Tim Indonesia Ini Masuk Tiga Besar Organisasi Esports Terpopuler Dunia

Billy Rifki
10/08/2021 16:38 WIB
Tim Indonesia Ini Masuk Tiga Besar Organisasi Esports Terpopuler Dunia
escharts.com

Berbicara tim esports paling populer, banyak fans esports selalu menganggap tim luar negeri adalah tim terbesar dan paling populer. Kenyataannya, tim esports asal Indonesia, EVOS Esports ternyata tak kalah pamor secara domestik dan internasional loh. Berdasarkan statistik escharts.com, EVOS termasuk tiga besar tim esports yang paling banyak ditonton di dunia.

Di kuartal kedua tahun 2021, EVOS memang cukup aktif tampil di berbagai turnamen besar. Khususnya divisi mobile mereka seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile. EVOS Legends, skuad MLBB menjadi juara MPL Season 7 dan tampil di MSC 2021. Sementara EVOS Reborn untuk PUBG Mobile belum lama menjuarai DGL 2021 dan jadi runner up PMPL SEA.

Yang menarik, EVOS cuma bermain dalam 46 pertandingan dalam kurun waktu tiga bulan tapi bisa menyedot perhatian sampai puluhan juta views.

EVOS mendapatkan jumlah views sebanyak 31 juta di peringkat ketiga. Tertinggal tipis oleh Damwon Kia dan tim Liquid di peringkat dua dan satu berurutan. Dibelakang EVOS, lawan mereka di MSC 2021 yakni Execration ketularan populer dengan mendapat 29 juta views. Laga Execration kontra EVOS Legends memecahkan rekor sebagai pertandingan dengan jumlah penonton terbanyak di turnamen MSC 2021 yakni 2,28 juta viewers.

Ini menunjukan bahwa mobile esports merupakan salah satu esports paling populer dan diminati banyak orang. Beberapa organisasi besar di Eropa juga sudah melirik divisi mobile. Seperti tim Secret yang terkenal dengan pemain PUBGM atau Natus Vincere yang merambah cabang Free Fire.