain seperti Psychoo yang punya pengalaman juga direkrut untuk membantu VYN dan R7.

Sayangnya, skuad ini belum menemukan chemistry yang diharapkan. Ketika RRQ Hoshi mempromosikan Alberttt, Lemon menyesuaikan diri menjadi support dengan segala pilihan hero dan momen montage yang cuma bisa dia perbuat. Sementara Alberttt masih terbantu kehadiran XINNN yang jadi penolong saat Alberttt kesulitan sampai jadi tumbal tim agar Alberttt bisa farming nyaman. Dengan situasi seperti ini, sebaiknya fans RRQ menerima kalau sampai akhir MPL Season 7, Lemon tak akan pernah tampil meski cuma sekali.

RRQ TAK BUTUH SOSOK LEMON ATAU XINNN, HANYA PERLU "TUMBAL" DEMI ALBERTTT DAN SKYLAR

Masalahnya, dengan tak adanya Lemon dan XINN, RRQ kekurangan sosok disegani yang bisa mengalihkan tekanan lawan berpindah dari para pemain muda. Alberttt masih menunjukan kalau dia mudah tertekan kalau musuh bermain agresif. VYN dan Psychoo terpaksa bermain defensif untuk melindungi sang jungler. Kalau mereka memaksakan bermain barbar, kadang follow up RRQ Hoshi kurang siap untuk mengikuti. Sampai R7 sekalipun jadi terlalu rajin rotasi ke midlane dan meninggalkan lane padahal biasanya dialah pemain paling dominan.

Skylar yang diberi kepercayaan di dua pekan kemarin masih inkonsisten. Mekaniknya yang diharapkan tak keluar ketika berhadapan dengan musuh yang sudah lebih lama merasakan atmosfir MPL. Regenerasi memang perlu, apalagi tim sekelas RRQ yang sebenarnya selalu berhasil menemukan talenta-talenta luar biasa di setiap divisi esports mereka.

Kekalahan beruntun yang mereka alami saat ini di MPL terbilang wajar untuk harga yang dibayarkan saat memulai hal baru. Namun, momentum negatif ini bisa diminimalisir dengan berbagai cara. Pertama, RRQ harus tepat meracik skuad ketika menggabungkan pengalaman dengan bakat muda. Duet Skylar dan Alberttt rasanya belum berfungsi karena dua pemain itu masih butuh jam terbang, Meraih hasil positif jauh lebih baik ketimbang mereka dihantam kekalahan terus menerus. Omongan orang akan sangat berpengaruh pada kepercayaan diri mereka. Apalagi kalau datang dari fans sendiri.

Tidak menjadikan Alberttt atau Skylar tumpuan utama tim akan meringankan beban mereka. Misalnya, Alberttt bisa diproritaskan untuk sidelane, RRQ masih punya Wizzking yang sedikit banyak bisa main di midlane. Bahkan R7 bisa saja dijadikan midlaner demi mengakomodir Taka dan Wizzking mengingat hero poolnya yang luas. Namun, drafting RRQ harus menyesuaikan agar tak melulu mengambil hero yang butuh farm banyak. Kalau bisa, menciptakan trio midlane yang galak di early game agar Alberttt lebih leluasa. Skylar dimainkan perlahan ketika RRQ mendapat lawan yang "ringan", ini bertujuan agar mentalnya perlahan terangkat minimal tahu perbedaan level lawan di MPL.

RRQ Hoshi tentu harus cepat berbenah di sisa regular season untuk mendapatkan satu tiket ke babak playoff. Sang Raja juga juga harus cepat adaptasi update patch terbaru untuk mendapatkan hasil maksimal. 

Keputusan Lemon beristirahat demi regenerasi patut di apresiasi. Kekalahan adalah bagian dalam proses pembelajaran untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kehadiran Lemon layak untuk ditunggu fans RRQ, namun tetap memberikan dukungan Alberttt dan Skylar saat ini bakal menjadi motivasi tersendiri untuk dua pemain muda ini. 

Bagaimana Sobat Esports, akankah RRQ Hoshi bisa bangkit di MPL musim ini?

Tonton juga yuk rangkuman berita esports selama sepekan.
Langsung saja klik video di bawah ini ya!