Bukan Cuma Bayar Fee 15 Miliar, Ini Syarat Masuk MPL!

Billy Rifki
12/08/2021 15:41 WIB
Bukan Cuma Bayar Fee 15 Miliar, Ini Syarat Masuk MPL!
esports.id interview

MPL Season 8 akan dimulai esok atau tanggal 13 Agustus 2021. RBG yang hadir sebagai penantang baru dari 8 tim peserta jadi pembuka menghadapi Bigetron Alpha. Namun, isu masuknya kontestan baru sebenarnya sudah kencang sebelum ajang ini dimulai.

Pihak MPL baru mengkonfirmasi kalau niatan untuk menambah slot MPL kemungkinan terwujud di season 9. Tapi buat sobat Esports yang timnya ingin masuk MPL, seperti apa sih caranya? Apakah cuma membayar fee franchise league yang 15 Miliar Rupiah itu saja? Ternyata ada syarat-syarat lain loh!

Dijelaskan oleh Martinus Manurung selaku Head of Marketing & Business Development Esports Manager Moonton saat preskon MPL Season 8 (11/8). Ia mengatakan sebagai berikut, "Memang untuk MPL sendiri dinyatakan sebagai sistem franchise dan memang ada suatu komitmen yang harus dilakukan oleh tim. Jadi untuk tim baru kita sediakan wadah yaitu MDL. Tapi MDL sendiri merupakan wadah yang diperlukan untuk bisa menjembatani antara amatir dan level profesional." ucapnya menjawab pertanyaan media.

Lanjutnya, tim yang mengikuti MDL harus dikelola dalam satu organisasi resmi seperti berbadan PT, memiliki gaming house, memiliki staf kepelatihan dan harus memiliki marketing effort besar serta punya fan base.

Dari situ, tim MPL Indonesia akan me-review apakah tim pelamar memiliki visi dan misi yang sama. Tim tersebut juga harus berinvestasi seperti tim yang sudah terdaftar di franchise league MPL dengan tujuan mengembangkan liga MPL bersama-sama.

Ada cara lain untuk masuk MPL yakni tim kalian atau secara individu direkrut oleh tim yang sudah terdaftar di MPL. Berarti, kalian harus membuktikan diri punya kemampuan yang layak untuk diadu melawan pemain-pemain di MPL atau lolos dari trial-trial yang diadakan tim saat mereka membuka lowongan.

Jadi itu dia syarat masuk MPL. Ketat juga yah, pantes ngga mudah bisa menambah slot MPL karena ada berbagai syarat yang ditentukan demi kebaikan kompetisi Mobile Legends di Indonesia. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, kira-kira siapakah tim selanjutnya yang bakal ikut meramaikan MPL Indonesia yah?