Esports

7 Player Debutan Terbaik Sepanjang Tahun 2020

Basitullah
29/12/2020 11:11 WIB
7 Player Debutan Terbaik Sepanjang Tahun 2020

Tahun 2020 sebentar lagi akan berakhir dan kita semua membuka lembaran baru di 2021. Sebelum menutup tahun yang begitu digemparkan dengan adanya Covid-19, ternyata industri esports masih mampu bertahan di kala pandemi ini. Semua turnamen masih berjalan dengan lancar dan berbagai prestasi pun masih mampu ditorehkan oleh profesional player yang kian menjamur.

Berbicara tentang prestasi, pada artikel kali ini kami akan membahas beberapa debutan di tahun 2020 yang mampu berikan cahaya terang dan hasilkan prestasi cemerlang menghiasi industri esports. Siapa saja para debutan beprestasi di industri esports Indonesia kali ini? Simak artikel ini sampai habis ya!

Yamisok Nobar

ALBERTTT (RRQ HOSHI)

Albert Nielsen Iskandar alias Alberttt, pemain MDL yang terus dibicarakan sepanjang MPL Season 6, merupakan debutan paling cemerlang yang dilakukan RRQ Hoshi. Perpindahan Alberttt dari RRQ Sena ke RRQ Hoshi sejak penandatangan kontraknya di 18 Agustus 2020, memang cukup menjadi buah bibir.

Tatkala Xin yang kala itu sedang diagung-agungkannya oleh para fans memutuskan untuk rehat, kehadiran Alberttt dari MDL tentu selalu menjadi perbandingan. Apalagi sempat belum nyetel dengan skuad senior RRQ Hoshi pada awalnya, banyak sekali yang berteriak untuk mengembalikan Xin.

Namun Alberttt tidak menyerah dan membuktikan bahwa dirinya layak bermain di liga utama Mobile Legends. Atas usaha kerasnya bersama tim, performa Alberttt berangsur-angsur naik sepanjang Regular Season MPL Season 6. Bahkan saat diduetkan dengan Xin semakin menambah maksimal kekuatan RRQ Hoshi.

Hal yang paling tidak bisa dilupakan adalah aksi Wanwan Alberttt di partai final melawan Alter Ego. Positioning yang baik yang dilakukannya, menyelamatkan RRQ Hoshi dari kekalahan dan mampu lakukan comeback untuk menjadi juara di MPL ID Season 6. Tentu Alberttt dinobatkan sebagai Most Valuable Player (MVP) pada laga tersebut. Selain itu, menutup tahun 2020 Alberttt juga dinobatkan sebagai The Most Favorite Rookie of The Year pada ajang Indonesia Gaming Award 2020.

HZLNUTS (AEROWOLF LIMAX)

Noval Adrian Putra alias Hzlnuts merupakan pemain PUBG Mobile yang diboyong Aerowolf Limax pada 20 Januari 2020. Bersama Aerowolf Limax, Hzlnuts yang berperan sebagai Scout sekaligus In-Game Leader, mampu menorehkan prestasi yang mengagumkan pada beberapa kompetisi esports.

Di awal tahun dirinya bersama tim mampu finish di posisi 6 pada PMPL Spring Split 2020: Indonesia League, namun berakhir di posisi 10 pada PMPL Spring Split: Indonesia Finals. Semakin berkembang, akhirnya di penghujung tahun Hzlnuts bersama Aerowolf Limax mampu berikan juara 1 pada PMPL Fall Split 2020: Indonesia Finals sekaligus juara 2 di ajang PMPL Fall Split 2020: Southeast Asia.

Sebagai pemain yang baru satu tahun bersama Aerowolf Limax dan sudah mampu membawa tim ini menggapai prestasi, dapat dikatakan performa Hzlnuts begitu cemerlang.

PAI (ALTER EGO)

Rafli 'Pai' Alvareza, pemain utama Alter Ego X untuk MDL yang memiliki performa gemilang ternyata langsung ditarik ke tim inti Alter Ego untuk mengikuti pertandingan MPL Season 6. Jika di MDL Pai merupakan seorang Hyper Carry, justru di MPL dirinya harus alih profesi dan mengembangkan diri pada posisi Offlaner. Tak disangka-sangka, ternyata dirinya sangat cakap pada posisi tersebut dan membantu rekan-rekan tim nya di Alter Ego meraih posisi 1 pada klasemen Regular Season.

Meskipun demikian, pertempuran sengit Alter Ego di partai final tidak berjalan dengan mulus sehingga RRQ Hoshi lah yang menjadi juara, sedangkan Alter Ego finish di posisi 2. Sebagai seorang debutan yang merangkak dari MDL ke MPL, tentu dapat dikatakan karir PAI sangat cemerlang mengingat performanya yang sangat baik di sepanjang tahun 2020.

FL1PZJDER (NXL LIGAGAME)

Saibani 'fl1pzjder' Rahmad yang cukup dikenal sebagai pemain dari BOOM Esports untuk divisi CS:GO ternyata memulai karir barunya di game terbaru Riot Games, yaitu VALORANT.

