Melihat Potensi Esports Pokemon UNITE

Billy Rifki
30/09/2021 13:20 WIB
Melihat Potensi Esports Pokemon UNITE
esports.id

Siapa yang tidak tahu Pokemon? Pecinta Pokemon sejati pastinya sudah mencoba game MOBA baru bernama Pokemon Unite. Tampilan animasi lucu dilengkapi dengan gameplay santai namun menantang membuat game besutan Timi Studio Group dan Tencent ini menarik minat banyak gamer.

Seperti layaknya MOBA lain, Pokemon Unite menuntut kerjasama dan strategi untuk memenangkan pertandingan. Alih-alih merobohkan turret, kalian harus memasukan Poke Ball sebanyak-banyaknya ke dalam gawang (goal zones) selama batas waktu tertentu. Kalian juga bisa memilih berbagai Pokeon yang dibagi dalam beberapa kategori layaknya MOBA pada umumnya. Meski terkesan sangat casual, Pokemon Unite menyimpan potensi esports yang menjanjikan.

Yamisok Nobar

SUDAH ADA SISTEM RANKED

Salah satu aspek penting dalam game kompetitif adalah kehadiran fitur ranked. Mode ini diperuntukan bagi pemain yang berniat untuk menjadi Pokemon trainer terbaik dalam skala global. Sama seperti MOBA lainnya, ada beberapa tingkatan rank yang menunjukan kelas dan refleksi tingkat keahlianmu mulai dari Beginner sampai paling tinggi, Master.

Bahkan sudah ada sistem leaderboard untuk menunjukan pencapaian individualmu kepada khalayak pemain Pokemon Unite. Sistem leaderboard ini membantu tim-tim esports nantinya mencari pemain potensial untuk mereka ajak bergabung dan membentuk divisi esports Pokemon Unite.

KOMUNITAS POKEMON YANG BESAR

Salah satu kunci untuk mengembangkan skena esports adalah dukungan dari komunitas. Pokemon tak diragukan memiliki fan base dan komunitas yang besar. Berangkat dari kekuatan ini, tak heran kalau bakal lahir turnamen-turnamen kecil antar para pemain Pokemon Unite dari komunitas tertentu sampai akhirnya berevolusi jadi turnamen besar.

Di Pokemon Unite sendiri sudah tersedia room lobby yang bisa digunakan untuk membuat pertandingan custom. Fitur ini memudahkan bagi penggagas turnamen untuk membuat pertandingan secara swadaya.

GAMEPLAY DENGAN OBJEKTIF UNIK

Tidak seperti MOBA lain yang fokus pada adu mekanik dan mencari kill, Pokemon Unite sangat menitikberatkan pada kemenangan objektif yakni memasukan Poke Ball ke dalam goal zone. Skor kemenangan bakal ditentukan dari seberapa banyak poin Poke Ball yang kalian masukan, jadi jumlah kill tidak menentukan apapun.

Dari sini ada berbagai strategi yang bisa diterapkan. Kalian bisa fokus mengumpulkan poke ball lalu mencuri kesempatan ke goal zone atau mengandalkan team fight untuk mencetak poin secara kolektif.

Menuju akhir batas waktu, gameplay juga makin intens dengan jumlah pendapatan poke ball yang meningkat dari wild pokemon. Kordinasi tim harus tetap solid agar tak kecolongan oleh taktik licik musuh.

DUKUNGAN TENCENT

Satu yang tak bisa dilupakan adalah dukungan Tencent. Sukses mengembangkan PUBG Mobile dari segi komunitas dan turnamen, Pokemon Unite pun bisa dipoles serupa apalagi di pasar Asia yang punya banyak gamer hardcore.

Tencent dikenal memiliki road map esports yang jelas mulai dari event nasional, regional sampai internasional. Melihat dari jumlah popularitas Pokemon Unite di Apps Store yang sudah mencapai lebih dari 10 juta unduhan, sepertinya tak lama lagi Tencent akan memberikan jalur hijau untuk Pokemon Unite jadi MOBA andalan untuk bersaing dengan Mobile Legends, Wild Rift sampai Arena of Valor.

FITUR CROSS PLATFORM

Hal unik lainnya dari Pokemon Unite adalah fitur cross platform. Game ini tidak cuma bisa dimainkan di mobile, tapi sudah keluar lebih dulu di Nintendo Switch. Artinya, ada lebih banyak segmentasi pemain yang bisa mengikuti event-event Pokemon Unite bersama-sama.

Tingkat kesulitan mekanik yang ada di Pokemon Unite juga terbilang ringan, ini berarti tak akan ada kesenjangan skill antara pemain mobile dengan pemain konsol ketika diadu dalam pertandingan yang sama.

Tercatat sudah ada satu pertandingan esports Pokemon Unite yang diselenggarakan di Jepang pada 19 September lalu. Bahkan, ada 256 tim yang ikut mendaftar.

Itu dia beberapa potensi esports dari Pokemon Unite. Apakah game ini bisa jadi MOBA populer di Indonesia?