Rayakan Ulang Tahun, Lokapala Gelar Event Bhumi Sambhara Budhura

Michael
08/06/2021 19:35 WIB
Rayakan Ulang Tahun, Lokapala Gelar Event Bhumi Sambhara Budhura
Lokapala event Bhumi Sambhara Budhura

Bertepatan dengan Hari Raya Waisak, 26 Mei 2021 kemarin, Lokapala, mengumumkan event terbarunya, Bhumi Sambhara Budhura. Hari raya yang menjadi tradisi umat Buddha untuk melakukan rangkaian ibadah di kawasan Candi Borobudur. Tradisi ritual ini bahkan sudah dilakukan setiap tahunnya sejak tahun 1929.

Event Bhumi Sambhara Budhura juga diselenggarakan untuk memperingati ulang tahun Lokapala dan Hari Kebangkitan Nasional dengan mengangkat tema budaya, kisah, cerita dan sejarah mendalam yang berpusat pada Borobudur. Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, mengapresiasi dan mendukung penuh event ini, guna untuk memberikan warna lain dalam edukasi publik mengenai Borobudur.

Yamisok Nobar

Dengan mengikuti event Bhumi Sambhara Budhura ini para Ksatriya bisa mendapatkan skin eksklusif Nada. Para Ksatriya hanya perlu mengumpulkan poin dengan bermain tanding Klasik atau Ranked. Jika memenangkan pertandingan, maka kalian bisa mendapatkan poin tambahan.

Poin yang dikumpulkan tersebut bisa digunakan untuk membuka misi, menyelesaikan misi dan mendapatkan hadiah serta potongan cerita yang menarik dari Lokapala. Event ini akan berlangsung mulai dari 01 - 30 Juni 2021.

Karena melalui event ini kalian akan diajak untuk menjelajahi cerita kejayaan Nusantara! Event ini dinamakan “Bhumi Sambhara”, diambil dari Prasasti Tri Tepusan atau Sri Kahulunan yaitu “Kamulan Bhumi Sambhara” yang merupakan poros dari “Kebajikan dan Pengetahuan”.

Pengangkatan Borobudur sebagai konsep dalam event Lokapala ini, karena bangunan candi Borobudur dengan 10 lantainya terbagi atas 3 bagian yaitu:

  • Kamadhatu (Selasar) = Melambangkan keterikatan duniawi
  • Rupadhatu (Tubuh candi) = Melambangkan proses manusia yang ingin terlepas dari keduniawian namun masih terikat dalam rupa atau wujud
  • Arupadhatu (Puncak candi) = Melambangkan ketidakmelekatan (liberation) seutuhnya dan terlepas dari wujud atau rupa.

Makanya untuk mendukung penuh nilai budaya Indonesia dan sejarahnya, jangan sampai kamu melewatkan event seru dan menarik dari event Bhumi Sambhara Budhura ini ya!