Rusia & Sekitarnya Punya MPL Sendiri, Mobile Legends Mythic League!

Billy Rifki
07/02/2022 07:44 WIB
Rusia & Sekitarnya Punya MPL Sendiri, Mobile Legends Mythic League!
instagram

Beberapa tahun belakangan Moonton gencar melakukan ekspansi game mereka, Mobile Legends. Dengan menggelar turnamen di region asing jauh dari pusat fan base mereka di Asia Tenggara. Misalnya MPL Brazil, juga di Timur Tengah dan Afrika atau Mena. Mereka juga menggelar kualifikasi untuk mengikuti kejuaraan Dunia Mobile Legends untuk negara Amerika Serikat dan Rusia beserta CIS.

Wilayah terakhir menggunakan turnamen bernama Mobile Legends Mythic League untuk kualifikasi ke M World Series. Pada M3 lalu, tim Deus Vult yang diakuisisi oleh Natus Vincere keluar jadi juara di ajang ini dan mewakili region CIS di M3. Khusus tahun ini, MML CIS akan berformat seperti MPL untuk negara dari CIS termasuk Rusia, Azerbaijan, Armenia, Belarus, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Moldova, Tajikistan, Turkmenistan, Uzbekistan dan Ukraina.

MML CIS pertama cuma punya prize pool $8000 USD atau setara 115 juta Rupiah. Nah musim ini, total hadiah meroket menjadi $100.000 USD atau sekitar 1,4 miliar Rupiah! Ini membuktikan keseriusan Moonton mengembangkan ekosistem esports mereka dibelahan dunia lain agar skena kompetitif mereka makin sengit, utamanya menjelang M World Series keempat alias M4.

Pengumuman ini terungkap via YouTube Mobile Legends Rusia. Sayangnya, belum dijelaskan lebih lanjut mengenai tanggal berlangsungnya turnamen maupun total partisipan. Namun, antusiasme gamer Rusia atau CIS sepertinya cukup tinggi melihat kolom komentar yang tertarik dengan prospek MML CIS.

Turnamen ini sekaligus menjadi harapan yang terwujud dari salah satu pemain MLBB Natus Vincere, Defender. Jelang M3 lalu, ia mengatakan skena kompetitif Mobile Legends akan terus berkembang di regional Eropa bahkan potensi popularitas MLBB di region CIS bisa meledak dalam beberapa tahun ke depan.

Hanya saja dibutuhkan sebuah ekosistem atau turnamen reguler yang memadai bagi tim untuk berkompetisi. "Jadi sebenarnya sudah banyak pemain MLBB yang bermain di Rusia dan region CIS. Setelah Na'Vi datang mendekati kami, perkembangan Mobile Legends di region CIS jadi semakin cepat. Tapi kami sangat membutuhkan turnamen besar dari Moonton seperti MPL untuk membantu region CIS semakin pesat" ucap Defender.

Wah semoga jadi awal yang baik untuk tim MLBB CIS. Selanjutnya bakal bikin MPL di mana lagi nih Mobile Legends?