Hadirnya kompetisi baru dari Valorant bertajuk First Strike di Indonesia, ternyata mampu membuat banyak sekali player FPS lama yang kehilangan panggungnya mulai mencoba peruntungan. Salah satu yang langsung berhasil raih prestasi dan bersinar terang tentu saja fl1pzjder bersama NXL Ligagame.

Sebagai entry fragger dan in-game leader, debut fl1pzjder di game VALORANT bersinar terang dan membuat NXL Ligagame juarai VALORANT First Strike Indonesia. NXL Ligagame berhak mendapatkan titel juara VALORANT First Strike Indonesia yang pertama dan uang tunai sebesar 60 juta Rupiah. Bahkan fl1pzjder dinobatkan sebagai Sang Pemusnah karena mampu hasilkan sebanyak 173 kill, 149 death dan 26 assist pada gelaran First Strike Indonesia.

SAMOHT (SIREN ESPORTS)

Thomas 'SamoHt' Budiman, pemain Mobile Legends asal bekasi yang sempat hengkang dari Siren Esports dan kembali berlabuh untuk bermain di MDL Season 2 ternyata cukup banyak dibicarakan fans sebagai debutan baru yang turut serta membawa kemenangan bagi Siren Esports. Mengingat Siren Esports sempat mengalami penurunan performa dan nyaris terdegradasi di regular season, kehadiran SamoHt yang kaya akan pengalaman ternyata mampu meningkatkan performa dari Siren Esports.

Apalagi aksinya saat menggunakan Akai, Chou, ataupun Hilda saat laga melawan Alter Ego X. Membuat banyak pihak terkagum-kagum karena momen comeback yang tadinya Siren Esports kalah, ternyata mampu mengembalikan keadaan dengan cepat menjadi 2-1. Begitu pula pertempuran Siren Esports melawan RRQ Sena di partai final, jadi momen tak terlupakan yang membawa Siren menjadi juara di MDL Season 2 dengan skor 3-1.

Memang SamoHt bukan pemain baru di Siren Esports, namun momen comeback dan perjuangan untuk mengangkat piala MDL Season 2 patut diacungi jempol bersama anggotanya yang lain, seperti AzeR, Inviz, Altamiz, dan juga JeYy. Bahkan Abednego Fahmi 'Ansel' melalui Hybrid sempat menyebutkan SamoHT, AzeR, Altamiz dan JeYy merupakan pemain-pemain yang patut disorot!

JAYDEN (AURA ESPORTS)

Jason Kurniawan alias Jayden salah satu pemain muda Aura Esports memiliki karir sangat cemerlang. Sepanjang 2020, dirinya bersama tim mampu raih cukup banyak prestasi, seperti Dunia Games League 2020 (4th), PMPL Spring Split 2020: Indonesia League (2nd), PMPL Spring Split 2020: Indonesia Finals (5th), PMPL Fall Split 2020: Indonesia League (3rd), PMPL Fall Split 2020: Indonesia Finals (2nd).

Namun sungguh disayangkan pada PMPL Fall Split 2020: Southeast Asia Jayden bersama Aura Fire hanya finish di posisi 15. Meskipun demikian, banyak yang mengakui Jayden sebagai pemain muda yang berpotensi besar seperti layaknya Zuxxy Luxxy. Bahkan, salah satu alasan Entruv (coach) memilih Jayden sebagai in-game leader karena terinspirasi dari Zuxxy yang saat diposisikan sebagai IGL menjadi lebih jago atau bisa dikatakan kemampuannya lebih keluar.

SANZ (ONIC ESPORTS)

Gilang 'Sanz' mantan pemain Victim Esports untuk MDL yang akhirnya diboyong ONIC Esports pada 8 Juli 2020, ternyata langsung panas dan berikan performa terbaiknya bahkan sebelum MPL dimulai. Menunjukkan mekanik tinggi dan ketenangannya, Sanz langsung nyetel dengan para pemain ONIC di ajang Mytel International Championship dan menjadi juara.

Performa Sanz di babak Regular Season MPL Indonesia Season 6 makin menggila dan jadi buah bibir bagi orang banyak. Mampu berada di posisi 3 klasemen regular season dengan total Win-Lose sama seperti RRQ Hoshi (10-4), permainan Sanz mulai terbaca dan ONIC Esports tak mampu kalahkan RRQ Hoshi dan Alter Ego di babak playoffs.

Meskipun demikian, terbilang masih muda dan miliki perjalanan panjang, debut Sanz di ONIC Esports termasuk sangat cemerlang mengingat dirinya berawal dari pemain MDL.

Itulah 7 debutan yang berhasil menjadi cahaya terang di tahun 2020 sebagai pro-player di industri esports. Bagaimana menurut kamu, Sobat Esports? Tambahkan ya di kolom komentar, jika kamu merasa masih ada yang belum kami sebutkan.