WRL Asia Tinggalkan Regional APAC, Apakah jadi Akhir dari Wild Rift di Indonesia?

Aldodanoza
18/04/2024 13:01 WIB
WRL Asia Tinggalkan Regional APAC, Apakah jadi Akhir dari Wild Rift di Indonesia?

Sukses dengan perilisan League of Legends Wild Rift di Indonesia, game tersebut memberikan adaptasi baru untuk menikmati game MOBA terbaik di dunia via smartphone maupun tablet, yang mana game tersebut kini dapat mencakup banyak gamer termasuk pencinta esports di mobile. Namun sayangnya, meski konten yang diberikan sangat totalitas tetapi Riot Games pun menghentikan cita-cita gamer Wild Rift di Indonesia, maupun Asia Pasifik dengan meniadakan regional APAC di Wild Rift League (WRL).

Riot Games diklaim telah menyiapkan segala hal yang berhubungan dengan esports Wild Rift hanya untuk regional Tiongkok, dimana menurutnya regional tersebut memiliki ekosistem yang baik untuk menikmati game MOBA di mobile dengan pasar yang berbagi bersama Honor of Kings. Di lain hal, ekosistem esports di regional besar seperti Korea Selatan, yang merupakan dominan League of Legends, memiliki perspektif yang berbeda dengan Tiongkok dalam memperkenalkan game MOBA yang ada di mobile.

Selebihnya, Riot Games akan berfokus pada grassroot, atau diketahui sebagai akar dari pemainnya yang dominan di suatu regional, dan akan memberikan dukungan untuk regional lain dalam berkompetisi di Wild Rift dengan basis komunitas. Karena hal tersebut, apakah Wild Rift benar-benar mati ekosistem esportsnya?

Nyatanya, meski Wild Rift tidak memiliki ekosistem esports di dunia kecual Tiongkok, game MOBA mobile tersebut tetap memiliki pendapatan yang lebih tinggi ketimbang MOBA mobile yang memiliki playerbase lebih tinggi. Bahkan dengan adanya konten menarik seperti champion, skin, dan bahkan konten dengan level Mythical di Wild Rift membuat game tersebut tetap memiliki pendapatan yang stabil.

Di lain hal, Riot Games pun memiliki banyak game seperti VALORANT, maupun League of Legends yang mampu memberikan Wild Rift nyawa untuk tetap bisa hidup. Tencent Games pun tetap mendukung Wild Rift, maupun game lainnya seperti Honor of Kings yang sekarang menjadi bagian dari Esports World Cup 2024 yang akan dipertandingkan di Riyadh, Arab Saudi.

Meski di lain game seperti Mobile Legends: Bang Bang, maupun Arena of Valor yang sekarang sudah memiliki pasar yang besar. Wild Rift pun adalah game MOBA mobile yang memiliki pasarnya tersendiri di Indonesia. Apakah kamu masih memainkan game MOBA mobile garapan Riot Games ini?