Counter-Strike 2 Tidak Bisa Dimainkan di MacOS dan PC Tua, Apa Alasannya?

faizalkamill
12/10/2023 14:00 WIB
Counter-Strike 2 Tidak Bisa Dimainkan di MacOS dan PC Tua, Apa Alasannya?
CS2

Valve selaku perusahaan pengembang Counter-Strike 2 baru-baru ini mengumumkan bahwa CS2 tidak akan bisa dimainkan di platform MacOS dan juga PC dengan Windows versi lama. Tetapi apa alasannya?

Dilansir dari Engadget, dibutuhkan peningkatan performa teknis untuk fitur-fitur baru yang hadir di Counter-Strike 2. Oleh karena itu, Valve terpaksa meningkatkan persyaratan minimum bagi PC yang bisa memainkan CS2 untuk memberikan pengalaman bermain yang lebih optimal untuk para gamer.

CS2

Hal ini tentunya cukup mengecewakan bagi para gamer yang memiliki PC dengan Windows versi lama atau menggunakan perangkat berbasis MacOS. Dikutip dari Valve, perangkat PC yang mengusung sistem operasi 32-bit dan mendukung DirectX 9 juga termasuk dalam kategori PC yang tidak support untuk memainkan CS2.

Keputusan sulit ini diambil setelah riset panjang yang dilakukan oleh Valve. Valve juga mengklaim bahwa para pemain di MacOS dan PC tua hanya mencakup 1% dari jumlah keseluruhan pemain di CS:GO. Meski cukup berat bagi mereka, keputusan ini dianggap merupakan keputusan yang baik bagi semua.

Bagi para gamer yang pernah membeli status CS:GO Prime, Valve menyampaikan akan membuka pengajuan refund hingga tanggal 1 Desember 2023 mengingat akses ke hadiah eksklusif tersebut akan hilang ketika masuk ke Counter-Strike 2.

Dan untuk para gamer yang perangkatnya kini tidak bisa memuat CS2, Valve menyediakan sebuah versi lain yakni Legacy CS:GO yang pada dasarnya CS:GO versi lama yang memuat semua fitur CS:GO selain matchmaking resmi.

Legacy CS: GO akan terus didukung oleh Valve sampai awal tahun 2024. Setelah itu, Legacy CS: GO akan tetap bisa dimainkan tetapi dengan beberapa fitur dan fungsi yang berkurang.