Reality Rift Bubar - Zeys Turun Ke MDL, Berita Esports Hot Minggu Ini!

Rendy Lim
04/09/2020 17:44 WIB
Reality Rift Bubar - Zeys Turun Ke MDL, Berita Esports Hot Minggu Ini!
Keseruan apa saja yah yang ada di awal September ini?

Kalender tahun 2020 telah memasuki bulan September. Virus COVID-19 yang ditetapkan sebagai pandemi sejak Maret silam membuat banyak kompetisi esports batal diselenggarakan, tertunda, hingga berganti format menjadi online. 

Para organizer turnamen dan developer game perlahan mulai menyesuaikan dan menerapkan format baru agar para gamers bisa tetap menikmati permainan dengan maksimal ditengah pandemi ini. Nah, kira-kira apa saja keseruan dan berita terbaru dunia esports di awal bulan September yah? Yuk kita simak bersama Sobat Esports!

 

Kompetisi DOTA 2 tahun ini mungkin tampak redup akibat tidak adanya turnamen DPC hingga tertundanya The International hingga 2021. Namun, para penyelenggara turnamen third-party berusaha mempertahankan scene kompetitif DOTA 2 tetap hidup dengan menghadirkan berbagai kompetisi seru seperti OMEGA League dan ESL One Thailand di bulan ini. 

OMEGA League sendiri sekarang tengah memasuki babak playoff dan mempertandingkan tim-tim raksasa di DOTA 2 seperti OG, Secret, Nigma dan EG. Kira-kira siapakah tim yang bakal keluar sebagai juara yah? 

Tidak hanya keseruan turnamen, salah satu tim terbaik DOTA 2 di region SEA, Reality Rift baru saja membubarkan divisi DOTA nya. Beberapa alasan yang disebutkan CEO RR adalah akibat dari pandemi Corona, hingga manajemen kompetisi esports Valve yang dianggap kurang berkompeten. 

Selanjutnya di scene Mobile Legends, kompetisi tier-2 MLBB Development League minggu ini telah menerapkan sistem poin baru yang sama dengan MPL. Selain itu, MDL juga mulai menggunakan format pick & ban 5 hero. Format yang sama kemungkinan akan diberlakukan di MPL mulai minggu kelima. 

Berita mengejutkan lain di scene kompetitif Mobile Legends adalah diturunkannya Zeys dari MPL ke MDL. Zeys memang belum sempat tampil di MPL S6 dan kemungkinan akan mengisi peran analis atau strategis di tim MDL EVOS Legends. 

Informasi seru lainnya datang dari ranah CS:GO, dimana tiga coach dari tiga tim besar yakni Heroic, Hard Legion, serta MIBR tertangkap memanfaatkan bug dalam turnamen. Ketiga pelatih tersebut kini mendapat hukumannya masing-masing. Selain itu, tim Astralis baru saja menyambut kepulangan Gla1ve ke roster active. Gla1ve akan menggantikan posisi Es3tag di tim. 

Terakhir, pada awal minggu ini tim League of Legends Vietnam diberitakan tak akan ikut berkompetisi di Worlds 2020. Hal ini dikarenakan aturan pencegahan penularan COVID-19 dari pemerintah negara Vietnam. Diluar itu, tim LOL Korea Selatan T1 baru saja memberi pengumuman perihal ujaran kebencian yang mengenai salah satu pemainnya Faker. T1 mengatakan bahwa mereka akan menempuh jalur hukum atas kasus ini. 

Regular Season MPL ID S6 dan PMPL ID S2 2020! 

Selain itu, pada akhir pekan ini, kita akan kembali menyaksikan lanjutan dari babak regular season dua turnamen besar yakni Mobile Legends Profesional League dan PUBG Mobile Pro League. MPL ID telah memasuki minggu keempatnya sekarang dan persaingan tim-tim ke papan atas klasemen semakin ketat. Apakah kekalahan beruntun yang dialami EVOS Legends dan RRQ Hoshi akan berlanjut di minggun ini? 

Sama halnya dengan MPL ID, PMPL ID Season 2 2020 juga akan melangsungkan pekan keempat dari total 5 minggu untuk regular season. Tiga tim yang saat ini menduduki puncak klasemen PMPL ID S2 adalah ION Esports, Morph Team dan BOOM Esports. Sementara sang juara PMWL East, Bigetron RA turun ke posisi empat akibat performa yang kurang maksimal pekan lalu. 

Kira-kira bagaimana prediksi keseruan dua turnamen tersebut untuk minggu ini yah? Apakah di MPL ID, EVOS dan RRQ akan mulai menunjukkan taringnya lagi? Mampukah Bigetron RA menggeser posisi tim di atasnya? Berikan pendapatmu yuk Sobat Esports!