Terlalu Mendominasi, Mercy Kembali Mendapat Palu Nerf

Rendy Lim
05/01/2018 13:11 WIB
Terlalu Mendominasi, Mercy Kembali Mendapat Palu Nerf
Google Images

Kali ini, tidak hanya Mercy yang terkena nerf dalam update PTR, karena Junkrat juga sedikit terkena imbasnya.

Tagline “Heroes Never Die” seakan makin memudar akibat palu nerf yang terus menerus diberikan kepada Mercy pada beberapa update belakangan ini. Tersirat pada pengumuman oleh Geoff Goodman,Principal Designer dari Blizzard dalam ‘PTR Hero Changes’ via battle.net forum.

Pagi ini (5/1), Goodman mengumumkan adjustment yang dilakukan pada 2 hero Overwatch, Junkrat dan Mercy. Berdasarkan data dari overbuff, Kedua hero ini merupakan top pick dan memiliki winrate yang sangat tinggi di bulan Desember lalu. Mercy memiliki pick rate sebesar 13.65% dan winrate 52.70% membuatnya bisa dikatakan hampir selalu ada di setiap game dan menang 50% dari total match yang dimainkannya. Hal yang sama juga terjadi pada Junkrat, memiliki winrate 52,65%, sayangnya pick rate hanya berada pada 4.99%.

Untuk Mercy, ultimate ability dari favorite support ini mendapatkan nerf yang cukup signifikan. Sekarang, saat Valkyrie sedang aktif, Ressurect tidak lagi berefek secara instan, namun akan ada sedikit jeda sebelum efek aktif. Setelah itu, jika sebelumnya mengaktifkan Valkyrie akan langsung memberikan charge ke Ressurect, sekarang setelah update, hal tersebut dihilangkan.

Kemudian, bilamana Guardian Angel sebelumnya memberikan speed boost yang sangat IMBA dan membuat Mercy dapat bergerak secara leluasa untuk menghindar  dan menyerang musuh, maka update kali ini speed boost tersebut dikurangi sebanyak 50%. Tak berhenti di situ saja, developer juga mengurangi durasi Valkyrie sebesar 5 detik, menjadi 15 detik.

Berbeda dengan Mercy yang tampaknya dihantam habis-habisan oleh developer, Junkrat yang juga  terkena nerf pada update kali ini, hanya menyasar pada ability concussion mine. Jika sebelumnya damage yang diterima oleh musuh terkena concussion mine sama pada jarak serangannya, maka kini efek damagenya disesuaikan dengan jarak ledakan mine, sehingga makin jauh musuh, damage yang diterimanya lebih rendah.

Developer Overwatch pun memberikan komentar seputar nerf terhadap kedua hero tersebut. Mengenai Mercy, menurut mereka, kemampuan Valkyrie memberikan charge Ressurect ketika aktif terlalu menguntungkan dan dengan nerf saat ini, musuh akan lebih memiliki cara untuk counter resurrect. Setelah itu, duration dan mobilitas dari guardian angel juga distabilkan untuk menyesuaikan permainan. Sedangkan nerf bagi Junkrat dilakukan agar membuat player lebih memperhitungkan jarak lemparan mine agar mendapatkan damage yang optimal.